Yamaha Xeon RC, Matic Cantik Idaman Hati

sumber gambar
Beberapa minggu ini saya berniat membeli motor untuk memenuhi kebutuhan transportasi dalam bekerja. Sebenarnya ada bis jemputan dari kantor, namun kemacetan dipagi hari di jalan Jababeka membuat kepala saya sedikit ‘mumet’ kalau terlalu lama di dalam bis. Dari kecil saya memang sudah antipati dengan kendaraan roda empat, lebih sering mual dan pusing jika terlalu lama di dalam mobil apalagi bis. Di samping itu, untuk pulang kerja saya selalu menggunakan jasa tukang ojek. Cukup terasa juga ongkosnya karena setiap hari harus mengeluarkan uang kurang lebih sepuluh ribu untuk ongkos ojek. Belum lagi kelakuan tukang ojek yang suka menjadikan jalanan macet sebagai ajang kebut-kebutan. Hal itu yang membuat saya ingin membeli motor sendiri, disamping bisa berhemat ongkos ojek juga bisa safety riding. Setelah bertanya pada beberapa orang dan rekan saya, banyak yang menyarankan kepada saya untuk membeli motor Yamaha, tapi ada juga yang menyarankan membeli motor lain. Akhirnya saya menghubungi ayah dan paman saya yang memiliki motor Yamaha zaman dulu. Ayah dan paman mempunyai pendapat yang sama yaitu menyarankan untuk membeli motor Yamaha karena kualitas dan keawetannya yang tidak tertandingi. Ada suatu cerita antara ayah dan paman dengan motor Yamaha kesayangan mereka.

sumber gambar
Waktu saya masih kecil, kira-kira masih kelas 3 SD, ayah saya punya satu motor yaitu motor Yamaha yang masih sangat populer pada zaman itu. Motor ini bentuknya ramping dan kecil tapi tergolong cepat juga sih menurut saya. Selama bepergian kemana saja selalu menggunakan motor itu. Dari Lamongan ke Surabaya, ke Kediri, dan hampir setiap liburan selalu menggunakan motor Yamaha ayah ini. Hingga akhirnya ayah menjual motor itu kepada paman sendiri yang ada di Lamongan. Saat saya kelas 2 SMP, motor itu masih ada dan masih gesit. Jadi saya memutuskan belajar mengendara motor dengan motor ayah yang sudah jadi milik paman saya. Motor Yamaha ini ternyata sangat mudah untuk dikendarai oleh pemula seperti saya, dalam hitungan beberapa hari saja saya sudah cukup mahir menggunakan motor walaupun hanya sebatas keliling desa. Di samping paman merawat motor Yamaha itu dengan baik, ternyata kekuatan motor Yamaha sungguh luar biasa.

Akhirnya saya memutuskan untuk membeli motor Yamaha dibandingkan dengan motor lainnya, tapi nunggu gajian dulu deh ya, hehe. Dan kini saatnya saya bergeriliya mencari informasi motor Yamaha seperti apa yang sesuai dengan tubuh mungil nan lincah saya ini. Pokonya yang saya mau adalah motor Yamaha yang keren, cepat, dan canggih. Setelah tanya beberapa rekan kantor yang sangat menyukai dunia motor, banyak dari mereka menyarankan kepada saya untuk membeli motor Yamaha Xeon RC. Saya mulai mencari tahu deh tentang Xeon RC yang katanya keren itu. Setelah saya baca dari website Yamaha, saya semakin terpesona dengan motor Yamaha Xeon RC yang ternyata adalah motor matic yang super keren, ditambah lagi saat saya melakukan pencarian di google, saya menemukan fakta bahwa motor Yamaha Xeon RC menjadi buah bibir dan tending topic di twitter pada 16 Januari lalu. Gimana saya gak semakin ngiler untuk membeli motor ini. Gajian masih lama, huaahh.

sumber gambar

~ SPESIFIKASI
Walaupun saya tidak begitu mengerti tentang mesin motor, tapi setelah membaca beberapa dari website Yamaha, saya semakin terpesona dengan motor yang jargonnya adalah keren, cepat, dan canggih. Dan di sini saya akan membeberkan spesifikasi dari motor impian saya ini. Sebelumnya kenapa motor ini dinamakan Xeon RC? RC adalah singkatan dari Racing Champion digunakan untuk menyambut kemenangan motor Yamaha sebagai juara dunia Moto GP 2012.

