Budaya Antre

Budaya antre di Indonesia rasanya belum begitu bisa diterapkan secara disiplin oleh banyak orang dari golongan mana pun padahal hampir disetiap lini kegiatan yang kita lakukan selalu berhubungan dengan yang namanya antre. Sebut saja antre saat membeli tiket nonton di bioskop atau sekedar membeli makanan siap saji di restoran. Budaya antre yang selama ini ditanamkan oleh para guru di sekolah masih saya pegang teguh hingga sekarang. Sebisa mungkin, walaupun dalam kondisi terdesak, saya akan tetap berada dalam jalur antrean dengan segala kesabaran yang saya punya. Ditambah dengan segala macam organisasi yang pernah saya ikuti selalu menekankan rasa disiplin yang super tinggi termasuk antre untuk menghargai orang lain yang bersedia sabar untuk menunggu giliran.

Tapi memang tidak semua orang mau berpikir demikian, mereka pasti mampu untuk menerapkan budaya antre tapi belum tentu mau bukan? Ada dua hal menyebalkan yang saya alami baru-baru ini saat mengikuti arus mudik seperti halnya perantau. Dalam kondisi seperti inilah biasanya kesabaran diuji dengan sangat ekstra. Jumlah orang yang sangat banyak, mengantre hanya pada dua atau tiga baris saja. Biasanya yang terjadi adalah serobot menyerobot satu sama lain. Orang yang acuh akan mendiamkannya, sedang yang peduli atau tidak terima pasti akan menegur. Termasuk saya, hehe. Masalah pertama terjadi saat saya mengantre di stasiun Sidoarjo untuk membatalkan tiket kereta api tujuan Bandung untuk kembali ke Cikarang. Sayangnya, loket pembatalan kereta api digabung dengan pemesanan tiket kereta api eksekutif dan hanya dilayani oleh satu orang saja. Saat itu mungkin ada 15 orang yang mengantre termasuk saya, berdiri dan kepanasan. Setelah satu jam, akhirnya langkah saya maju beberapa langkah hingga tinggal 6 orang di depan saya. Ada seorang ibu yang nyerobot masuk tanpa mengantre untuk membatalkan tiket yang akan berangkat dalam satu jam ke depan, dan ibu tersebut dilayani oleh petugas loket. Spontan saya yang dekat dengan meja loket protes kepada si embak petugas loket dan dia berkata, “kereta ibunya mau berangkat satu jam lagi mbak dan mau dibatalkan”. Toleransi? Okelah ya, satu dua orang bisa toleransi dengan kondisi ibu itu yang tiba-tiba datang minta pembatalan. Kalau mau ikut aturan yang harus ikut prosedur, antre dulu. Kalau tidak bisa dibatalkan karena tenggat waktu ya itu resiko.

budaya antre
ibu jaket abu 3 anak yang nyerobot antrean
Masalah kedua saat di bandara di loket maskapai Kalstar yang hanya dibuka 2 baris. Ada seorang ibu dengan jaket abu-abu dengan 3 orang anaknya tiba-tiba masuk antrian di depan saya. Protes pun langsung keluar dari mulut saya, “antre dong, bu. Di belakang tuh, jangan main nyerobot aja”. Eh, si ibu ngomel dong, dasarnya saya emak-emak tidak mau kalah ya tetep saya bales wong saya tidak salah. Kok tidak malu dengan anak-anaknya, ada yang masih kecil pula. Secara tidak langsung mengajarkan hal buruk pada anaknya sendiri. Budaya antre memang hal sepele, tapi paling sering dilanggar oleh masyarakat kita. Penanaman moral sejak dini, pendidikan dari orang tua dan sekolah menjadi peran aktif pembentukan karakter generasi, bukan? Ayoklah para orang tua dan guru atau siapa pun yang peduli dengan tingkah laku anak-anak ke depannya, kita belajar bersama tentang disiplin.

16 comments:

  1. Ih bener bangeeeet, terutama ibu2 kok ya paling sering nyerobot duuuh. Aku juga langsung negur kok kalau disalip. Kayak begini nggak bisa dibiarin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benerrr mbakkk.. paling sebel dan bikin bete, saya gak akan pernah malu buat negor tukang serobot

      Delete
  2. Klo aku mlh suka binngung mau negor, pdhl dlm hati bilang, ni emak emak rempong kudu ditatar dulu nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaha.. kalo didiemin akunya yg gak tahan, gimana kalo antrinya ditoilet trus diserobot? keburu ngompol haha

      Delete
  3. Sebagai orang yg santun saya mah pasrah aja kalau didzolimi, apalagi kalau yg nerobos antrean ibu-ibu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kesantunan itu akan meruntuhkan kesantunan yang lain, nyerobot antrean itu sangat tidak santun

      Delete
  4. Wah, pas banget postingannya, Mak

    Tadi aku antri beli buku di tata usaha sekolah anakku

    Udah antri panjang, eh ada ibu nyelak dengan polosnya.

    Deuh, rasanyaaaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sikat miring aja mbakkkk.. nyebelin mah yg kayak begitu

      Delete
  5. Kalo aku sih tipe yang ngantri, cuman gimana ya klo ada yg nyerobot gitu suka sebel tapi agak kasian juga, apalagi ibuk2 rempong, gpp lah klo cuman satu orang doang dan dengan keperluan mendesak.
    Salam kenal ya mbak :D

    ReplyDelete
  6. ibuibu emang bawaanya gitu apa gimana ya ? kok sering bangeeet nyerobot antrian :D paling seneng deh kayanya dia kaya gitu :D

    ReplyDelete
  7. paling malu kalo pas di luar negeri misal Singapore, kebanyakan yang sering tidak antri itu orang Indonesia & pas kita orang Indonesia yang taat antri kena malunya, karena warga Singapore ada yang ngomong, "huh Indonesia"

    ReplyDelete
  8. 2x ngalamin rasa dongkol yang serupa,.yg pertama di antrean pembatalan tiket kereta (sama kejadiannya kaya di atas) sama di antrean mesin ATM,.daannn pelakunya--> ibu2., Dan ibu2 sepertinya ga mengerti mengenai konsep jalur/lajur,.liat aja di jalan kalo ada ibu2 naik motor kaya apa,.sering bikin kagok pengendara di belakangnya,.asal nyelonong aja kaya nyrobot antrean,.

    ReplyDelete
  9. Sudah terbukti! Ibu-ibu dimana saja memang paling sering menyerobot antrian!

    ReplyDelete
  10. Saya beberapa kali bertemu ibu-ibu yang menyerobot antrian, tapi gak saya tegur karena malas adu mulutnya.. :D

    ReplyDelete
  11. betul banget. saya setuju. kayaknya susah banget emang budaya antri itu diterpkan. masih banyak yang gak bisa bersabar mengantri

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^