[Review] Aplikasi Boci Trace Alphabet

Aplikasi Boci Trace Alphabet
Aplikasi Boci Trace Alphabet
Beberapa hari lalu saya mulai mencari beberapa aplikasi di android untuk calon anak yang masih ada di dalam perut. Mungkin terlalu dini, tapi saya memang ingin belajar menjadi seorang ibu sedari dini agar bekal nanti semakin banyak. Perhatian saya tertuju pada aplikasi Boci Trace Alphabet karena pelajaran awal memang seharusnya dimulai dengan pengenalan huruf. Saya pun mengunduh aplikasi tersebut dan mencoba memainkannya layaknya anak umur 2 tahun, hehe.

Aplikasi ini mempunyai tampilan yang menarik dan mudah dipahami, apalagi dilengkapi dengan dua bahasa yaitu Indonesia dan Inggris. Jika memilih dalam bahasa Inggris, maka selanjutnya permainan akan menggunakan bahasa Inggris. Cukup keren sih, bisa melatih anak untuk belajar bahasa Inggris pula. Inti dari permainan ini adalah kita sebagai pemain membantu BOCI menyelesaikan alfabet yang belum sempurna dengan cara mengikuti jalur-jalur kendaraan berbentuk alfabet. Ada 3 macam kendaraan yaitu pesawat, kapal, dan kereta api.

3 jenis kendaraan trace alphabet
3 jenis kendaraan trace alphabet
trace dengan kapal
trace dengan kapal
trace dengan pesawat
trace dengan pesawat
trace dengan kereta api
trace dengan kereta api
Saya pun mencoba satu per satu dari tiga jenis kendaraan yang ternyata didesain dengan gambar yang berbeda tiap kendaraannya yang disesuaikan dengan jenis kendaraan. Menarik, jika memilih kereta api, maka jalur alfabet akan berbentuk rel kereta api. Jika memilih kapal maka tampilan sesuai gambar yaitu di lautan dengan gambar ikan. Setiap jenis kendaraan dilengkapi dengan huruf kapital dan huruf kecil mulai dari A sampai Z. Setiap menyelesaikan 5 alfabet akan muncul pop up tanda keberhasilan. Cukup mudah bagi saya yang sudah dewasa tapi sepertinya akan mudah pula untuk anak-anak dan tentunya akan menarik saat memainkan jari di layar ponsel mengikuti jalur kendaraan. Untuk lebih jelasnya bisa lihat pada video yang saya buat di bawah ini.


Mengenalkan anak pada huruf alfabet dari A sampai Z sangat penting karena merupakan dasar agar anak bisa belajar membaca. Usia 2 - 4 tahun merupakan usia yang baik untuk mengenalkan anak pada afabet sehingga anak akan lebih muda untuk belajar membaca. Menggunakan aplikasi Boci Trace Alphabet membatu orang tua untuk mendampingi anak dalam belajar dengan cara yang menyenangkan dan mudah untuk mengerti. Hal ini juga bisa mempererat komunikasi orang tua dan anak-anaknya. Sejauh ini saya suka dengan aplikasi ini, hanya saja sedikit terganggu dengan iklan yang sering muncul setiap memilih tombol apapun, bahkan iklan juga muncul secara fullscreen. Yah, mungkin karena aplikasi gratis makanya lebih sering muncul iklan, tapi sebaiknya dihilangkan, sih, iklannya. Akan lebih menyenangkan tanpa gangguan iklan.

Jika boleh saran untuk developer aplikasi Boci Menulis Alfabet, saat ingin mulai permainan bisa diberikan pilihan resume atau start permainan dari awal. Awalnya, saat saya menutup salah satu jenis kendaraan dan ingin memulai lagi dengan kendaraan yang sama, secara default pilihan adalah resume permainan. Nah, bisa jadi saya ingin mulai permainan dari awal dengan kendaraan yang sama setelah saya tutup. Mungkin bisa diberikan pilihan seperti gambaran yang saya buat di bawah ini. Saran boleh dong ya, hehe.

Saran untuk developer
Saran untuk developer
Sejauh ini saya suka dengan aplikasi dari petualanganboci.com yang ternyata masih banyak aplikasi lain seperti berhitung, mengenal warna, dan lainnya. Untuk lebih jelasnya bisa mengunduh aplikasi ini di Play Store, untuk Ios saya tidak tahu karena tidak punya iphone, hehe. Selamat belajar bersama anak anda.

Daftar aplikasi petualangan boci
Daftar aplikasi petualangan boci

13 comments:

  1. lucu ya.. perlu dicoba nih.. mdh2an tdk membosankan spt aplikasi lain :-)

    ReplyDelete
  2. Mau unduh juga aaah. Kebetulan banget anakku seneng kereta, perahu, dan pesawat. Pas bener bener pas :D
    Makasih maaaak :D

    ReplyDelete
  3. sepertinya keren nih aplikasinya mak :) makasih atas reviewnya yaa, bisa jadi acuan klo mau download app buat si kecil. soalnya banyak banget app yg tersedia, bingung juga mau pilih yg mana.

    ReplyDelete
  4. Cocok nih, buat yang punya anak balita :)
    Salam kenal Mak :)

    ReplyDelete
  5. Aplikasi anak2 memang seru Dan menarik2 ya mak, banyak warna2 Dan ilustrasi.
    Kalo aku download aplikasinya Fischer price. Makasih infonya mak.
    Hehehe

    Akuratu.com

    ReplyDelete
  6. bagus nih , ada cara untuk buat aplikasinya ga kak ?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^