 Sumber: http://microsite.detik.com/minisite/YamahaBlogContest/about

Yang saya suka dari motor Yamaha Xeon RC ini adalah FI atau Fuel Injection, sehingga lebih hemat untuk pemakaian bahan bakar. Secara motor injeksi menggunakan valve untuk mengeluarkan bahan bakar. Jadi seberapa kencangnya kita menarik gas, jumlah bahan bakar yang dikeluarkan akan tetap sama. Ehm.. Bisa lebih hemat kan daripada harus naik ojek setiap hari. Tampilan dari motor Yamaha ini lebih sporty dan tegas, tidak terlalu feminin. Jadi sangat cocok untuk saya yang gesit ini. Melihat dari bentuknya yang mungil saya pastikan kalau motor Yamaha Xeon RC ini pasti lebih ringan dari motor Yamaha sebelumnya dan larinya pasti akan lebih kencang. Semakin tak tertandingi kan?

Berikut ini saya sertakan spesifikasi lengkap dari motor Yamaha Xeon RC agar teman-teman bisa melihat kecanggihan dari motor ini.
Dimensi / Dimension
  • PxLxT : 1855 mm x 700 mm x 1070 mm
  • Jarak sumbu roda : 1265 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 135 mm
  • Tinggi tempat duduk : 760 mm
  • Berat isi : 101 kg
  • Kapasitas tangki bensin : 3,8 Liter
Rangka
  • Tipe rangka : Underbone
  • Suspensi depan : Teleskopik
  • Suspensi belakang : Unit swing, suspensi tunggal
  • Ban depan : 70/90-14M/C 34P
  • Ban belakang : 90/80-14M/C 49P
  • Rem depan : Cakram
  • Rem belakang : Tromol
Mesin / Engine
  • Tipe mesin : 4 Langkah, 2 valve SOHC, dengan berpendingin cairan
  • Jumlah/Posisi silinder : Cylinder Tunggal
  • Volume silinder : 124,86 cm3
  • Diameter x langkah : 52,4 x 57,9 mm
  • Perbandingan kompresi : 10,94 : 1
  • Daya maksimum : 11,4 PS (8,4 kW) / 9000 rpm
  • Torsi maksimum : 10,4 N.m (1.06 Kgf.m) / 6500 rpm
  • Sistem starter : Electric starter dan kick starter
  • Sistem pelumasan : Basah
  • Kapasitas Oli Mesin : Total : 0.90 Liter/Perwatan berkala : 0.80 Liter
  • Sistem bahan bakar : Fuel Injection System (YMJET-FI)
  • Tipe kopling : Kering, kopling sentrifugal
  • Tipe transmisi : V-belt otomatis
  • Pola pengoperasian transmisi : Otomatis
Kelistrikan
  • Sistem pengapian : TCI (Transistor control Ignition)
  • Battery : YTZ5S
  • Tipe Busi : NGK/CR7E

~ FITUR DAN TEKNOLOGI
Motor Yamaha Xeon RC juga memberikan features dan mengusung teknologi yang canggih di era modern ini. Yamaha berhasil menciptakan sebuah motor yang keren dan cocok digunakan sebagai penunjang kebutuhan transportasi. Beberapa fitur motor Yamaha Xeon RC ini adalah sebagai berikut:


