Tips Menyembelih Hewan Kurban Dari IPB


Menyembelih hewan kurban adalah salah satu rutinitas yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Penyembelihan ini biasanya diadakan saat Idul Adha tiba. Umumnya hewan yang menjadi kurban adalah sapi, kambing dan kerbau. Agar sah secara syariat penyembelihan ini harus dilakukan secara benar. Beberapa waktu lalu sejumlah dosen dari IPB (Institut Pertanian Bogor) dari Fakultas Kedokteran Hewan memberikan penyuluhan tentang cara menyembelih hewan kurban yang benar. Bagaimanakah cara menyembelih hewan kurban sesuai penyuluhan tersebut?

Beberapa cara untuk menyembelih hewan kurban sesuai penyuluhan para dosen tersebut antara lain:
  • Sebaiknya hewan yang digunakan untuk berkurban sedang dalam keadaan sehat dan tidak terjangkit penyakit apapun. Terutama penyakit anthrax ataupun penyakit cacingan yang sering menjangkiti hewan kurban.
  • Hewan yang akan disembelih sedang tidak dalam keadaan stress. Karena jika hewan tersebut stress akan lama mati setelah disembelih.
  • Gunakan pisau atau alat sembelihan yang tajam sehingga hewan tidak merasa kesakitan pada saat disembelih. Selain itu pisau yang tajam juga membuat hewan kurban lebih cepat mati.
  • Pastikan proses penyembelihan mampu memutuskan aliran pernafasan, pencernaan dan urat nadi. Karena jika tidak terputus maka penyembelihan tersebut dianggap tidak sah.


Tak hanya itu saja para dosen Institut Pertanian Bogor juga menghimbau agar hewan kurban dipastikan sudah mati terlebih dahulu sebelum dilakukan pengulitan. Karena hewan yang dikuliti saat belum mati akan menyebabkan dagingnya menjadi tidak awet dan cepat busuk. Selain itu menguliti hewan yang belum benar-benar mati juga dilarang dan dianggap tidak sah. Tak hanya itu saja, sebaiknya darah hewan yang disembelih juga sudah keluar secara maksimal sehingga hewan kurban cepat mati.

Itulah beberapa tips menyembelih hewan kurban yang disampaikan oleh sejumlah dosen IPB (Institut Pertanian Bogor). Dengan adanya tips ini semoga hewan penyembelih hewan kurban bisa lebih mengerti tentang cara menyembelih yang benar. Karena jika hewan disembelih dengan benar tak hanya menjadikannya sah saja. Tetapi juga menjadikan hewan tersebut lebih sehat untuk dikonsumsi. Demikian informasi ini dan semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

3 comments:

  1. jadi acuan klo jadi jagal hewan kurban,
    biasanya banyak order :)

    ReplyDelete
  2. Menyembelih pun tidak boleh asal, ya? Wah ilmu baru

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^