Nice Homework #8: Misi Hidup dan Produktivitas

bunda produktif
bunda produktif, sumber gambar
Nice Homework pekan 8 ini lanjutan dari pekan sebelumnya yaitu tentang Bunda Produktif. Jika di pekan 7 baru masuk tahapan menjadi bunda poroduktif dengan cara menentukan bakat, di pekan ini bekat tersebut dicocokkan dengan misi hidup yang sudah pernah kami tulis sebelumnya. Hanya saja, menentukan misi hidup dengan yakin 100 persen tanpa ragu itu susah. Pasti aja belok kanan dan kiri untuk terus memperbaiki misi hidup tersebut. Sampai saat ini pula, misi hidup yang pernah saya tulis belumlah mantab, yaitu tentang pendidikan ibu dan anak. Ilmu saya masih sangat jauh dari misi tersebut, tapi saya akan terus belajar agar tidak kalah dengan jaman yang semakin canggih. Dalam tugas pekan ini lebih mengarah ke arah teknis, secara nyata, ingin jadi apa saya hidup di muka bumi ini? Berikut rincian tugasnya:


A. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)

Dalam NHW #7 di kuadran suka dan bisa saya membuat 4 aktivitas yang saya yakini secara sanggup yaitu menulis dan blogging, memasak, montessori, serta menata rumah. Dan aktivitas yang saya pilih adalah menulis dan blogging yang merupakan satu paket. Dalam kuadran tersebut pun saya tidak memisah dua aktivitas ini, karena memang saling berkesinambungan. Sebenarnya, di dalam dunia tulis menulis belum tentu ada kegiatan blogging, tapi di dalam dunia blogging harus ada tulis menulis. Sebelum mengenal blog, saya sudah lebih dulu menyukai tulis menulis sejak dipekerkenalkan oleh Almarhumah guru SD saat kelas 5. Saat itu saya langsung digagas menjadi peserta lomba bahasa Indonesia termasuk baca puisi tingkat kecamatan dan membawa pulang tropi urutan ketiga. Sejak itu, saya suka menuliskan semua hal dalam buku diari, mengirimkan ke majalah sekolah hingga akhirnya mengenal blog saat kuliah. Nyatanya saya suka jika tulisan tersebut dibaca oleh orang lain lebih-lebih membawa manfaat. Akhirnya saya putuskan jatuh cinta dengan blog di tahun 2012, terlebih membawa bonus rupiah. Oh, iya, blog saya gendhiss.com dan ayuningtias.com (blog kedua sedang vakum, hehe) #promosi.


B. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE DO HAVE” di bawah ini :

1. Kita ingin menjadi apa ? (BE)
Dari pilihan aktivitas yang saya pilih dan mengesampingkan kegiatan dan impian lainnya, saya ingin menjadi Mom-Blogger profesional. Profesional dalam artian bisa membuat postingan dan tulisan yang bermanfaat untuk semua ibu dan calon ibu. Saya senang mencari informasi di internet terlebih dari blogger-blogger yang biasanya memberikan postingan tentang review atau informasi penting seputar anak. Hal ini relevan dengan misi hidup yang pernah saya tulis yaitu pendidikan ibu dan anak. Menjadi Mom-Blogger Pro mungkin hal biasa bagi banyak orang, tapi hal luar biasa bagi saya. sejatinya, berbagi ilmu dan inspirasi bisa melalui media apapun, bukan?

