Daftar Makanan Bayi 9 Bulan Terbaik yang Bisa Anda Pilih

makanan bayi
makanan bayi, sumber: bukalapak
Makanan Bayi 9 Bulan Terbaik yang Bisa Anda Pilih - Memiliki buah hati dengan tubuh yang sehat tentu mampu membuat Anda senang. Namun kesehatan pada bayi ini bukan bisa didapatkan begitu saja, namun juga berdasarkan orang tua yang selalu mendukung buah hati. Salah satunya adalah dari segi makanan. Perlu diketahui jika sistem pencernaan yang ada pada bayi adalah berbeda dengan sistem pencernaan yang ada pada orang dewasa. Dengan begitu hal ini pun mempengaruhi makanan bayi dimana setiap fase pertumbuhannya makanan bayi pun akan berbeda. misalnya saja makanan bayi ketika usianya 4 bulan tentu akan berbeda dengan makanan bayi 9 bulan.

Ketika si kecil sudah masuk ke usia 9 bulan, pada umumnya dirinya sudah mulai tertarik makan dengan memakai tangan sendiri. Hal ini terbukti dengan dirinya sudah mulai meraup makanan memakai tangan lalu memegang makanan lain dengan jari. Ketika usia ini, maka bayi sudah memberikan tanda kepada Anda bahwa dirinya telah siap dalam mengkonsumsi makanan lainnya. namun Anda juga butuh tahu makanan apa saja yang cocok untuk usia tersebut karena tidak semua makanan bisa disantapnya.

Masuk ke usia 9 bulan, makanan pada bayi tidak harus terlalu halus. Bubur super halus sudah bisa Anda hentikan pemberiannya. Saat usia ini, bayi telah mulai bisa belajar dalam mengenal warna, aroma hingga tekstur. Makanan pun tak cukup hanya dipotong dengan ukuran yang kecil, namun juga harus dipastikan makanan tersebut memang sudah masak sampai teksturnya lunak. Proses memasak ini akan mampu meminimalisir anak untuk tersedak ketika makan.

Makanan bayi 9 bulan yang umum mulai dari sayur yang direbus hingga buah yang lunak serta sudah dipotong kecil misalnya saja ubi, wortel, kentang, pisang, apel dan lainnya. Selain bisa dijadikan sebagai makanan yang utama, beberapa pilihan makanan itu juga bisa dijadikan sebagai makanan camilan. Manfaat yang akan didapatkan si kecil adalah dengan melatih saraf motoriknya. Buah melon, semangka tak ada biji hingga buah pir juga bisa Anda jadikan makanannya. Namun buah tidak boleh terlalu keras dan harus dipotong kecil atau dihaluskan sedikit.

Makanan bayi ketika usianya menginjak 9 bulan memang sudah bervariasi. Namun kadang, bayi juga bisa merasakan bosan. Oleh karena itu Anda sebagai orang tua juga harus kreatif dalam memberikan makanan bayi sehingga dirinya tidak bosan pada makanannya. Beberapa pilihan makanan untuk bayi dengan usia 6 bulan lainnya yang bisa dijadikan pilihan diantaranya:
  • Kuning telur yang telah direbus sampai matang.
  • Daging sapi hingga daging ayam cincang yang sudah dimasak sampai lunak.
  • Keju dengan potongan kecil.
  • Tahu dengan potongan kecil.
  • Kembang kol serta brokoli yang telah direbus lunak.
  • Biskuit bayi juga boleh diberikan asalkan sudah dipotong kecil sehingga bisa menjadi camilannya juga.

Sejak usia 9 bulan bahkan sebelumnya yaitu di awal usia MPASI, bayi sudah bisa diberikan berbagai macam sumber makanan. Mulai dari karbo, protein hewani dan nabati, serta sayuran. Namun ada juga beberapa makanan yang tidak boleh dimakan oleh bayi 9 bulan misalnya telur yang masih setengah matang, makanan tinggi serat, rendah kalori atau rendah lemak. Selain itu, ikan juga masih belum bisa diberikan karena dikhawatirkan merkurinya misalnya saja ikan marlin, pedang, hingga todak. Madu juga masih belum boleh diberikan untuk bayi 9 bulan dan boleh diberikan saat bayi sudah usia satu tahun ke atas. Jika orang tua memiliki riwayat alergi terhadap suatu makanan maka harus dihindari dulu. Makanan bayi 9 bulan sangat bervariasi, jika Anda bingung maka Anda juga bisa memilih makanan instan yang disediakan di toko online sehingga bisa bervariasi tiap harinya agar si kecil tidak merasa jenuh.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^