Tips Travelling Murah

Tips Travelling Murah
Tips Travelling Murah, dokumen pribadi
Tips Travelling Murah – Liburan hemat serta murah, setiap orang pasti menginginkannya karena masalah utama pada liburan adalah biaya atau budget yang harus dikeluarkan. Tak sedikit orang yang dengan sengaja dan rela menabung dari jauh-jauh hari untuk sekadar liburan ke suatu tujuan impian. Tapi ada banyak juga para pelancong yang menekan budget seminimal mungkin tanpa meninggalkan kesan liburan menyenangkan yang pernah diidam-idamkan. Bahkan banyak orang yang menggadaikan kenyaman demi tercapainya impian mengunjungi suatu tempat wisata. Tapi tak sedikit pula yang rela menghamburkan uang puluhan juta demi mendapat liburan mewah dan meriah. Setiap orang memang mempunyai gaya masing-masing dalam setiap kunjungan ke suatu tempat wisata dan saya tidak menyalahkan keduanya karena masing-masing punya kepuasan sendiri yang ingin di capai dalam setiap plesiran.

Dan saya termasuk orang yang sebisa mungkin menekan biaya agar tidak stres di kemudian hari karena tabungan terkuras hanya untuk liburan. Itulah mengapa saya membuat postingan tips travelling murah yang selama ini saya gunakan sebagai senjata setiap kali mengunjungi tempat wisata. Saya memang belum pernah liburan jauh hingga keluar negeri, baru wisata lokal, tapi tips-tips ini nanti semoga tetap bermanfaat bagi kalian yang ingin liburan hemat dan tetap ceria, hehe. Saya sendiri menganut prinsip yang penting bisa menikmati tempat wisata dengan puas dan sedikit mengesampingkan rasa nyaman tapi bukan berarti benar-benar meninggalkan rasa aman dan nyaman. Karena sebagai kaum perempuan, keamanan dan kenyaman selama liburan adalah hal penting terlebih jika liburan sendiri. Berikut tips sederhana agar bisa liburan murah dan hemat:

Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti, dokumen pribadi
  1. Lakukan perencanaan dengan baik. Seperti kemana dan kapan akan pergi, dengan siapa, dan cari info sebanyak-banyaknya tentang tempat tujuan. Paling tidak setelah sampai di lokasi, sudah punya rencana (tertulis) tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi. Cari informasi mengenai harga tiket masuk, rute angkutan umum, dan tempat makanan khas daerah yang ingin disinggahi. Hindari paket wisata dari agen karena akan jatuh lebih mahal, kecuali sharing budget yang dilakukan dengan teman sendiri.                                                                                                                                                               
  2. Hindari musim liburan atau kota tujuan favorit. Berllibur pada saat kalender merah berjejer panjang pasti akan membuat tempat wisata penuh, saya biasanya berlibur ke wisata lokal di hari sabtu minggu biasa atau sengaja mengambil cuti di hari kerja, kadang juga memanfaatkan hari libur ‘kejepit’. Hindari juga kota tujuan favorit dengan mengeksplorasi kota lainnya yang punya daya tarik sesuai minat masing-masing. Misalkan bepergian ke wisata alam yang belum pernah dikunjungi orang lain seperti gua di pegunungan atau pantai-pantai tersembunyi yang biasanya masih bersih. Dengan menghindari dua hal ini otomatis memangkas biaya tiket yang biasanya akan melonjak tinggi, selian itu juga bisa lebih bebas tanpa harus berdesak-desakan dengan wisatawan lainnya.                                                                                                                      
  3. Cari tiket promo dan gunakan transportasi seadanya saat di lokasi. Pastikan sudah mendaftar newsletter dari berbagai maskapai penerbangan agar selalu mendapat kabar adanya tiket pesawat promo, berlaku juga tiket kereta api. Biasanya akan banyak promo besar-besarnya tak terduga dan luangkan waktu di jam tidur untuk memesan tiket tersebut. Sedangkan saat di lokasi gunakan transportasi seadanya, tak perlu harus ber-AC yang penting sampai tujuan. Jika ingin lebih ringkas, sewa motor agar bisa bebas kemanapun dan kapanpun. Saya rasa di setiap daerah wisata pasti ada penyewaan motor. Dengan sedikit perjuangan dalam hal transportasi bisa menekan biaya sekecil mungkin, yang penting sampai tempat wisata.                                                                           
  4. Makan dan tidur seadanya. Tak perlu makan di restoran mewah karena di setiap lokasi wisata pasti banyak resto rumahan atau warung sederhana yang menyediakan makanan khas lokal. Berlaku juga untuk tempat penginapan, tidak perlu hotel mewah atau bisa juga menginap di rumah teman yang berada di daerah tersebut. Untuk penginapan, pastikan saja lokasi tersebut aman dan kamar mandi berada di dalam bukan kamar mandi di luar yang digunakan bersama pengunjung lainnya.                                                              
  5. Jangan kalap saat membeli oleh-oleh. Agak susah sih untuk menahan diri tidak belanja oleh-oleh untuk orang lain atau diri sendiri. Hal ini bisa disiasati dengan hanya membawa uang tunai saat belanja oleh-oleh dan simpan baik-baik kartu debit atau kredit agar tidak terjadi pengeluaran tak terduga. Intinya sih haru kuat iman, hehe.

