Nice Homework #7: Tahapan Menjadi Bunda Produktif

Kelas matrikulasi sudah masuk di pekan ke-tujuh dengan materi yaitu tahapan menjadi bunda produktif. Terus terang saja, pada materi ini, saya lebih banyak menyimak dan menikmati sharing pengalaman oleh bunda lainnya karena saya sendiri masih merasa belum produktif. Atau cenderung tidak produktif sama sekali. Terlebih lagi, di pekan ini pula, dihadirkan dua orang hebat dan luar biasa dalam kelas kami yaitu Mbak Farda Semanggi dan Ibu Septi Peni dalam program 30 menit lebih dekat. Masyaallah, ilmu yang mereka bagikan kepada kelas kami sungguh syahdu, rasanya ingin seharian penuh bersama mereka. Terima kasih untuk Mbak Farda dan Ibu Septi yang menyempatkan waktunya berbagi ilmu dengan kami di Kalimantan. Terima kasih juga untuk Mbak Susi yang sudah menggiring kami untuk menacri tahu tentang makna bakat yang sebenarnya. Bakat-bakat ini untuk mengetahui kekuatan dalam diri yang nantinya akan menjadikan aktivitas sebagai bunda semakin produktif. Dan inilah hasil Nice Homework minggu ini:

  • Ketahuilah tipe kekuatan diri (strenght typology) teman-teman, dengan cara sbb :
    1. Masuk ke www.temubakat.com
    2. Isi nama lengkap anda, dan isi nama organisasi : Ibu Profesional. Jawab questioner yang ada disana, setelah itu download hasilnya
    3. Amati hasil dan konfirmasi ulang dengan apa yg anda rasakan selama ini.
    4. Lampirkan hasil ST30 (Strenght Typology) di Nice Homework #7
  • Buatlah kuadran aktivitas anda, boleh lebih dari 1 aktivitas di setiap kuadran

Untuk melakukan tes bakat dan memilih pertanyaan yang cocok saya meminta bantuan suami untuk meyakinkan bahwa pilihan yang saya ambil itu benar dan sesuai dengan diri saya. Dan berikut adalah hasil talent mapping dan strenght typology dari situs temubakat.com.
Strenght typology
Strenght typology, lebih jelas klik di sini
" AYU CITRANINGTIAS, anda adalah orang yang suka sekali mengatur penempatan atau penugasan orang, berani menghadapi orang secara empat mata, keras kepala, berani mengambil alih tanggung jawab, banyak ideanya baik yang belum pernah ada maupun dari pikiran lateralnya, analitis dan senang berkomunikasi, senang mengkomunikasi ideanya, suka mengumpulkan berbagai informasi atau literatur, senang ngotak ngatik mengembalikan sesuatu ke fungsi semula. "

Konfirmasi hasil talent mapping:


PERSONAL BRANDING

Personal Branding
Keterangan
Konfirmasi
Arranger
Suka sekali mengatur penempatan atau penugasan orang

Hobi memerintah orang meski untuk hal remeh. Contohnya saat suami di rumah, maka saya dengan tidak segan memintanya untuk mengambilkan minum, memandikan Izza, atau menjemur baju atau nyapu. Saya juga sangat suka menata rumah dan memastikannya selalu dalam keadaan rapi dan bersih.

Comannder
Berani menghadapi orang secara empat mata, keras kepala, berani mengambil alih tanggung jawab

Sangat keras kepala dan tidak takut jika harus berdebat, meskipun saya salah. Kalau kata suami, saya ini jagonya ngeyel dan tidak mau kalah. Menghadapi orang pun berani, selama saya (merasa) benar dan punya opini kuat. Saya pun tidak enggan jika harus mengemban sebuah tugas misalnya menjadi koordinator bidang pendidikan di PI PLN, serta menjadi ketua kelas matrikulasi.

Creator
Banyak ideanya baik yang belum pernah ada maupun dari pikiran lateralnya

Kata suami, saya ini gudangnya ide. Meski tidak semuanya bisa terealisasi. Tidak jarang secara spontan bisa memunculkan ide baru. Saya juga suka memodifikasi ide orang lain. contohnya, montesori untuk Izza, karena terbatasnya prasarana maka menggunakan yang ada di rumah seperti hanger atau jepitan baju.

Interpreter
Analitis dan senang berkomunikasi

Sangat suka berbicara, jika sudah nyaman dengan seseorang akan bercerita tanpa henti. Sayangnya kadang kurang terkontrol dengan baik. Untuk segi analitis cukup tapi kurang sistematis.

Journalist
Senang mengkomunikasi ideanya, suka mengumpulkan berbagai informasi atau literatur

Saya suka menulis, apa yang saya bayangkan atau ingin sampaikan biasanya lewat tulisan. Kadang kala tulisan bisa menjelaskan banyak hal dan lebih efektif daripada berbicara secara langsung. Saat membuat sebuah tulisan, saya akan mengumpulkan banyak sumber dan harus benar-benar tau maksud tulisan yang saya buat. Untuk hal lain pun serupa, misalnya tentang imunisasi, MPASI, penyakit anak, kontrasepsi, saya akan menggali banyak informasi sebelum mengeksekusinya.

