Resep Pepes Ikan Nila

Resep Pepes Ikan Nila - Sebagai istri rumah tangga pemula terutama bagian dapur, memasak adalah hobi baru yang dalam sehari bisa saya lakukan 3 kali, hehe. Karena saya suka mencoba resep-resep baru, alhasil suami menjadi my very first tester setiap ada menu baru di meja. Sejauh ini, sih, suami belum pernah komplen masakan saya tidak enak, kalau pun tidak cocok dengan lidahnya tetap dimakan, so sweet, kan? Karena saya penggemar berat ikan, dalam satu minggu pasti ada menu dari ikan seperti pesmol nila, tongkol asam pedas, tongkol balado, pindang bumbu bali, pindang kuah laos, atau sekedar nila goreng, sepat goreng kriuk, dan yang terakhir saya coba buat adalah pepes nila. Resep pepes ikan nila ini recook dari resepnya Just Try and Taste karena pengen merasakan sensasi asam, pedas, gurih, dan harumnya daun pisang. Sayangnya, di Sampit tidak seperti di Jawa yang daun pisang tinggal ambil di ladang, saya pun membeli di pasar seharga tiga ribu rupiah untuk 3 lembar daun pisang. Pada resep aslinya, ikan nila tidak dipepes daun pisang melainkan di masak (direbus) dalam panci yang diberi alas daun lengkuas. Tapi saya ingin mendapat rasa pepes yang sebenarnya, jadi ikannya saya bungkus daun pisang dan dikukus. Dan berikut adalah resep pepes ikan nila dari dapur saya.

Bahan:
  • Ikan nila 1 kg, sekitar 4 ekor sedang
  • Daun pisang secukupnya
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Garam secukupnya

Bumbu campuran:
  • Cabe rawit 10 buah
  • Tomat merah 2 buah, potong tipis
  • Daun bawang 1 buah, rajang halus
  • Daun salam 4 lembar, sobek kasar
  • Daun jeruk 6 lembar, sobek kasar
  • Lengkuas 3 cm, iris tipis
  • Kemangi 1 ikat
  • Air asam jawa 2 sdm
  • Gula jawa 2 sdm, sisir halus
  • Merica bubuk 1 sdt
  • Garam 1 sdt

Bumbu yang dihaluskan:
  • Cabe merah besar 10 buah
  • Bawang merah 8 siung
  • Bawang putih 5 siung
  • Ketumbar 1 sdt, sangrai
  • Kemiri 4 butir, sangrai
  • Kunyit 2 cm
  • Jahe 2 cm
  • Terasi bakar 1 std
  • Serai 1 batang, ambil putihnya saja

Resep pepes ikan nila
Ikan siap diolah dan dipepes
Cara memasak:
  1. Bersihkan ikan, buang sisik dan insangnya lalu potong menjadi 2. Cuci bersih dan luluri ikan degan air jeruk nipis dan garam minimal 15 menit agar tidak amis.
  2. Siapkan wadah lalu campur bumbu halus dengan bumbu campuran, aduk sampai rata. Koreksi rasa, icip dikit, tambahkan garam atau gula jika perlu.
  3. Ambil potongan ikan lalu masukkan bumbu ke dalam tubuh ikan dan lumurkan ke seluruh permukaan tubuh ikan hingga rata. Lakukan pada semua ikan.
  4. Bersihkan daun pisang, lalu lumuri dengan minyak goreng sedikit saja agar tidak lengket. Taruh 2 potong ikan, kepala dan ekor, lalu pepes.
  5. Didihkan air pada kukusan lalu kukus ikan dengan api kecil hingga duan pisang berubah warna menjadi layu kira-kira 30 menit.
  6. Pepes ikan siap dihidangkan dengan nasi panas, enyaaakkk.
Pepes ikan nila siap saji
Pepes ikan nila siap disantap dengan nasi hangat
Baca juga : Resep Pesmol Asli Sunda

Ini kali pertama saya membuat pepes ikan nila dan ternyata hasilnya cukup memuaskan meskipun kurang asam sedikit, mungkin lain kali bisa saya tambah belimbing wuluh agar sensasi asamnya terasa lebih segar. Cabe rawit pada bumbu campuran memang sengaja tidak saya potong karena saya memilih cabe yang ukurannya kecil agar saat dimakan pedasnya lebih terasa saat digigit. Hal ini karena suami tidak terlalu doyan pedas jadi bisa dipilah kalau cabenya utuh. Oh iya, ikan nila bisa diganti dengan ayam bagi yang tidak suka ikan. Dan, ternyata saya membuat pepes terlalu banyak hingga sisa untuk hari kedua. Agar tidak bosan, ikan nila dikeluarkan dari pepesnya lalu saya goreng dan rasanya jadi lebih gurih sedap. Lumayan, kan, tidak perlu bumbui ikan lagi tinggal goreng, selamat memasak.

16 comments:

  1. ngeliat foto bumbunya...lidah udah krenyes-krenyes.... he2

    ReplyDelete
  2. Betul banget masak jadi hobby baru ya buat pengantin baru >.< * masih merasa sebagai pengantin baru* #plak
    Aku juga sudah siapkan foto-foto buat resep yang rencananya mau kuposting di blog :p tapi entah kapan eksekusinya :p
    Pepes! huwaaaa jadi pengen makan ikan pepes >.<

    ReplyDelete
  3. Suaminya mengerti banget perasaan seorang istri.... apapun masakan yang di buat, harus tetap di makan... emang sosweet bgt mba...bahan dasar ikannya kalau di ganti ayam bisa ngga yah, kebetulan saya alergi ikan...

    ReplyDelete
  4. saya kurang suka sama ikan -_-
    ganti aja sama ayam deh ikan'a :D

    ReplyDelete
  5. saya sukanya jamur :D... ikan kurang suka karena punya alergi seafood

    ReplyDelete
    Replies
    1. jamur bisa ples tahu itu enak tapi bumbunya beda

      Delete
  6. boleh dicoba nih, karena saya blm pernah masak ikan nila :)

    ReplyDelete
  7. saya kurang suka ikan pepes .. lebih ke ayam pepes enaak tuh :D

    ReplyDelete
  8. liat ini aku jadi terharu loh mba, soalnya udah 3 bulan lebih aku gak makan ikan karna aku lagi di tempat rantauan, jadi rindu ikan masakan mama (aku itu cuma bisa makan ikan masakan mamaku soalnya) :(

    tapi biasanya aku suka ikan bakar sih ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. heeheh coba masak sendiri mbaa,, resepnya minta mamanya :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^