  1. Aerodynamic Cover Design : Model ini terinspirasi dari pesawat tempur tipe F117 - Nighthwak yang membuat motor Yamaha Xeon RC terlihat lebih jantan. Tapi akan terhilat sporty jika perempuan yang menggunakannya. Design ini dilengkapi dengan Auto Head - Light On, bebas tilang deh, hehe.
  2. Large Capacity Luggage : Ini juga bagian yang sangat saya suka, secara perempuan suka membawa barang-barang yang unpredictable jadi bisa tersimpan rapi di bagasi tanpa harus rempong masuk tas.
  3. Smart Lock System : Sistem ini memberikan kemudahan dan keamanan untuk pengendara apalagi pada saat pengereman mendadak waktu menanjak atau menurun.
  4. After-Burner Jet Tail Lamp : Design lampu belakang pada motor Yamaha Xeon ini lebih futuristik, sporty, da dijamin pasti lebih terang.
  5. Sporty Striping & Dynamic Color : Motor Yamaha Xeon RC memiliki striping yang lebih trendy dan tegas dengan warna yang atraktif. Sangat cocok untuk perempuan yang tidak feminin.
  6. Integrated Key Shutter : Teknologi ini digunakan sebagai pengaman ganda sekaligus pembuka bagasi motor. Ini yang saya suka dari motor Yamaha, selalu memperhatikan keamanan dari motor dari pencurian.
  7. Muscular & Sporty Muffler : Knalpot motor Yamaha Xeon RC ini diadaptasi dari motor Ymaha T-Max yang powerful dan tetap dengan design yang keren.
  8. DiASil Cylinder & Forged Piston : Sistem ini menggunakan teknologi juara, sehingga dipastikan motor Yamaha akan awet. Laju motor menjadi lebih ringan dan cepat. Sebagai bonusnya akan mendapatkan garansi 5 tahun. Semakin tak tertandingi.
  9. Sporty Chasing Wheel & Colored Pin Stripe : Tidak lagi menggunakan velg besi kecil-kecil. Velg motor Yamaha Xeon RC dibuat sporty berwarna dan dikombinasikan dengan Lis velg yang tegas.
  10. Smart Stand Switch : Sistem yang membatu keamanan kita saat berkendara apalagi saya suka suka menaikkan stand motor.

~ WARNA
Sudah puas dengan spesifikasi dan fitur motor Yamaha Xeon RC, sekarang saatnya menilik macam-macam warna yang ditawarkan kepada konsumen. Yamaha memberikan 5 macam pilihan warna kepada kita, saatnya pilih-pilih nih. Jangan mupeng ya teman-teman, nabung dulu baru milih warnanya, hehe.

Dazzling Black

Thunder Bolt Blue

Victorious Red

Cosmic White                        

Regal Purple

Bagiamana teman, sudah bisa memilih? Kalau saya tanpa ditanya pun pasti akan menjawab MERAH! Saya sudah terlalu cinta dengan warna merah, hehe. Apalagi Victorious Red Yamaha Xeon RC sangat keren, pas bangetlah buat saya. Warna merahnya sungguH elagan dan striping putih metalic membuat tampilan motor Yamaha Xeon RC ini semakin trendy dan berkelas. Untuk harga, motor injeksi ini tergolong murah dari pendahulunya. Menurut website Yamaha, motor Yamaha Xeon RC ini dijual dengan harga Rp. 15.100.000 untuk daerah Jakarta dan sekitarnya. Buru-buru lihat tabungan, hehe.

Ini saya tampilkan TVC dari motor Yamaha Xeon RC.



Nah, itu semua tentang motor Yamaha Xeon RC yang keren, cepat, dan canggih. Menurut pendapat saya secara pribadi memilih motor itu harus teliti, mulai dari mesinnya harus awet dan tahan banting seperti motor tua paman saya. Harus hemat bensin dong tentunya, teknologi FI yang dimiliki oleh motor Yamaha Xeon RC ini sebagai solusinya. Harus menggunakan teknologi yang canggih dan modern sehingga memudahkan kita untuk berkendara sekaligus memberikan kenyamanan dan keamanan. Selanjutya adalah design yang keren dan modern juga, gak mau dong berkendara dengan motor yang bentuknya tidak sesuai dengan kepribadian kita? Motor matic yang keren dan canggih tapi tidak menonjolkan kesan feminin ini sangat pas buat saya.Dan yang pasti adalah pas di kantong, hehe. Lengkap kan? Berkendara dengan motor Yamaha Xeon RC semakin tak  tertandingi. 

