Tips Belanja Online Ekstra Hemat Selama Bulan Ramadan

Tips Belanja Online Ekstra Hemat Selama Bulan Ramadan
Ramadan Ekstra Tokopedia
Kurang dari 2 minggu lagi sudah masuk ke bulan suci ramadan, Alhamdulillah. Semoga nafas masih berhembus dan merasakan nikmatnya bulan yang ekstra berkah tersebut. Seperti halnya dua tahun lalu, tahun ini juga menjadi ramadan ekstra bagi saya karena dalam kondisi hamil tua alias masuk di trimester terakhir. Jika dua tahun lalu beberapa hari menjelang lebaran anak pertama lahir, maka tahun ini, In Shaa Allah setelah lebaran anak kedua lahir. MasyaAllah, benar-benar ramadan yang ekstra nikmat bagi saya. Semoga penuh dengan keberkahan. 


Dengan kondisi yang ekstra tersebutm maka saya dan suami sudah memutuskan untuk tidak boros dalam belanja keperluan ramadan. Seperlunya, sebutuhnya, dan tidak berlebihan, karena budget harus dialihkan untuk biaya kelahiran anak kedua kami. Tidak masalah jika tidak beli baju baju, tapi kalau ada marketplace yang sedang diskon besar ya bisalah menyisihkan sedikit anggaran untuk belanja baju family set dan keperluan ramadan lainnya, hehe. Yang namanya ramadan tetaplah ramadan, harus disambut dengan bahagia tanpa perlu foya-foya, yang penting amal ibadah harus ter-upgrade. Sebagai ibu yang bekerja di ranah domestik dan hampir setiap hari berteman dengan ponsel, online shop adalah pilihan terbaik untuk belanja keperlua ramadan. Catat, tanggal diskonya, hehe.

Berikut ada beberapa tips yang perlu disimak sebelum belanja online secara hemat kebutuhan bulan Ramadan Ekstra di salah satu marketplace favorit saya, Tokopedia:

1. Bandingkan harga setiap toko online di Tokopedia
Ada banyak online shop di Tokopedia yang bisa menjadi pilihan, yang perlu kita lakukan hanyalah membandingkan harga di setiap toko. Pilih toko dengan reputasi yang bagus dengan harga wajar. Jangan hanya memilih toko karena harganya paling murah, karena harga yang paling murah belum tentu kualitas juga sepadan. Sebaliknya, harga mahal belum tentu kualitas terjamin. Pastikan harga yang dipilih itu wajar dengan spesifikasi produk yang wajar pula.

2. Pilih produk berkualitas dari kreator lokal
Biasanya untuk momen ramadan pasti memilih produk terbaik, apalagi saat ramadan ekstra tentu mencari produk dengan kualotas ekstra pula. Produk bagus bukan berarti harus dengan merk ternama atau bahkan merk luar dengan harga yang fantastis. Ada banyak toko yang menjual produk lokal dengan kualitas tak kalah bagus dengan produk luar yang terkenal. Dengan menggunakan produk lokal sama saja mendukung kreasi bangsa yang tentunya lebih hemat, bukan?

3. Cari toko online terdekat
Yang perlu diperhatikan lagi saat belanja di online shop adalah ongkos kirim, terlabih untuk saya yang tinggal di luar pulau Jawa, ongkos kirim menjadi petimbangan yang tidak boleh dilupakan. Setidaknya saya akan memilih toko yang lokasinya paling dekat dengan domisili saya tinggal, atau yang sedang memberikan promo gratis ongkir, hehe. 

4. Pilih cara pembayaran yang tepat
Ini sih hal yang saya suka jika belanja online, karena pilihan metode pembayaran ada beberapa macam. Bisa transfer tunai, mobile banking, lewat minimarket, saldo tokopedai, bahkan bisa melakukan cicilan. Kalau saya lebih sering pakai transfer langsung lewat mobile banking jadi prosenya lebih cepat tanpa memakan waktu lama.

5. Pilih metode pengiriman paling efisien
Kebanyakan produk yang saya beli di Tokopedia itu berlokasi di pulau Jawa, jadi mau tidak mau harus pakai jasa kurir. Senangnya ada beberapa maca pilihan kurir dengan harga masing-masing. Untuk yang lokasinya berdekatan bisa pakai jada kurir instan atau bahkan lewat ojek online yang dalam beberapa jam saja barang sudah sampai di tangan. Tanpa harus macet atau berdesakan di toko, kan lebih nyaman belanja online.

6. Manfaatkan promo dan diskon 
Catat tanggal promo atau diskon, karena pada tanggal tersebut bisa belanja lebih banyak dengan harga miring alias murah. Namanya ibu-ibu pasti pilih harga diskon, dong, promo dan diskon ibarat sahabat karib bagi para ibu. Apalagi untuk keperluan ramadan ekstra agar pengeluaran tidak membengkak dan tetap pada anggaran yang stabil.

Makin Ekstra lagi, masih ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Layaknya festival belanja online “Black Friday”, kejutan seperti apa yang bakal buat pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih spesial?

Hmmm.. selama ini kita sudah familiar dengan isilah Black Friday yang bertabur promo dan diskon yang bisa membuat kita kalap mata dan dompet, hehe. Ramadan Esktra dari Tokopedia pasti juga akan bertabur promo dan diskon yang In Shaa Allah tidak membuat bengkak anggaran, ya, karena diskonnya tetap membuat kita belanja hemat. Beberapa promo Ramadan Ekstra dari Tokopedia antara lain Ekstra Flash Sale dengan harga yang sangat jauh lebih hemat dari harga pasaran. Ada juga Ekstra Kejutan yang bisa memberikan kita hadiah hanya dengan cara shake-shake ponsel kita di jadwal tertentu, ada juga Ekstra Bonus produl digital dan produk eksklusif ramadan. Dan tak ketinggalan Ekstra Cashback hingga 100 ribu rupiahh. Wah, semakin menarik ya belanja online keperluan ramadan ekstra tahun ini.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^