Tips Memilih Dan Merawat Dompet

Dompet kulit wanita
Dompet kulit wanita, sumber gambar: mataharimall.com
Tips Memilih Dan Merawat Dompet - Sebagai ibu muda yang bekerja di ranah domestik alias stay at home mom alias ibu rumah tangga, tetap tidak boleh meninggalkan dunia fashion yang selalu kekinian dengan tren dan mode. Meskipun bekerja dalam ranah domestik yang kadang menguras waktu dan tenaga, akan selalu ada waktu khusus untuk melihat fashion terbaru dan biasanya ini menjadi me time bagi saya sembari istirahat saat anak tidur. Mengintip beberapa market place untuk mencari busana baru yang memikat hati. Baru-baru ini saya sedang asyik melihat beberapa koleksi dompet terbaru dari beberapa toko online, niat hati ingin segera mengganti dompet saya yang sudah berusia lebih dari 4 tahun. Ya, sudah setua itu usia dompet kulit saya, tapi kondisinya masih sangat layak untuk digunakan tanpa cacat sedikit pun. Perawatan yang baik adalah kuncinya.

Dompet, adalah benda mode yang wajib saya punya, meskipun tanpa tas yang penting dompet harus memadai dan tidak boleh tertinggal saat kemana pun apalagi saat ke pasar. Selain uang, hampir semua kartu penting ada di dalam dompet dan harus dibawa kemana pun saya pergi. Mulai dari kartu tanda penduduk, surat ijin mengemudi, kardu debet, kartu kesehatan, hingga kartu diskon beberapa swalayan, hehe. Bahkan ponsel, perhiasan, dan uang receh pun bisa masuk ke dalam dompet jika kepepet. Saya memang agak pemilih soal urusan dompet, karena merupakan benda utama yang harus selalu ada di samping saya, terlebih dengan kartu yang banyak serta kadang dengan jumlah uang receh yang mau tidak mau harus masuk dompet. 

Ada beberapa tips sederhana sebelum membeli dompet:
  1. Pilih material dompet yang sesuai keinginan, kalau saya lebih suka dompet kulit meski hanya kulit sintetis. Karena perawatannya lebih mudah dari bahan material lainnya, sehingga dompet dengan bahan kulit akan lebih awet. Saya, sih, memang cari yang awet, ya, agar tidak terlalu sering beli dompet.
  2. Ukuran dan jenis dompet sesuai kebutuhan. Untuk saya, ibu rumah tangga dengan banyak kartu dan uang (receh), lebih memilih dompet yang panjang dengan kapasitas yang besar. Dengan kantung kartu yang cukup banyak. Saya memilih dompet yang panjang agar uang tidak mudah kusut, kapasitas yang besar agar handphone bisa masuk saat kepepet. 
  3. Desain dan motif yang sederhana. Karena saya memang tidak suka dengan desain yang terlalu ceria maka pilihan dompet selalu warna aman seperti hitam, abu-abu, atau navy.  Saya lebih suka polos karena terkesan lebih sederhana tapi tetap elegan. Saat ini saya sedang mencari dompet dengan desain yang memiliki penyimpanan rahasia agar tidak mudah ditemukan oleh anak saya yang suka bongkar dompet, hehe.

Memilih dompet wanita terbaru seperti memilih jodoh, hehe, harus pas di hati agar tidak menyesal nantinya. Tapi, ya, pilihan tersebut kembali pada preferensi masing-masing. Jika suka dengan motif dan warna yang ceria juga tidak masalah. Nah, jika sudah punya dompet sesuai pilihan, saatnya melakukan perawatan dengan baik. Kali ini saya akan memberikan tips singkat merawat dompet berbahan kulit sebagaimana yang telah saya lakukan pada satu dompet hampir 4 tahun ini.
  1. Bersihkan dompet secara rutin, gunakan cairan pembersih yang ramah pada bahan kulit. Biasanya saya selalu membeli cairan pembersih khusus bahan kulit di toko tas, jika tidak ada bisa menggunakan baby oil atau minyak zaitun. Gunakan kain berbahan microfiber, jika tidak ada bisa gunakan kapas. Pesan dari seorang teman, jangan pernah gunakan tissue. Jika terdapat noda bisa gunakan campuran baking soda dan air.
  2. Atur isi dompet dengan bijak, jangan memasukkan semua benda ke dalam dompet, seperlunya saja. Kesalahan saya adalah sering memasukkan uang receh ke dalam long wallet, jadi bentuk dompet menjadi tidak indah lagi. Oya, jangan simpan taruh dompet di saku celana saat hendak duduk karena akan membuat dompet cepat rapuh dan rusah.
  3. Simpan di tempat yang sejuk dan kering. Saat membeli dompet biasanya akan mendapat kain pelapis di dalamnya, jangan dibuang, ya! Selalu gunakan kain tersebut saat akan menyimpan dompet.

Itulah tips sederhana saat akan membeli dompet dan cara merawatnya ala ibu rumah tangga. Mau tidak mau, dompet adalah sebuah kebutuhan bukan hanya untuk ibu rumah tangga tapi untuk semua kalangan baik pria maupun wanita. Karena dompet adalah benda esensial yang tidak bisa ditinggalkan bagaimanapun bentuknya. Dari dompet, kita bisa mengetahui bagaimana karakter seseorang dalam memanfaatkan uang (baik uang fisik maupun digital). Ada tipe orang yang isi dompetnya selalu penuh, ada yang penuh-kosong dengan cepat, ada yang selalu kosong, hehe. Tapi tetap tidak boleh asal judge, ya. Selamat berbelanja!

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^