Percantik Kamar Bayi Anda Dengan 5 Tips Ini

Percantik Kamar Bayi Anda Dengan 5 Tips Ini
sumber: www.popeti.com
Percantik Kamar Bayi Anda Dengan 5 Tips IniKamar merupakan ruangan pribadi yang tentu saja harus dibuat senyaman mungkin. Apalagi, ruangan dimana segala hal bisa kita lakukan ini merupakan tempat merebahkan kelelahan agar bisa kembali fit dengan segudang aktifitas yang menanti di esok hari. Oleh karena itu, menciptakan dekorasi kamar yang nyaman ditempati dan nyaman dipandangi tentu saja merupakan keharusan, tidak hanya bagi kamar pribadi Anda tetapi juga kamar bayi Anda. Memang bayi belum tentu mengerti rasa lelah itu seperti apa atau kamarnya mau berantakan pun tidak ambil pusing. Tapi dekorasi yang menarik untuk kamar bayi bisa membantunya untuk lebih mengenal lingkungan dan melatih saraf.


Nah, kira-kira, bagaimana dekorasi yang tepat bagi kamar bayi? Biasanya yang lebih antusias adalah calon orang tua, mempersiapkan segala hal dengan detil dan sempurna untuk sang calon bayi. Bahkan beberapa orang tua nekad mengeluarkan budget lebih untuk membuat kamar bayinya secantik mungkin. Berikut ini merupakan tips dekorasi kamar bayi yang pas bagi buah hati:

1. Gunakan warna cat dinding yang sesuai dengan jenis kelamin anak.
Cat dinding tentu saja merupakan properti wajib bagi setiap ruangan disekitar Anda terutama kamar. Untuk kamar bayi, gunakanlah warna yang lembut dan tidak mencolok. Selain itu, gunakan pula warna cat yang sesuai dengan jenis kelamin sang buah hati. Biasanya, untuk bayi perempuan dominan dengan warna merah muda atau ungu muda, sedangkan bayi laki-laki dominan merah. Jika ingin menyiapkan lebih awal bisa menggunakan warna netral seperti biru, kuning, atau hijau. Cat dinding sangat memberikan pengaruh tidak hanya bagi kenyamanan serta keindahan ruangan, tetapi juga berpengaruh bagi tingkat kecerahan kamar bayi Anda.

2. Pilih ruangan yang tidak terlalu gelap.
Bayi tentu saja lebih sensitif dari orang dewasa, dengan demikian, usahakan agar ruangan yang Anda pilih untuk bayi merupakan ruangan yang pas dimana cahaya matahari bisa masuk kedalamnya. Ini akan memberikan ruang gerak yang lebih bagi pernafasan bayi. Ruangan yang terang akan membuatnya lebih luas dan tidak sumpek, jika tidak memungkinkan adanya sinar matahari yang masuk sebaiknya gunakan pencahayaan dari lampu yang aman untuk bayi. Dengan demikian, hindari pula penggunakan AC pada kamar bayi karena lebih baik udara segar yang masuk melalui jendela atau ventilasi udara.

3. Gunakan furniture yang cocok dengan warna cat dinding kamar bayi.
Setelah menentukan ruangan serta warna cat dinding kamar bayi Anda, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih furniture yang cocok dengan warna cat dinding kamar bayi. Jika Anda menggunakan warna cat dinding yang lembut, menggunakan furniture dengan warna yang cerah bisa menjadi pilihan. Ini akan membuat suasana kamar bayi Anda lebih terlihat menarik dibanding sama-sama menggunakan furniture dengan warna soft. Selain itu, gunakan pula furniture yang tidak terlalu banyak penggunaan kaca dan jangan pernah meletakan furniture untuk outdoor ke dalam kamar bayi Anda (seperti ayunan kursi, kursi besi, meja besi, dll). Hal ini sangat penting untuk menghindari hal yang tidak diinginkan mengingat bayi Anda bisa saja bermain dengan bebas saat Anda lengah.


4. Beri hiasan dinding.
Setelah menentukan warna cat dinding serta furniture bagi bayi, kini saatnya menghias kamar bayi. Gunakanlah hiasan dinding yang juga sesuai dengan jenis kelamin buah hati. Namun jangan sampai penggunaan hiasan dinding tersebut berlebihan karna justru akan menciptakan kesan yang kurang menarik mengingat bayi tentu saja berbeda dengan remaja. Dengan kata lain, jangan sampai hiasan dinding terlalu berlebihan sehingga justru lebih condong pada ruangan layaknya kamar remaja. Sebaiknya juga gunakan pola yang seragam bisa semuanya garis atau polkadot. Pastikan pula hiasan dinding yang digunakan tidak terbuat dari bahan yang mudah pecah. Tempellah hiasan dinding tersebut pada tempat yang sekiranya tidak terjangkau oleh bayi Anda mengingat bayi biasanya sangat aktif.

5. Posisikan kamar bayi dekat dengan ruangan Anda.
Memposisikan kamar bayi agar dekat dengan kamar Anda merupakan poin paling penting. Jangan sampai kamar bayi Anda justru jauh dari kamar Anda sehingga jika bayi menangis Anda tidak bisa mendengarnya. Untuk bayi yang baru lahir memang sebaiknya berada dalam satu ruangan dengan orang tua.

Demikian tips dekorasi kamar yang bisa Anda terapkan pada kamar bayi. Anda juga bisa mengubah posisi furniture, mengganti furniture yang tidak aman menjadi yang aman, atau mengganti cat agar tidak mudah bosan. Sayangnya, tips ini mungkin hanya berlaku bagi rumah yang memang menyediakan kamar khusus bayi atau anak. Untuk saya yang masih ngontrak rumah di Sampit ini ya tidak bisa berbuat apa-apa selain menidurkan bayi bersama saya dan suami. Tapi ini pilihan yang tepat selagi bayi masih kecil, semoga bisa secepatnya pindah ke Palangkaraya jadi bayi punya kamar sendiri.

4 comments:

  1. Nggak ada kamar khusus buat bayi bukan berarti nggak bisa bikin kamar yang lucu, Ay... XD

    Aku dulu box bayinya yang tak utak-atik.. Tapi, ya.. dia bubuk di box cuma pas bubuk siang aja, soalnya kalau malam dia merasa kesepian dan mintak dikelonin mamahnya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku gak beli box bayi mba elss.. mahaalll.. beli kasur busa aja hehe.. biar dia tidur sama aku nanti :)

      Delete
  2. Klo cat sama walpaper mahalan mana ya kira2

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung merk sih mbak, wallpaper skrng mahal2 juga soale

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^