DecorativeJI pada Android

Gb.1 DecorativeJI pada Android
Selamat siang peeps. Lama rasanya saya tidak menyentuh blog, padahal baru 2 hari, hehe. Pada postingan ini saya akan melakukan review untuk salah satu aplikasi pada Android yang baru saya saya unduh. Setelah beberapa lalu saya melakukan review untuk Offline Google Translate dan Blogger pada Android, sekarang giliran satu aplikasi yang berhubungan dengan rumah tangga dan propertinya.

Sudah kenal Jotun? Belum? ckckk.. Saya kasih bocoran ya, tapi sedikit aja =D

Jotun merupakan salah satu pabrik cat besar dan terkenal di dunia. Pertama kali didirikan di Norwegia dan akhirnya bisa berkembang ke 74 negara. Jotun telah menangani beberapa proyek pengecatan yang cukup besar salah satunya menara Eiffel di Paris, hebat kan? Nah, baru-baru ini Jotun Indonesia menelurkan satu inovasi pada teknologinya yaitu DecorativeJI atau Decorative Jotun Indonesia.

Apakah DecorativeJI?

Merupakan sebuah mobile apps yang digunakan sebagai layanan kepada pelanggan untuk mempermudah pemahaman kebutuhan akan cat. Jadi dapat dikatakan bahwa aplikasi ini adalah ahli cat pribadi yang dapat kita gunakan setiap saat. Jadi, kita sebagai konsumen tak perlu repot mencari jasa untuk menentukan jenis cat atau warna yang cocok untuk keindahan rumah dan ruangan-ruangannya.

Sekarang mari kita bahas satu per satu fungsi dari DecorativeJI pada Android.

Gb.2 Deskripsi aplikasi pada Android
Walaupun baru sedikit orang yang mengunduh dan melakukan review, tapi review yang diberikan termasuk positif sehingga rating aplikasi ini cukup tinggi. Dapat dilihat pada gambar 2 bahwa size aplikasi ini cukup kecil, jadi untuk Android Galaxy Wonder saya bisa diunduh dan berjalan dengan baik. 

Setelah selesai diunduh, yuk langsung dilihat menu-menu yang disediakan oleh DecorativeJI. Ada 12 macam menu utama yang pastinya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Awalnya saya kaget karena menu utama yang disediakan cukup banyak, saya langsung berpikir positif tentang manfaat yang akan saya dapatkan.

Gb.3 Menu Utama
12 menu utama tersebut antara lain: Photo Colour, Warnapedia, Jotun Geomancy, Questions and Answer, Let's Colour, ColourPop, Products Info, Store Locator, Articles, Events and Promos, Twitter, and Facebook. Berikut penjelasan masing-masing menu pada aplikasi ini, simak baik-baik ya :)

Photo Colour

Gb.4 Submenu Photo Colour
  • Share Photo: Membagikan/mengunggah foto kita. Sebaiknnya isi semua data dengan benar sebelum submit sebuah foto. Karena saya mencoba untuk tidak mengisi nomer telepon dan ternyata ada sebuah pop up message untuk melengkapi semua data dengan benar.
Gb.5 Menu untuk share foto
Saya sudah mencoba untuk submit satu buah foto, namun saya tidak bisa melihat hasil unggahan saya tersebut ada dimana. Jadi sebagai saran dari saya untuk submenu Share Photo, hasil unggahan pelanggan bisa langsung ditampilkan pada Photo Gallery.
  • Gallery: Menampilkan beberapa album foto proyek besar yang telah ditangani oleh pihak Jotun. Ada juga satu galeri hasil dari kontes foto yang pernah diselenggarakan.
Gb.6 Submenu Gallery
Berikut beberapa contoh foto yang ada di dalam album. Saya tidak akan menampilkan semua foto, jadi jika ingin tahu silahkan diunduh ya aplikasinya, hehe :)

Gb.7 Album: Photo Contest Gallery
Gb.8 Album: Prestigious Project
Gb.9 Album: Hotel and Resort
Gb.10 Album: Commercial
Gb.11 Album: Residential
Gb.12 Album: Public Facility
Gb.13 Album: Education

Banyak sekali kan proyek besar yang telah ditangani oleh Jotun. Terbukti bahwa Jotun adalah perusahaan cat yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Untuk menu pertama ini saya cukup puas walaupun tadi masih belum bisa menemukan dimana letak foto yang telah saya unggah/submit.

Warnapedia

Menjelaskan tentang arti dari warna, simbol warna, dan bagaimana sebuah warna bisa berpengaruh pada pengguna jika diaplikasikan pada cat di ruangan tertentu. Total ada 10 warna yang tersedia, dan saya memberikan contoh pada warna hitam dan merah. Jadi jangan salah mengartikan sebuah warna lagi ya peeps :)

Gb.14 Penjelasan warnapedia
Cukup memuaskan, namun akan lebih bagus lagi jika koleksi warna yang diberikan dan penjelasanya bisa ditambah agar semakin banyak referensi yang didapat.