Restorer
Senang ngotak ngatik mengembalikan sesuatu ke fungsi semula

Saya suka sekali menata rumah, paling benci rumah berantakan, dan barang-barang tida kembali ke tempat asalnya. Jika sebuah massive cleaning maka akan saya kerjakan sendiri agar pas di hati. Tapi jika barang yang pindah tempat maka saya akan meminta yang bersangkutan (biasanya suami mengambil palu, gunting, pisau lalu menaruh di sembarang tempat) untuk mengembalikannya.




POTENSI KELEMAHAN

Kelemahan
Keterangan
Konfirmasi
Caretaker
Dapat merasakan perasaan orang lain baik sedang gembira atau sedih

Kadang saya bisa membaca raut muka orang dan mengetahui dia senang atau sedih tapi cenderung tidak peduli dengan hal tersebut. Saya bisa bersifat sangat acuh jika sedang kesal.

Marketer
Berpikiran strategic, senang mengomunikasikan sesuatu, banyak ide, dan suka menonjolkan kelebihan

Saya orang yang suka berpikir rumit kadang juga suka menjadi hiperbola. Suka berbicara tapi tidak bisa to the point alias bertele-tele. Kalau untuk urusan marketing memang kurang karena dasarnya tidak tahu teknik promosi yang baik.

Mediator
Keras menghadapi orang akan tetapi tidak menyukai konflik

Jika ada konflik maka saya akan menikmatinya. Malah tertarik untuk mencari sumbu utama konflik tersebut tanpa menyelesaikannya. Kecuali untuk hal tertentu.

Motivator
Senang memotivasi dengan berbagai cara ada yang melalui sifat periangnya atau empati, atau ingin memajukan orang lain

Saya pernah ditugaskan untuk memberikan motivasi pada junior, yang saya lakukan adalah menjatuhkan mereka dan tidak mengangkatnya lagi. Entah itu salah satu teknik motivasi atau bukan, tapi dari hal yang saya lakukan tersebut, banyak dari junior yang paham maksud sebenarnya. Tapi saya rasa itu bukanlah cara memotivasi yang baik.

Seller
Suka berhubungan dengan orang, baik untuk memengaruhi, bekerjasama atau melayani, dan bertanggung jawab

Sudah saya sebutkan bahwa saya tidak tahu teknik promosi yang baik termasuk untuk menjadi seorang pedagang. Pernah beberapa kali mencoba berdagang (pulsa, baju, jilbab, buku, vitamin, snack) semuanya berujung gulung tikar. Ada beberapa yang balik modal, ada pula barang dagangan yang tidak laku satu pun. Tapi, saya suka proses jual beli hanya saja tidak tahu tekniknya. Saya pun tidak kapok untuk mencobanya lagi, hehe.

Server
Suka melayani orang lain dan mendahulukan orang lain

Saya egois, saya nomer satu baru orang lain. untuk kondisi sekarang, anak dan suami dulu, baru saya, lalu orang lain.



Jika melihat sari strenght cluster, maka posisi tertinggi adalah headmen dan elementary. Ya, menilik personal branding di atas dan sifat saya yang keras kepala mungkin cocok menjadi bos yang suka memerintah tapi bukan pemimpin yang baik. Untuk urusan elementary, mengenai bahasa dan administrasi boleh lah karena saya memang suka menulis dan arrangement. Dari hasil di atas bisa dibilang mendekati cocok dengan karakter saya, hanya saja saya butuh arahan dan ilmu lebih banyak agar personal branding tersebut bisa menjadi bakat yang positif. Mungkin, karena saat ini saya belum punya kegiatan lain selain membersamai anak dan suami, makanya belum bisa tercipta talent mapping yang benar-benar jelas. Sekarang saatnya menentukan kegiatan menuju bunda produktif menurut kuadran aktivitas agar hidup ini tidak monoton lagi dan bermanfaat bagi manusia lainnya.


Kuadran aktivitas
Kuadran aktivitas

Itulah hasil analisa yang saya lakukan melalui situs temubakat.com dan sedikit dibantu oleh suami untuk mengisi quitsioner. Awalnya suami menolak untuk membantu dengan alasan karena saya sendiri-lah yang paling mengerti kondisi saat ini. Hanya saja saya berpikiran sebaliknya, saya takut curang dalam menjawab pertanyaan karena saya terlalu suka menerka-nerka. Untuk saat ini, dari hasil tes bakat, kegiatan yang sekiranya bisa membuat saya produktif adalah menulis dan menjadi manajer keluarga, disamping membersamai Izza. Untuk kegiatan yang saya suka tapi belum ahli, memang harus upgrade kemampuan, tidak bisa sekaligus tapi tetap harus belajar agar tida stuck dalam satu titik. Termasuk dalam hal yang saya tudak suka maupun tidak bisa, mau tidak mau nantinya saya harus belajar menggambar dalam rangka membersamai Izza. Semangat belajar!

#NHW7_AyuCitraningtias_IIPKalimantan1 http://www.gendhiss.com/2017/07/tahapan-bunda-produktif.html

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^