Unik, Ini Dia Tradisi Idul Adha Dalam Menjual Hewan Qurban di Berbagai Negara

Tradisi Unik Idul Adha
sumber gambar
Ini Dia Tradisi Idul Adha Dalam Menjual Hewan Qurban di Berbagai NegaraHari Raya Idul Adha merupakan perayaan wajib seluruh umat muslim di seluruh dunia. Akan tetapi, bisa jadi, kita hanya tahu tradisi dan kemeriahan yang terjadi di Indonesia saja, dari mulai para pedagang yang jual hewan qurban dan masih banyak lagi. Pernah terpikir tentang tradisi Idul Adha di berbagai negara lainya? Tentu saja, sebagaimana diamanatkan, perayaan Idul Adha pastilah semuanya sama yaitu tentang menyembelih hewan yang dikurbankan. Akan tetapi, ada beberapa keunikan menarik yang ditemui di setiap negara, lho! Satu negara dengan negara lainnya ternyata punya tradisi masing-masing.

Sembari menyambut Hari Raya Idul Adha, yuk, mari rileks sejenak dengan mencari tahu fakta unik mengenai tradisi Idul Adha di berbagai negara berikut ini.

Baca Juga: Halal Itu Cantik

Fakta Unik Tradisi Idul Adha di Berbagai Negara
1. Indonesia
Mari kita mulai dengan Indonesia terlebih dahulu, ya. Sebagian besar dari kita pastinya sudah merasakan bagaimana suasana Idul Adha di Indonesia. Namun, tiap daerah di Indonesia pun ternyata punya keunikan masing-masing. Contohnya saja daerah Madura. Masyarakat di sana banyak yang bekerja di pulau ataupun kota lain. Namun, pada saat Idul Adha, mereka rela bermacet ria untuk kembali bersua dengan keluarga di kampung halaman. Memang tak hanya terjadi di Madura saja tetapi juga beberapa daerah lain di Indonesia juga menerapkan hal sama.

2. Amerika Serikat
Kemungkinan besar kita cukup penasaran bagaimana umat Muslim di Amerika Serikat merayakan Idul Adha. Tahukah kamu kalau di sana ternyata kebanyakan umat Muslim akan mengambil cuti satu sampai tiga hari dan diberi izin. Cukup jarang dilakukan proses penyembelihan karena kebanyakan umat di sana akan memesan daging kurban. Sementara itu, hewan qurban biasanya akan dipotong di tempat pemotongan hewan.

3. Arab Saudi
Yang paling unik di Arab Saudi dibandingkan negara-negara lainnya adalah hewan qurbannya: Unta. Di Arab Saudi, perayaan Idul Adha adalah salah satu perayaan terbesar yang ada di sana. Pemerintah Kerajaan turut ambil andil dalam pembagian daging qurban bahkan ke negeri-negeri lain, seperti misalnya Asia Selatan, Asia Tengah dan juga Afrika. Wah!

Eh iya, kita di Indonesia juga bisa turut berkurban unta. Caranya? Kamu bisa turut menyumbang dana secara kolektif untuk membeli unta dengan cicilan mulai dari Rp 2 juta saja per bulan. Bukalapak bekerja sama dengan ACT Indonesia dan Global Qurban mengajak kita untuk berkurban hewan di Hari Raya Idul Adha nanti. Silakan lihat halaman Qurban di Bukalapak.com.
4. China
Kita pasti sudah tahu bahwa China bukanlah negeri yang didominasi oleh kaum Muslim. Meski begitu, di beberapa daerah di China, perayaan Idul Adha ternyata berlangsung cukup meriah, lho! Contohnya saja, di daerah Ningxia, perayaan Idul Adha akan berlangsung ramai sampai dengan empat hari! Oh ya, untuk sholat ‘Ied, di sana, yang diizinkan untu shalat ‘Ied di masjid hanyalah para kaum lelaki. Kemudian, mereka akan melaksanakan beberapa kegiatan seperti misalnya baca Al Quran, bertukar makanan, menyanyikan nasyid dan sebagainya termasuk juga bertukar hadiah. Oh ya, pada saat perayaan aka nada pasar “kaget” juga. Wah, ramai, ya!

Ternyata di beragam negara cukup ramai, ya, perayaan Hari Raya Idul Adha yang menjual hewan qurban, ya! Bahkan ada yang lebih ramai daripada di Indonesia. Nah, kamu sendiri sudah siap menyambut hari raya wajib umat Muslim ini? Sebagai seorang Muslim, yuk, kita siapkan diri dan jika memungkinkan dana kita untuk berkurban serta memberi kepada mereka yang butuh.

6 comments:

  1. Alhamdulillah, di negara yang mayoritas non muslim masih di bolehin ngerayain idul adha

    ReplyDelete
  2. Whaaa...nice share...baru tau yang di Cina

    ReplyDelete
  3. Waduh, gmn ya rasanya daging unta. Blm pernah nyoba sih :)

    ReplyDelete
  4. Wah tradisi hari raya Kurban ternyata menggema juga di Amerika ya

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum, terimakasih ulasannya Bunda, Global Qurban bekerjasama dengan Bukalapak, semua bahagia berqurban. Qurban jadi lebih mudah, murah dan memberdayakan

    ReplyDelete
  6. ada keunikan tersendiri tiap negara, yang pasti bisa nyate :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^