Pikirkan Hal Berikut Sebelum Membeli Rumah

Pikirkan Hal Berikut Sebelum Membeli Rumah
sumber: https://www.btnproperti.co.id/
Pikirkan Hal Berikut Sebelum Membeli Rumah - Rumah merupakan kebutuhan keluarga yang harus anda penuhi. Rumah juga menjadi tempat pendidikan pertama bagi buah hati, sehingga rumah haruslah menjadi tempat paling nyaman yang bisa memberikan kebahagiaan dan keharmonisan dalam keluarga. Karena tujuan ini, untuk mendapatkan rumah terbaik harus memperhatikan banyak hal. Termasuk diantaranya harga rumah yang setiap tahun terus meningkat menjadi lebih mahal, sehingga bagi sebagian orang cukup sulit untuk mewujudkannya. Dalam membeli rumah idaman, anda tidak perlu terburu-buru agar tidak salah dalam memilihnya. Sebelum anda menemukan rumah dijual, berikut ini beberapa faktor yang harus dipikirkan sebelum membeli rumah idaman bagi keluarga:

1. Perhatikan lokasi rumah
Faktor terpenting dalam memilih rumah idaman adalah lokasi rumah yang sangat mudah diakses dari jalan raya dan ada kendaraan umum untuk mencapainya. Biasanya lokasi rumah yang strategis juga menentukan harganya. Semakin dekat letak rumah dengan stasiun atau jalan raya, maka harganya akan semakin tinggi. Namun hal ini akan sangat memudahkan anda dan mendukung mobilitas sehari-hari. Selain akses kendaraan, pemilihan lokasi rumah juga harus memperhatikan hal lain seperti potensi bencana alam, pastikan rumah anda aman dan tidak berisiko banjir saat musim hujan tiba.

2. Perhatikan reputasi pengembang dan spesifikasi rumah
Dalam membeli rumah, anda harus memastikan bahwa pengembang memiliki track record yang baik. Selain itu, spesifikasi rumah juga harus menjadi perhatian anda. Perhatikan dengan baik berbagai detail rumah anda, dengan demikian anda bisa memutuskan apakah harus dilakukan lagi renovasi atau tidak sesuai kondisi rumah.


3. Fasilitas sosial dan hiburan
Jika anda menemukan rumah dijual di kompleks perumahan, biasanya perumahan dilengkapi dengan fasilitas sosial seperti sekolah, rumah sakit, rumah ibadah, fasilitas hiburan seperti tempat bermain anak, kolam renang, sarana olahraga, tempat perbelanjaan, dan lain-lain.

4. Perbandingan harga
Untuk mendapatkan harga terbaik, anda harus melakukan perbandingan harga pada beberapa rumah. Pastikan pula harga yang anda dapatkan sudah termasuk HGB, IMB, pajak dan biaya lainnya. anda juga bisa memilih rumah siap huni (ready stock) atau inden. 

Itulah 4 langkah yang harus dipertimbangkan sebelum membeli rumah, semoga bermanfaat.

3 comments:

  1. Alhamdulillah belum pernah beli dg KPR. Usahakan dg sekuat tenaga beli dengan cash

    ReplyDelete
  2. lokasi, harga, dan latar belakang pengembang itu 3 hal paling penting kalau mau beli rumah. kalau harganya dikasih murh tapi dari pengembang yang tak terpercaya, itu mencurigakan itu..

    ReplyDelete
  3. memang harus diperhatikan banget ya mba hal diatas itu soalnya kan kalo beli rumah bisa ratusan juta kan? bukan uang kecil :)
    ya semoga saja bermanfaat bagi yang mau beli rumah ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^