Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi

Menghilangkan Bau Kamar Mandi
Menghilangkan Bau Kamar Mandi, sumber gambar: kliknclean
Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi - Kamar mandi adalah salah satu bagian dari rumah yag kerap kali menimbulkan keluhan bau tidak sedap. Bahkan, bau tidak sedap ini tidak jaang juga menyebar ke berbagai ruangan lain yang ada di dalam rumah sehingga membuat penghuninya sangat tidak nyaman. Salah satu penyebab bau tidak sedap dari kamar mandi tersebut adalah karena berkembangnya bakteri ataupun mikro organisme. Biasanya, hal ini tidak bisa lepas dari tingkat kebersihan kamar mandi itu sendiri.

Seperti halnya cara membuat rumah wangi, cara ntuk menghilangkan bau kamar mandi ini juga bisa dengan berbagai cara. Di mana, yang paling sering dilakukan adalah dengan memberikan pewangi kamar mandi. Namun sebenarnya, hal tersebut hanyalah sementara karena jika pewangi tersebut habis dipastikan bau akan tetap kembali menyengat. Nah, untuk itu kali ini kita akan jelaskan mengenai cara menghilangkan bau kamar mandi secara permanen. Namun sebelumnya, kita akan ketahui beberapa penyebab kamar mandi bau.

Penyebab Bau Kamar Mandi:
  • Penyebab bau tidak sedap pada kamar mandi yang pertama dan paling sering terjadi adalah karena kelalaian menyiram toilet setelah menggunakannya.
  • Tidak hanya itu saja, kerak pada dinding kama mandi juga bisa menimbulkan bau tidak sedap pada kamar mandi.
  • Adanya kecoa yang bersarang di kamar mandi juga bisa menjadi penyebab lain bau tidak sedap muncul dari dalam kamar mandi
  • Saluran pembuangan yang mampet juga kerap kali menjadi penyebab bau kamar mandi yang tidak sedap. Bahkan, biasanya bau yang disebabkan karena satu hal ini bisa menyebar hingga seluruh ruangan.


Cara Mengatasi Bau Kamar Mandi:
1. Melakukan Pencegahan
Ada pepatah yang mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati. Hal tersebut pun berlaku pada kamar mandi yang berbau tidak sedap. Salah satu pencegahan yang bisa kita lakukan diantaranya adalah dengan rajin membersihkan kamar mandi. Tidak hanya itu saja, dengan tidak lalai menyiram setelah menggunakan toilet juga menjadi hal lain untuk mencegah bau tidak sedap dari kamar mandi.  
Lakukan lah pembersihan kamar mandi minimal satu minggu sekali untuk bisa menjaga kebersihannya. Jangan lupa juga untuk memastikan saluran pembuangan ntuk selalu lancar agar tidak menimbulkan bau. Pasalnya, hal ini menjadi keluhan paling sering dari pemilik rumah.
2. Gunakan Cairan Pengharum atau Kamper
Penggunaan cairan pengharum ataupun kamper kamar mandi juga bisa menjadi salah satu solusi cepat agar kamar mandi wangi. Meskipun sebenarnya menggunakan pewangi atau kamper ini bukan merupakan solusi menghilangkan sumber bau, namun setidaknya hal ini bisa mengurangi bau tidak sedap yang ada. 
Anda bisa meletakan kamper atau cairan pewangi tersebut dibeberapa tempat yang dianggap menjadi sumber bau seperti dekat lubang drainase, wastafel dan lainnya. Anda juga bisa menggunakan minyak esensial jika menginginkan wangi yang lebih awet dan ekslklusif.
3. Memasang Kipas Angin Penghisap
Sama halnya dengan menggunakan pewangi ataupun kamper, memasang kipas angin penghisap ini pun sebenarnya tidak menghilangkan bau dari kamar mandi itu sendiri. Melainkan, denganmenggunakan kipas angin penghisap ini kita dapat mengurangi bau yang menumpuk di kamar mandi. Di mana, dengan menggunakan kipas angin penghisap ini, bau kamar mandi akan sedikit berkurang karena bercampur dengan udara segar dari luar. 
Sayangnya, cara mengatasi bau kamar mandi dengan menggunakan cara ini banyak yang menyebut justru akan membuat bau tida sedap menyebar ke tempat lain. Untuk itulah cara seperti ini cukup jarang digunakan untuk mengatasi bau kamar mandi.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi bau kamar mandi yang perlu Anda pahami. Dengan mengetahui beberapa cara di atas, kini Anda bisa mengatasi bau tidak sedap pada kamar mandi dengan mudah. Namun, seperti yang dijelaskan di atas bahwa untuk mengatasi bau sebaiknya langsung menyingkirkan sumber baunya. Pasalnya, ada beberapa cara yang justru memang hanya menyamarka bau tidak sedap dengan bau wangi. Tak hanya itu saja, satu poin penting dari berbagai penjelasan di atas adalah pencegahan bau dengan terus menjaga kebersihan dari kamar mandi.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^