2. Kita ingin melakukan apa ? (DO)
  • Mulai membangun lagi blog ayuningtias.com (Kisah Kasih Bunda) karena tujuan utama saya membangun blog tersebut memang untuk menjadi Mom-Blogger Pro, hanya saja beberapa waktu belakangan saya lebih fokus membangun blog pertama karena lebih ‘menghasilkan’.
  • Membangun dalam artian membuat tulisan yang menarik dan bermanfaat, maintenance trafik blog agar user friendly, dan mengenalkan blog di dunia maya.
  • Baca! Selain membuat postingan based on experience, tentunya saya harus banyak membaca berbagai sumber agar postingan tersebut berbobot dan tidak menimbulkan pro-kontra. Meskipun postingan pro-kontra itu disukai oleh beberapa blogger, tapi saya akan menghindarinya.
  • Yang ingin saya lakukan sebagai seorang blogger yang normal adalah kopi darat dengan blogger lainnya, saling bertukar cerita dan inspirasi. Hanya saja, di Palangkaraya belum saya temui komunitas blogger. Jadi kopi darat bisa dialihkan untuk kegiatan lainnya yang lebi bermanfaat seperti mengikuti seminar, menhgadiri majelis taklim, datang ke rumah belajar.

3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)
Dari segi materi, hal yang ingin saya punya dengan menjadi Mom-Blogger Pro adalah penghasilan tetap entah itu berupa honor menulis atau membuat postingan berbayar secara rutin setiap bulan. Seperti halnya blog pertama yang bisa memberikan penghasilan meskipun belum rutin dan tetap karena memang belum begitu serius, jadi untuk sekarang ingin lebih serius agar ilmu dan pehasilan bisa didapat. Sedangkan segi non-materi, ingin menularkan semangat menulis dan ngeblog pada ibu-ibu komplek perumahan dan perkumpulan ibu di kantor suami. Lebih-lebih bisa memberikan kursus ngeblog secara gratis. Impiannya, sih, membuat kelas blogging di rumah mumpung ada akses internet unlimited. Aamiin.


C. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:

1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
“Saya ingin menjadi ibu rumah tangga bahagia dan sukses”, itulah penggalan kalimat yang pernah saya katakan pada suami saat berada di tahap accepting menjadi seorang ibu. Banyak ibu rumah tangga yang mengeluh bosan dan tidak bahagia termasuk saya, tapi lebih banyak lagi ibu rumah tangga yang dengan bangga berkata bahagia atas peran yang diambilnya. Dan tak sedikit pula mereka yang sukses dari segi materi maupun non-materi. Itulah impian utama saya, menjadi bunda kesayangan suami dan anak-anak serta bunda produktif yang bisa membagi ilmu pada sesama.

2. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan (strategic plan)
  • Tuntas belajar materi Ibu Profesional sesuai dengan kandang waktu yang pernah saya buat di NHW #4. Mengamalkan materi tersebut agar tidak membatu di otak.
  • Blog ayuningtias.com sudah diisi dengan banyak tulisan seputar dunia ibu dan anak. Mulai tentang kehamilan (berarti harus hamil lagi agar bisa menulis tentang kehamilan, hehe), MPASI, tumbuh kembang anak, pendidikan anak, dan printilan lainnya.
  • Menjadi Mom-Blogger yang sudah dikenal dengan karya tulis bermanfaat dan penuh inspirasi. Serta mendapat 'penghasilan' tetap.
  • Membuka kursus ngeblog online atau offline.

3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun (new year resolution)
  • Hamil lagi atau punya anak lagi, hehe.
  • Trafik blog ayuningtias.com meningkat dan lebih user friendly. Serta membuat fanspage untuk blog agar lebih mudah dikenal.
  • Menerapkan sistim (minimal) one week one post. Saya tulis minimal agar dalam seminggu bisa membuat lebih dari satu postingan yang relevan.
  • Mencari ‘penghasilan’ dari ngeblog.

Itulah strategi yang akan saya terapkan agar impian saya menjadi nyata. Dengan berjalannya waktu mungkin tidak akan selaras 100 persen, setidaknya dengan membuat outline seperti ini gairah hidup bangkit lagi. Sebenarnya bukan hanya menulis dan blogging yang ingin saya kembangkan, ada banyak hal yang ingin saya coba dan lakukan. Tapi kegiatan inilah yang nantinya akan saya tekuni dengan sungguh-sungguh agar waktu tidak terbuang percuma dengan ajang coba-coba saja. Semoga Allah dan semesta meridhoi, aamiin.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^