5 Ide Bisnis Dari Rumah Untuk Ibu Rumah Tangga

5 Ide Bisnis Dari Rumah Untuk Ibu Rumah Tangga
5 Ide Bisnis Dari Rumah Untuk Ibu Rumah Tangga
5 Ide Bisnis Dari Rumah Untuk Ibu Rumah TanggaApakah Anda seorang ibu rumah tangga yang berharap bisa melakukan kewirausahaan, atau hanya sekadar mencari beberapa penghasilan tambahan? Kalau jawabannya adalah "YA" berarti Anda senasib dengan saya yang sedang memikirkan bagaimana mencari kegiatan untuk mengisi kesepian sebelum anak semok lahir dan sekaligus bisa menambah uang belanja. Boleh dong ibu rumah tangga punya penghasilan sendiri? Kalau uang ersebut digunakan untuk keperluan keluarga jadinya sedekah, loh.


Maka memulai bisnis rumahan menjadi langkah yang dianjurkan dan saya akan memberikan resep ala Julie Aigner-Clark pemilik merk Baby Einstein yang memulai kesuksesan konglomerasi usahanya, justru di mulai dari pekerjaan dan hobby rumah tangga, di antaranya:

1. Online Shop
Rasa rindu punya toko, punya pelanggan, tapi kondisi rumah tidak memungkinkan untuk dijadikan warung. Maka buatlah warung atau toko online. Dan mulailah menjual segala produk-produk hasil kerjasama dengan kawan-kawan rumahan yang kreatif misalnya hasil kerajinan tangan seperti tas rajut. Dalam hal ini kuncinya adalah kooperasi dan kerjasama antar ibu rumah tangga, yang senang berproduksi dan ada yang senang melakukan manajerial.

2. Bisnis Catering
Ini bisnis favoitnya ibu rumah tangga meski agak repot jika dikerjakan sendiri. Dan di Indonesia merupakan salah satu lini bisnis UMKM paling populer. Produksi catering di rumah sangat dianjurkan dan dengan segala jenis pembiayaan mendasar dan tidak mahal. Memulainya pun bisa dengan menitipkan produk pada warung-warung terdekat dengan membuat kue atau jajanan sederhana sebelum menjadi bisnis besar.

3. Make Over Kue
Salah satu lini dari bisnis catering, namun tidak mirip karena bisnis menghias kue adalah bisnis yang tidak ada kaitan dengan pemasarannya. Anda hanyalah sosok yang memiliki keahliannya saja, dan keahlian itu bisa diterapkan dengan membuka kursus menghias kue kepada siapapun yang berminat.

4. Florist
Artinya berkebun, bukan semata kebun tapi kebun sehat, kebun herbalist, ramuan tradisional yang saat ini menjadi salah satu industri yang paling cepat berkembang. Obat herbal, teh herbal, ramuan kuliner, dan rempah-rempah untuk wax dan aromaterapi. Perawatan bunga yang bisa digunakan untuk aroma bunga rampai, sabun, lilin dan ramuan aroma yang hanya butuh beberapa kaki persegi dari ruang tumbuh, yang menjadikan bisnis sebagai florist juga menjadi bisnis yang menjanjikan uang banyak bagi ibu rumah tangga.

5. Menulis Online
Bisnis penulisan konten merupakan bisnis yang bisa dilakukan dari dalam rumah. Yang perlu disediakan dari bisnis ini adalah ketersediaan waktu, kemampuan menulis secara menarik dan rapih, laptop dan akhirnya online. Walau tidak dijamin bisa sekaya para novelist yang mencetak bukunya, menulis online pun bisa merupakan latihan bagus bagi ibu rumah tangga yang tertarik melangkah menjadi penulis terkenal.

Nah, dari kelima ide tersebut sudah ada dua ide bisnis rumahan yang saya jalani yaitu online shop dan menulis. Sayangnya online shop sedang mandeg karena biaya produksi yang cukup tinggi sejak pindah ke Sampit. Jadi yang masih berjalan hingga sekarang adalah sebagai penulis konten secara online karena paling mendukung dengan kondisi hamil besar sekarang. Kira-kira Anda lebih fit untuk menekuni bisnis rumahan macam apa?

18 comments:

  1. Tips ini bisa menjadi bahan pertimbahan aku nanti kalau sudah menikah dan menjadi ibu rumah tangga yang berpenghasilan. Kayaknya aku mau lanjutin bisnis toko online aja nih mbak ayu. insha alloh mudah-mudahan kecapai :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Wida mah uda punya onlenshop jadi tinggal nerusin aja ya,, aku mulai dari nol hehe

      Delete
  2. ide membangun bisnis di rumah ini pasti bakal tak referensikan ke ibue nih, biar dia milih dari 5 poin ide bisnis di atas itu, selanjutnya biar nanti tak kasih modalnya, supaya ibue nggak bengong melulu ah.
    makasih ya idenya.
    saya Mang Lembu nubi, mohon ijin follow blognya dong

    ReplyDelete
  3. Hhhmmm... baru bisa menulis di blog saja. Padahal sebelumnya punya ide untuk memperkenalkan hasil-hasil desain lewat media online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga masih sebatas ngeblog, belum bisa berkembang

      Delete
  4. Online shop dan menulis tapi masih tipis2 semua..
    Salam kenal mbak ayu, barusan aku follow twitternya juga, dapat info dari rekan blogger mbak Niar kalau mbak ayu orang teknik elektro arus kuat ya, boleh diskusi2 mbak?makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, aku dulu arus kuat tp ya lupa2 ingat hehe

      Delete
  5. Kalau online shop di pedalaman Kalimantan kayak kita berat di ongkir ya, Mbak Ayu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneeeerr bangeeettt mbaaa.. kerasa banget ongkirnya

      Delete
  6. Tias, betul gak, ya ini Ayu Cintraningtias yang pernah ikutan GA bunda beberapa tahun yang dalam rangkan ultah blog bunda yang ke-4. Kalau bukan salam kenal deh ya. Bunda ini lagi bingung mau usaha apa ya, karena lama-lama malu juga disupport terus sama anak-ansk. Hobby bunda tuh mengembang-biakkan tanaman Sansevieria, tapi karena sering ditinggal-tinggal jadi MC akhirnya kurang terawat. Sebenarnya ini bisa dijadikan bisnis, ya, kan? Mau nyoba ah, tapi jelas gak bisa online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bunda,, ini Ayu yg dulu ikutan GA :)
      bisa dikembangkan itu bun tanamannya, dikenalkan ke komplek peruhaman dulu :)

      Delete
  7. ma kasih info dan supportnya Mba, biasa saya terapkan ni habis lahiran

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pun begitu mba Milda, semoga slese lahiran bisa lanjut :)

      Delete
  8. Wah nih harus di kasih tahu ke mamah saya supaya belajar membuka bisnis baru dirumah.

    ReplyDelete
  9. Informasi yang sangat bermanfaat sekali untuk para ibu2 yang sudah berumah tangga :)

    ReplyDelete
  10. Pekerjaan yang dimulai dari hobi memang biasanya lebih menyenangkan :)

    ReplyDelete
  11. wah info bagus nih buat calon istri hihihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^