Jotun Geomancy

Gb.15 Menu Geomancy
Menu ini berhubungan dengan Feng Shui termasuk berbagai macam artikel dan konsultasi. Bagi sebagian orang yang mempercayai Feng Shui ini sangat bermanfaat sekali. Karena segala macam penataan rumah akan sangat berpengaruh pada keberuntungan si pemilik. Dan pada menu ini telah disajikan lengkap.

Gb.16 Submenu Geomancy
Ada 3 submenu yang disediakan, isinya berupa artikel pemahaman tentang Feng Shui seperti yang saya tampilkan pada gambar 16. Pengguna juga bisa melakukan konsultasi pada submenu Question and Answer. Sangat mudah bukan untuk mencari letak keberuntungan dari Feng Shui. Sungguh aplikasi yang hebat.

 Questions - Answers

Gb.17 Menu Q-A
Pada aplikasi ini juga disediakan rangkuman pertanyaan dan jawaban mengenai dunia cat. Jadi saya tinggal klik menu Q-A dan mencari pertanyaan apa yang saya inginkan. Dari menu ini juga saya mendapatkan berbagai macam informasi tentang dunia cat. Gratis!

Tertarik? Download dong =D

Let's Colour

Ada 3 buah submenu pada menu ini antara lain:
  • Colour Consumptios: Memberikan pemahaman tentang berapa banyak (liter) cat yang kita butuhkan untuk ruangan kita.
Gb.18 Submenu: Colour Consumptions
Pada submenu ini diminta untuk memasukkan lebar area yang akan dicat, sehingga didapatkan berapa banyak cat yang kita butuhkan.

Gb.19 Jumlah cat yang dibutukan pada masing-masing area
Keuntungan dari menu ini adalah kita bisa mengira-ngira untuk membeli jumlah cat, jadi kemungkinan untuk cat kurang atau lebih sangat kecil karena sudah diukur dari submenu Colour Consumptions.
  • Mix adn Match: Merupakan sebuah panduan untuk memadu madankan warna yang cocok untuk ruangan kita. Pada submenu ini diberikan beberapa contoh ruangan antara lain: Calm Living Room, Colourful Living Room, Chic Bed Room, Classic Bed Room, Simple Bed Room, Contemporary Exterior, Inspiring Exterior, dan Minimalis Exterior. Saya memberikan dua contoh pada Colourful Living Room dan Inspiring Exterior.
   
Gb.20 Colourful Living Room
Gb.21 Inspiring Exterior

Untuk melakukan mix and match caranya sangat mudah yaitu dengan menggeser skema warna yang ada di bawah gambar dan secara otomatis warna cat pada ruangan yang kita pilih akan berubah. 

Rasanya semakin mudah saja untuk memilih warna pada rumah atau kamar tidur saya nantinya.
  • Colour Card: Memberikan penjelasan tentang warna produk cat yang dimiliki oleh Jotun. Caranya sangat mudah yaitu dengan klik salah satu gambar cat maka akan keluar penjelasan dari cat yang kita pilih dan berbagai macam warna yang tersedia.
Gb.22 Produk cat Jotun
Gb.23 Colour Card untuk Gardex Premium Gloss
Banyak sekali pilihan warna yang diberikan pada cat Jotun dan semuanya tersaji lengkap pada colour card. 

 ColourPop

Gb.24 Game pada aplikasi DecorativeJI
Untuk menghilangkan kejenuhan dikala mempelajari cat dan warna, DecorativeJI menyediakan satu game bermana ColourPop. Menurut saya secara pribadi, game ini kurang interaktif atau mungkin lebih baik jika game ini dihilangkan saja karena tidak ada hubungannya dengan dunia cat.

Product Info

Gb.25 Product Info Menu
Pada menu ini dijelaskan tentang semua info produk cat Jotun baik untuk kebutuhan interior maupun eksterior dan juga bahan apa yang akan kita gunakan. Hal yang perlu kita lakukan hanyalah memilih salah satu produk cat maka akan keluar penjelasan secara detil. Kita juga bisa membagikan info cat tersebut melalui facebook dan twitter. Tanda bintang yang tersedia tersebut merupakan 'like button'.

