Alat Dapur Stainless Steel Anda Akan Senantiasa Awet dengan Perawatan yang Tepat Berikut!

Alat dapur stainless steel
Alat dapur stainless steel. sumber gambar: bukalapak.com

Ada berbagai jenis peralatan atau perlengkapan memasak dan itu merupakan hal paling penting apalagi untuk ibu-ibu yang mempunyai hobi bermain di dapur alias memasak. Maka dari itu melakukan perawatan dan memperhatikan berbagai alat dapur dengan baik itu penting. Hal ini bertujuan agar peralatan masak Anda terjaga kebersihannya dan lebih awet atau bertahan dalam waktu yang cukup lama. Untuk peralatan masak sendiri terbagi menjadi beberapa bahan baku pembuatan, ada yang dari kayu, stainless steel, plastik atau lainnya. Dan semuanya mempunyai cara perawatan yang berbeda-beda. 

Dari sekian banyak jenis alat masak, dari bahan stainless-lah yang banyak digunakan oleh ibu-ibu diluaran sana. Baik pada toko online ataupun konvensional banyak sekali ditawarkan berbagai jenis alat tersebut dengan berbagai model dan fungsi masing-masing. Salah satunya karena bahan stainless anti karat dan mudah untuk dibersihkan. Tetapi pada nyatanya walaupun tahan karat jika digunakan untuk memasak terkadang membuat alat lengket karena menyerap minyak dan menyebabkan ter serapnya kotoran. Dan parahnya dapat menyebabkan kerusakan, makanya dari itu perlu adanya perawatan yang tepat agar lapisan pada alat tersebut tidak mudah terkikis.

Nah, berikut ini beberapa cara atau tips yang dapat dilakukan dengan mudah untuk membersihkan alat masak dari stainless steel yaitu:
  1. Pertama dengan mencuci setelah digunakan, cuci dengan menggunakan kain atau spons dengan bahan yang lembut dan juga sabun pembersih. Setelah itu bilas sampai alat tersebut kembali terlihat bersih tanpa ada noda kecil sekalipun. Jangan pernah sekali-kali Anda menggosok alat tersebut dengan menggunakan spon kasar atau sejenis alat gosok yang terbuat dari kawat.
  2. Kemudian menggosoknya pun ada alur yang benar, disarankan untuk menggosok alat dapur dengan alur melingkar. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang ada disela-sela dengan baik. 
  3. Jika ada kotoran yang menempel dan sedikit susah dibersihkan jangan sekali-kali menggunakan alat bantu tajam seperti pisau, sendok, garpu atau lainnya yang menyebabkan lecet atau tergores. Anda bisa mencoba menghilangkan dengan cara menyiram kotoran tersebut dengan air hangat, setelah itu diamkan kurang lebih 5-10 menit, setelah begitu kotoran yang membandel akan hilang dengan sendirinya.
  4. Setelah dicuci bersih kemudian Anda dapat mengeringkan dengan cara dilap menggunakan lap bersih dan halus. Lalu angin-anginkan sampai benar-benar kering supaya tidak tumbuh jamur atau bakteri jahat karena lembab.

Demikian cara melakukan pembersihan berbagai jenis alat yang sering digunakan oleh ibu rumah tangga di dapur. Jika alat yang digunakan bersih, steril dan terhindar dari berbagai kuman tentu makanan juga akan lebih aman untuk dikonsumsi. Karena makan sehat itu bukan hanya berasal dari bahan yang sehat tetapi juga alat yang digunakan. Setelah itu lakukan cara perawatan yang benar supaya alat masak lebih awet dengan cara:
  1. Jika mempunyai alat masak baru dan akan digunakan lebih baik cuci terlebih dahulu dengan air hangat. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri yang menempel, Anda juga dapat menambahkan perasan jeruk nipis dan bilas dengan air bersih.
  2. Setelah selesai menggunakan rendam dengan air hangat terlebih dahulu supaya lebih mudah untuk dibersihkan dari noda membandel.
  3. Jika terlihat warna kecoklatan pada alat masak bisa memberi air mendidih yang telah dicampur garam soda untuk mengangkat noda tersebut.
  4. Simpan berbagai alat dapur pada tempat yang tepat, mempunyai udara sejuk dan bebas dari debu. Yang paling penting jangan letakkan alat pada tempat terbuka yang mudah terkena debu ataupun kotoran luar.

Jika melakukan perawatan serta cara mencuci yang benar bisa dijamin alat dapur yang terbuat dari bahan stainless steel lebih awet dan punya lifetime cukup lama. Dengan begitu alat dapur akan lebih awet dan lebih menghemat pengeluaran. Ibu rumah tangga kan suka dengan yang hemat, hehe. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^