Itulah beberapa tips travelling murah yang selama ini saya terapkan jika berwisata sendiri atau dengan rekan kerja. Kadang saya rela berjalan kaki beberapa ratus meter untuk menghemat biaya jika pemandangan di sekitar memang layak untuk dinikmati, hitung-hitung olahraga. Dalam kamus saya, liburan itu untuk menyenangkan hati, pikiran, dan fisik yang sudah jenuh dengan aktivitas sehari-hari dan jangan sampai timbul penyesalan setelah liburan usai. Perencanaan yang matang dan persiapan yang baik akan membuat liburan menjadi lebih ceria. Selamat berlibur!

58 comments:

  1. Wow keren banget ne tipsnya mbak, perlu saya lakukan ne tips biar bisa jalan-jalan dengan harga yang sangat murah. Makasih ya tipsnya

    ReplyDelete
  2. tipsnya bener banget tuh semuanya, sama jangan gengsi buat bertanya sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyapp, bener, asal tanya ke orang yang tepat dan ngerti bahasa setempat biar gak dikibuli

      Delete
  3. Tipsnya bener banget.. Kadang oleh2 bikin borooos hehehe. Yang pasti perencanaan yang baik akan banyak menghemat

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, Mbak, oleh2 itu cobaan banget hehe

      Delete
  4. Kita setipe Mbak Ay, bisa tidur seadanya bahkan di stasiun atau bandara. Btw, tengkyu sharingnya yaaak. Untuk poin pertama, aku malah sering gagal kalau direncanain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku banget pernah tidur di bandara karena ngejar flight subu hehe

      Delete
  5. thx tips nya yah. nanti pasti aku coba pakai tips yang di info

    ReplyDelete
  6. naaaah...jangan kalap beli oleh2...

    pdhl kalau pengen jalan2, tuker shift sama temen. eh dimintai banyak oleh2 >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli cemilan aja mbak, bisa dinikmati semua orang hehe

      Delete
  7. Kalau tanpa rencana yang baik memang rawan bengkak yaa mbak di pengeluaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mbak, tapi kalo libiran deket2 aja sih bisa mendadak, aku sering gitu soale hehe

      Delete
  8. Hmmm... melihat stone garden dan pantai indrayanti, jadi membayangkan buka puasa di sana. :)

    ReplyDelete
  9. Traveling murah dengan perencanaan ya mbak :)

    ReplyDelete
  10. Setujuu mba ayu. Klo liburan mesti pintar2 atur budget... biar liburan tetap happy dan fun. Apalagi klo udah rombingan sekeluarga penuh... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo rombongan biasanya bengkak di tiket ya mbak hehe

      Delete
  11. Klo beli oleh2, saya ga pernah kalap... Suami saya tuh :D

    ReplyDelete
  12. Pengen jalan2 gitu, tapi masih SMP jadi gmna, ya ? sabar dulu deh..

