Tips Memilih Kartu Kredit

sumber
Sebagian besar orang pernah mendengar istilah kartu kredit, dan tidak sedikit yang menganggap jika kartu tersebut merupakan uang pengganti untuk membeli atau membayar makanan atau barang yang dibeli. Menurut dari expert dictionary, pada intinya kartu tersebut adalah kartu yang dikeluarkan oleh bank untuk memungkinkan orang yang memilikinya untuk membeli barang yang dibutuhkan dengan cara hutang.

Dalam penggunaannya, terdapat beberapa istilah yaitu pertama, limit yang merupakan jumlah maksimum transaksi yang dapat dipakai dan besar jumlah tergantung dari jenis kartu yang dimiliki misalnya silver, gold, platinum. Kedua, kredit limit gabungan dari kartu pembayaran kredit dengan kartu tambahan. Ketiga, tanggal cetak billing atau tanggal rekening adalah tanggal semua transaksi yang telah dilakukan dalam satu bulan ke belakang yang dibukukan. Keempat, tanggal jatuh tempo merupakan tanggal batas akhir untuk membayar tagihan kartu. Kelima, tanggal pembukuan/posting yaitu tanggal dibebankannya semua transaksi yang dilakukan ke tagihan Anda. Keenam, pembayaran minimum adalah jumlah dari tagihan minimal yang diwajibkan untuk dibayar sebelum jatuh tempi. Ketujuh, jumlah total tagihan sesuai transaksi baru yang dilakukan. Kedelapan, saldo lama yaitu total tagihan bulan sebelumnya dan saldo baru adalah jumlah yang harus dibayarkan.

Terdapat pula biaya administrasi merupakan biaya yang harus dibayarkan meliputi biaya late charge, biaya materai, biaya overlimit. Terdapat juga batas pengambilan uang tunai yaitu jumlah maksimal pengambilan uang tunai dengan mempergunakan kartu tersebut di mesin ATM. Istilah lainnya adalah personal loan yaitu pinjaman dana untuk seseorang yang ingin menggunakannya dana untuk keperluan sesuai dengan kebutuhan dan tanpa jaminan.

Tips untuk dapat memilih kartu pembayaran kredit dengan baik diantaranya yaitu:
  • Memilih bank yang memilih reputasi yang baik mengenai produk kartu tersebut.
  • Sebelum memilih sebaiknya melihat bunganya. Artinya, jika bunga yang diterapkan rendah dari bank tersebut artinya nasabah akan membayar cicilan yang kemungkinan akan lebih besar dari bunga.
  • Memilih produk dari bank yang memiliki pinjaman dengan bunga yang paling rendah dan menguntungkan untuk nasabah.
  • Lihat metode dari perhitungan kartu karena setiap bank berbeda-beda setiap perhitungan bunganya. Untuk meyakinkan pengambilan kredit, sebaiknya bertanya dulu atau mengumpulkan informasi.
  • Melihat iuran per tahunnya karena setiap bank berbeda-beda dalam menawarkan bebas iuran tahun pertama.

Sebelum melakukan pemilihan, sebaiknya mencermati mengenai tujuan utama dalam penggunaan kartu tersebut. apakah untuk personal lifestyle atau untuk small business. Sehingga setelah mendapatkan kartu tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya. Pastikan kartu tersebut dapat digunakan di berbagai tempat untuk mempermudah dan memberikan keuntungan yang banyak bagi Anda. Setelah memutuskan akan menggunakan kartu pembayaran dengan kredit tersebut, sebaiknya perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku. Sebaiknya jangan tergoda ketika adanya tawaran bonus ataupun terdapat bunga rendah ketika memilih kartu tersebut. Tidak jarang beberapa bank memberikan beberapa persyaratan dan ketentuan tertentu. Walaupun sebaiknya jangan terpengaruh mengenai reward program yang diberikan, namun tidak ada salahnya untuk mencari program reward yang sesuai dengan kebutuhan.

Setelah memutuskan untuk memperoleh kartu kredit terbaik, diperlukan perilaku untuk mengontrol dalam menggunakan kartu tersebut. Beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam mengontrol dalam menggunakannya diantaranya adalah menyisakan 1 cc saja untuk menghemat dalam pengeluaran dan penggunaannya. Mengecilkan limit dari kartu tersebut untuk dapat membantu mengontrol dalam menggunakan kartu untuk berbelanja keperluan yang diperlukan atau diinginkan.

8 comments:

  1. aku belum punya kartu kredit, mak.

    belum butuh2 banget soale.. hihihi

    ReplyDelete
  2. Aku kurang lebih memiliki tabungan di salah satu bank hampir 1 tahun jadi belum ada penawaran untuk memilih kartu kredit hihihi

    ReplyDelete
  3. mengontrol penggunaan jg penting banget yah :)
    saya belum tertarik utk pny kartu kredit hehe...

    ReplyDelete
  4. Aku belum punya kartu kredit, tapi kalo buat pesen tiket kadang butuh juga ya, mba Ayu.

    ReplyDelete
  5. kalo aku sih lebih baik cash aja yang lebih nyata, karena kalo kartu kridit itu enaknya memang segala macam udah ada yang nanggung dari bank cuma ga enaknya, ya kita berhutang dan tiap bulan harus bayar

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah udah 15 tahun punya kartu kredit masih bisa bayar hutangnya heheee.... Sempet punya 3 tp yg 2 aku tutup setelah resign dr kerjaan karena nggak terlalu byk mobile lagi.

    ReplyDelete
  7. Musti disesuaikan sama kebutuhan ya, Yu. . .

    ReplyDelete
  8. Informasi yang bermanfaat. Mungkin kedepan say perlu akan hal ini. Salam kenal mbak dr blogger malang

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^