Informasi Jalur Masuk UTM IPB

Ada banyak jalur yang bisa digunakan untuk bisa menjadi mahasiswa IPB (Institut Pertanian Bogor). Salah satunya adalah jalur UTM (Ujian Telenta Masuk). Ujian ini diselenggarakan oleh pihak kampus sendiri. Selain itu ujian ini tak hanya membutuhkan skor nilai saja tetapi juga membutuhkan ketrampilan yang Anda miliki. Mahasiswa yang masuk melalui jalur ini memiliki keistimewaan sendiri. Apa sajakah keistimewaan tersebut? Lebih jelasnya Anda bisa menyimak informasi berikut ini.

Beberapa kelebihan yang bisa diperoleh apabila masuk melalui jalur ini adalah sebagai berikut:
  • Uang kuliah tunggal lebih murah dibandingkan jalur masuk lainnya. Selain itu masih diberikan kesempatan untuk mengikuti beasiswa bidik misi.
  • Kuota daya tampung dari jalur ujian ini juga sangat sedikit. Biasanya hanya 10% dari daya tampung. Jadi apabila masuk dari jalur ini tentu saja Anda termasuk seseorang yang hebat.
  • Mahasiswa yang masuk dari jalur ini akan diberikan pembekalan softskill selama menjalankan TPB. Softskill ini bisa berupa melatih kepemimpinan maupun melatih sikap wirausaha.
Baca Juga : Mahasiswa IPB Temukan Donat Drakula

Selain kelebihan diatas, ada lagi keistimewaan yang menjadi kebanggaan apabila masuk melalui jalur ini. Pertama UTM adalah jalur paling terakhir yang dibuka oleh Institut Pertanian Bogor untuk menjadi mahasiswanya. Kedua jalur ini hanya dibuka dan diadakan di IPB Bogor saja. Itulah beberapa kelebihan dan keistimewaan jika Anda memasuki IPB lewat jalur UTM.

Apabila memiliki niat kuat untuk masuk jalur ini sebaiknya persiapkan segalanya dengan baik. Mulai dari mencari tahu informasi pendaftaran, memilih jurusan yang akan dituju hingga mempersiapkan kematangan materi yang akan diujikan. Beberapa mata pelajaran yang akan diujikan antara lain matematika, ilmu pengetahuan alam, dan bahasa Inggris. Semua soal berupa pilihan ganda dan apabila jawaban Anda salah maka akan dikenakan skor minus. Jadi jawablah secara yakin dan apabila tak yakin sebaiknya tak usah dijawab saja. Agar persiapan materi lebih matang, Anda disarankan untuk mengikuti bimbingan belajar dengan intens dan mengikuti beberapa try out masuk IPB (Institut Pertanian Bogor). Demikian informasi ini dan semoga bisa memberikan wawasan untuk Anda.

2 comments:

  1. di ipb itu ada s2 sama s3 nya ya mba?

    ReplyDelete
  2. hebat kalo bisa masuklewat jalur UTM ya, kelebihanya juga bagus. hmm sayang aku udah lulus kuliah jadi gak ikut.. hehee..
    nice info ini.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^