    kalau berkenan kunjungi balik ya www.andikamachmud.com butuh kritik dan saran

    ReplyDelete
  13. Yang susah adalah, jangan kalap saat beli oleh2. Yang pertama, udah pasti banyak yg nitip tuh kn ya. Yang kedua, kapan lagi bisa ke darrah itu, jd mumpung disitu, beli deh tu semua yg khas disitu. Hehehehehe

    ReplyDelete
  14. Aku ngga bisa makan dan tidur seadanya hahahhaha pasti aku banyak makan klo liburan, krn takut sakit hihihi. Jadi solusinya ak suka bawa lauk - lauk kering gitu mba kayak serundeng, untuk tambahan makan atau tambahan rasa hihihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh tipsny aboleh juga nih mbak, tinggal beli nasi heheh

      Delete
  15. Kadang disaat kita tidak ingin travelling, eh ada muncul promo dari tour/tiket pesawat. Tapi kita harus cek cek tiket promo juga sih kalo mau lebih hemat :D

    salam kenal mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya juga sih, kadang tiket promo itu godaan :)

      Delete
  16. Kalau liburan mah saya biasanya pilih pilih sih mbak kalau murah berangkat dan kalau kemahalan yah nanti saja, sepertinya tips dari mbak bisa dicoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kemahalan gak berangkat mas, bisa tekor heheh

      Delete
  17. Tips travelling murah tetep menjurus ke perencanaannya dulu ya mbak :D tapi yang terpenting sih tetep keberadaan 'tiket promo' sih :D

    mantaaap deh mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sih, tiket promo itu senjata ampuh untuk hemat

      Delete
  18. Paling susah kontrol emosi pas belanja oleh2 wkwkwk

    ReplyDelete
  19. Saya lo kalau traveling gak dijadwalkan, kalau Ada Tiket Promo atau bahkan Gratisan dari teman dan waktunya liburan panjang. Ya pada waktu itu saya melakukannya. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya gak bisa kalo gak dijadwalkan, hehe

      Delete
  20. kalo saya pernah waktu ke jogja, itu dengan istri naik kendaraan umum, di lokasi kita nyewa motor, jadi nggak capek ketika perjalanan ke jogjanya, trus karena nyewa kendaraan, lebih bebas di jogjanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas, aku kalo liburan juga nyewa motor, di bali juga gitu

      Delete
  21. Aku tipikal kalau liburan menghindari waktu weekend klo bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bukan pekerja sih bisa aja ya mbak hehe

      Delete
  22. makasih banyak tips nya mbak,.,saya sering banget nyari tiket promo, tapi tetep keberuntungan bermain disana. hehehe

    salam kenal

    ReplyDelete
  23. Kayaknya tipsnya cocok banget buat saya :D Hahahaha

    ReplyDelete
  24. wah, mantep ni tipsnya.
    aku sekarang sih masukin pengen kemana lewat travel wish Tixton, website baru tapi mayan buat nyari hotel murah nih. aku kasi link di nick deh biar ga ngotor2in comment wallnya mba Ayu

    tapi tetep masi banding2in sih ama website2 laennya, pokoke yg penting murah dah

    ReplyDelete
  25. Mencari tiket promo itu menjadi solusi yang tepat banget bagi yang merencanakan Travelling murah :) dan ingat juga Hindari hari libur ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus ambil cuti kalo gak mau hari libur hehe

      Delete
  26. nomor 4 itu.... kadang bikin nggak nyaman sih kalo kemurahan juga.

    ReplyDelete
  27. nah kalap saat membeli oleholeh paling sering terjadi .. udah di budgetin buat oleholeh sekian liat barang lain malah beli yang lain akhirnya tidak sesuai budget :D

    ReplyDelete
  28. Wah makasih tipsnya mbak :D
    ini cocok banget buat saya. Hehehe..
    Minal Aidzin Walfaidzin ya..
    Mohon Maaf lahir & batin :-)

    ReplyDelete
  29. Blanja blinji kudu waspadaaa

    ReplyDelete
  30. Point 3 yg paling penting nih buat aku hehe

    ReplyDelete
  31. iyess banget mbak, prepare sebelum pergi itu penting. dan kudu menikmati perjalanan yang seadanya kalo budget terbatas, :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^