Saya juga akan memberikan beberapa tips dalam berkendara supaya aman:
  1. Selalu periksa kondisi motor, bensinnya juga jangan lupa diisi. Selalu lakukan general services untuk motor agar kualitas mesin dan motor tetap terjaga dengan baik.
  2. Jangan pernah tinggalkan STNK dan SIM selama berkendara. Gak mau berurusan sama bapak polisi kan? hehe.
  3. Gunakan helm selama berkendara walaupun itu untuk jarak yang dekat. Untuk lebih aman, gunakan helm full face.
  4. Bersikaplah bijak dan tertib dalam berkendara, jangan kebut-kebutan kecuali jika memang sedang dalam keadaan buru-buru tapi tetap harus hati-hati dan memperhatikan keadaan sekitar.
  5. Patuhi rambu-rambu lalu lintas ya. Ini hukumnya wajib.
  6. Ada yang mau menambahkan?
"Ada saat saya ingin menikmati perjalanan dengan santai dan nyaman, tetapi ada saat saya butuh performa hebat. Hanya New Xeon RC yang dapat memberikan keduanya. New Xeon RC, everything I need." *Jorege Lorenzo, Juara Moto GP 2012 
Ehm, saya kira sudah cukup panjang saya bercerita tentang motor Yamaha Xeon RC, semoga bermanfaat buat teman-teman yang sedang membutuhkan info dari motor ini. Dan semoga saya bisa dengan segera membeli motor matic yang cantik ini. aamiin :)


Potingan ini diikutkan dalam Yamaha Blog Competition


Sumber tulisan:
  • http://microsite.detik.com/minisite/YamahaBlogContest
  • http://www.yamaha-motor.co.id/xeon-rc/

26 comments:

  1. Tulisan tentang Yamaha bagus ...Tema yg diangkat kuat sekali
    semoga bisa jadi juara adek ayu

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. terim kasih mas Aris :)

      Delete
    2. Jadi pingin beli Yamaha lagi nih
      Bikin ngiler penampilannya.

      Cocok untuk dipakai di Jogja

      Salam sehati

      Delete
    3. wahhh.. saya juga pengen beli pak kalo motor xeon ini,, saya banget pokoknya..

      Delete
  2. moga sukses kontesnya..suport :), yamaha andalanku juga :)

    ReplyDelete
  3. hehe, semoga cepet kesampaian beli motor xeon nya ya,,, saya juga suka yamaha, tapi lebih tepatnya new jupiter mx

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. semoga bisa segera beli ya gan :D

      Delete
  4. Cute post :D. Semoga berhasil :D

    ReplyDelete
  5. Yamaha new vixion lightning, desain apik semakin menarik :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkakak.. iya punyamu kan vixion mbot, aku xeon aja deh :)

      Delete
  6. Wahh keren nih motor. tapu aku uda punya mio merah :)
    sukses yaaa....

    ReplyDelete
  7. postinganya keren...menarik?pastinnya...moga menang ya....biar bisa beli motor impiannya......Amin

    ReplyDelete
  8. kontes lagi.. semoga menang deh aiy, walopun motor gw bukan merk itu :p

    ReplyDelete
  9. yang aku suka dari kamu itu kamu selalu serius buat ikut kontes blog.
    kontennya oke punya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong chan biar yang baca dapet ilmunya..pastinya biar menang juga :*

      Delete
  10. Postingannya keren euy. YAMAHA semakin terdepan :D

    ReplyDelete
  11. keren nih motornya..bagus bagus kakak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^