Gb.26 Share info produk ke Facebook dan Twitter

Store Locator

Gb.27 Submenu Store Locator
  • Multicolor Care Call Centre: Dihubungkan langsung ke Customer Services Jotun yaitu ke nomor 08001056886.
  • Temukan Jotun Multicolor Centre Terdekat: Aplikasi akan langsung mencari posisi Jotun Centre terdekat di daerah Anda. Dan saya pun menemukan beberapa letak untuk daerah Cikarang.
Gb.28 Beberapa Jotun Centre di Cikarang
  • Cari Jotun Multicolor Centre: Mencari seluruh lokasi pusat Jotun yang ada di Indonesia.
Gb.29 Lokasi Jotun Centre di Jawa Barat
Adanya store locator ini sangat memudahkan jika kita ingin langsung membeli cat Jotun yang dekat dengan daerah kita. Adanya call centre juga bisa memudahkan jika kita ingin berkonsultasi secara langsung atau pun menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan Jotun.

Articles

Gb.30 Artikel pada DecorativeJI
Menu ini berisi semua artikel yang berhubungan dengan cat, tata rumah tangga, dan kegiatan atau promo. Nah, yang jadi penilaian saya kenapa harus ada promo kegiatan dalam menu artikel, sedangkan sudah disiapkan sendiri menu untuk promo kegiatan. Jadi sebaiknya tulisan tentang promo kegiatan tidak dimasukkan ke dalam menu artikel ini.

Events and Promo

Gb.31 Promo Kegiatan
Menu ini berisi tentang berbagai macam promo kegiatan yang diadakan Jotun Indonesia, termasuk juga kontes. Ini nih yang saya suka, karena saya kan paling suka dengan kuis atau kontes apalagi yang berhubungan dengan dunia blog atau tulis menulis, hehe. Banci kuis :|

Twitter and Facebook

Gb.32 Twitter @WarnaImpian
Gb.33 Facebook Fan Page Warna Impian
Jejaring sosial twitter dan facebook saat ini memang sangat digilai oleh masyarakat, jadi tidak ada salahnya jika Jotun memiliki kedua akun tersebut. Adanya dua jejaring sosial tersebut juga memudahkan kita untuk mengetahui segala macam informasi secara real time. Namun menurut saya, penggunaan jejaring sosial pada aplikasi ini kurang efektif karena mayoritas pengguna gadget sudah memiliki aplikasi twitter maupun faebook. Menurut saya, tidak perlu ada menu untuk mengakses dua jejaring sosial tersebut pada aplikasi ini. Cukup follow dan like lalu tinggal akses dari aplikasi yang saya punya.

Nah, selsesai sudah saya berbagi informasi pengalaman saya menggunakan aplikasi ini.

Melalui DecorativeJI mobile apps ini, pihak Jotun Indonesia, berharap bisa berkomunikasi secara digital dan praktis kepada pelanggan dengan cara memberikan informasi dan konsultasi virtual. Aplikasi ini bisa menghemat pengeluaran untuk biaya konsultasi bukan? Seperti yang telah dikatakan oleh Presiden Direktur Jotun Indonesia, Eric Mallace, bahwa Jotun tidak hanya mengembangkan inovasi di bidang produk tapi juga teknologi yang semakin canggih dan terkini.

Saya memang belum begitu paham tentang dunia cat, tapi melalui aplikasi ini saya belajar perlahan tentang komposisi cat yang nantinya akan saya terapkan pada rumah impian saya. Saya sudah membayangkan mempunyai rumah yang sederhana dan klasik dengan warna cat yang bagus serta tahan lama. Jadi kesimpulan saya adanya aplikasi ini sangat membantu dan bermanfaat bagi pelanggan, tapi masih perlu diperbaiki poin-poin yang telah saya sebutkan di atas. Semoga kedepannya aplikasi ini sebaik baik.

Wah, ternyata lengkap sekali ya saya memberikan review tentang DecorativeJI mobile apps. Yang belum punya silahkan menuju playstore untuk Andoid, gratis loh peeps. Untuk pengguna iphone dan blackberry jangan kuatir, karena aplikasi ini juga sudah tersedia pada dua smartphone tersebut.

Semoga membantu dan bermanfaat =D

12 comments:

  1. terima kasih artikel nya, sepertinya android juga jadi tempat memasarkan Cat Jotun ya, sebuah kerja sama yang bagus. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak hanya android saya sob, ipon dan bb sudah ada

      Delete
    2. heheh dak papa kak,, tu ja dah cukup sangat kak hayy :)

      Delete
  2. ijin nyimak sob....

    mampir juga ya ke >>>>> http://toko-dinasty.blogspot.com/2012/09/teknik-mempercepat-kinerja-komputer.html

    salam kenal sob

    ReplyDelete
  3. artikelnya bagus sob,salam kenal ya!

    ReplyDelete
  4. Mantap nih Gan... thanks tutorialnya...

    ReplyDelete
  5. asikkk,, mantap sangat ni artikelnya,,
    trim tas ilmunya sobat :)
    salam knal yea :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^