Blogku Menghilang

Selasa lalu, saya sempat panik karena tiba-tiba saja blog saya menghilang. Jadi ceritanya, saya sedang membalas komen yang masuk pada beberapa postingan, dan secara tiba-tiba setelah loading selesai, blog saya tidak bisa ditemukan. Kira-kira seperti ini kalimat yang muncul setelah loading selesai:
Blog has been removed
Sorry, the blog at aiyuchee.blogspot.com has been removed. This address is not available for new blogs.

Did you expect to see your blog here? See: 'I can't find my blog on the Web, where is it?'
Lalu saya membaca keterangan dari link yang tercantum pada message yang tampil. Kemudian saya refresh browser saya, dan blog saya tetap tidak bisa ditemukan. Kalimat ini: Blog has been removed, membuat saya sedikit berpikir negatif. Apa iya ada orang iseng buat otak atik blog saya :(

Kemudian saya masuk pada halam gmail, dan ternyata secara otomatis gmail pun sign out. Lalu saya mencoba login kembali, dan si mbak google meminta untuk melakukan verifikasi dengan mencantumkan nomer ponsel. Hal semacam ini, verfikasi via nomer telepon, sudah sering diminta oleh google saat saya akan login namun saya selalu mengabaikannya. Dan akhirnya saya pun memberikan nomer ponsel saya sebagai verifikasi. Tak lama kemudian mbak google pun mengirimkan beberapa digit nomer verifikasi.

sms dari mbak google
Tanpa banyak kata, segera saya masukkan nomer verifikasi tersebut. Alhasil, saya bisa menembus gmail. Segera saya membuka blog saya. Dan Alhamdulillah, blog saya kembali ditemukan tanpa ada cacat sedikit pun. Fiyuuhhhh, lega. Gak jadi nangis 40 hari 40 malam deh, syukur Alhamdulillah pokoknya.

Ternyata verifikasi nomer ponsel itu cukup penting untuk google, selama ini saya hanya menggunakan secondary email yaitu yahoo sebagai verifikasi data google saya. Beruntung sekali blog saya menghilang hanya dalam waktu yang singkat karena google pun segera mengirimkan nomer verifikasinya. Kalau sebab musabab kenapa blog saya menghilang saya juga belum tau, masih belum sempat jadi detektif buat menyelidiki, hehe. Semoga hal semcam ini tidak terjadi lagi pada blog saya dan juga blogger lainnya. Atau ada yang pernah kehilangan blog dalam waktu singkat seperti saya atau mungkin lebih lama lagi, bisa dishare?

Pesan: Jangan lupa ikutan lomba cerpen dengan tema LDR, naskah lolos akan dibukukan secara indie oleh penerbit Pena Nusantara. Keterangan lebih lanjut, klik ini

37 comments:

  1. hehehe...
    iya mbak, kalau yahoo, nomornya bisa dilihat loh...

    aku memang mencantumkan nomerku di gmail. jadi semoga kalau ada masalah bisa diatasi. hehehe...

    Syukurlah ya mbak,blognya sudah kembali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah banget, Vey, blogku uda aman lagi

      Delete
  2. nah, yang ini biasanya bisa jadi kesalahan provider internetnya kak. itu providernya ngerror, jadinya kita onlinennya itu terdeteksi dari lokasi yang jauh gitu. jadi si gugel mendeteksi adanya keanehan ini, yang tadi ngeblog di surabaya misalnya, eh sekarang di jakarta.. makanya si gugel menonaktifkan sementara,. hehe.. itu yang saya pernah alami sih kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi aku ngenetnya diam di tempat ini gak pernah kemana-kemana. pindah lokasi aja gak pernah.

      Delete
  3. Kalo blog gw yg sampai ilang, bis ananggis bombay sampe guling2 hua10000x. Bismillah semoga semua aman terkendali :)

    ReplyDelete
  4. belum pernah sih yu... semoga enggak deh, tapi aku juga termasuk yang mengabaikan perintah kalau disuruh verifikasi nomer hp, ternyata ya,, ada gunanya juga hehe..

    alhamdulillah deh kalo gitu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, sekarang jadi ngerti gunanya nomer hape buat verifikasi data kita.

      Delete
  5. pernah, beberapa bulan yg lalu dan lgsg panik..
    tp ya itu lgsg ngikutin petunjuk, masukin no hp dst.. akhirnya kembali lg.. fiuh :D

    ReplyDelete
  6. setuju sm komennya mba nurul huda..
    waktu itu saya ngeblog di yogya (biasanya di bandung).. mungkin google-nya ngerasa ada keganjilan, jd gitu deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku seharian ngeblognya dari kantor mbak, di kos pun gak pernah buka blog lagi

      Delete
  7. Wah...kejadian yang serupa dengan saya. tapi bukan karena verivikasi. tapi krn memasang script ilegal (ga tau ilegalnya knapa). padahal cuma nambahin sparkling2 pada pointer. belakangan diketahui bahwa blogger memang memasang bot anti spam and ilegal script. Tapi syukur deh sekarang sudah balik lagi. setelah berkirim surat cinta ke blogger admin.

    Cerita saya tentang diblokir ada di sini :
    http://semutpelari.blogspot.com/2013/06/kena-banned-sehari-oleh-blogger-robot.html

    Sekedar berbagi pengalaman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh.. jadi harus hai2 nih ya kalo pasang skrip.. makasih atas sharingnya teman :)

      Delete
  8. syukurlah blognya gak kenapa-napa.
    Untuk nomor telepon untuk verifikasi di google memang sangat membantu tuh. beberapa kali saya hampir gagal login. untungnya dah simpan nomor telepon. lebih mudah dan cepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mas ryan..
      btw, aku susah komen di blognya mas ryan soalnya facebook dan twitter gak bisa dibuka dari kantor,, maapkeun..

      Delete
  9. heheh. .
    Sekaran gsudah gak panik lagi kan, Mba. . . :)

    Kadang memang seperti ke hack atau bisa juga karena koneksi tidak stabil ya. ..

    ReplyDelete
  10. syukurlah mbak blognya bs kembali lagi.. sayang juga kalau hilang udah banyak tulisannya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia bisa nangis 40 hari 40 malam kalo jadi ilang, :p

      Delete
  11. saya juga mengalami hal yang sama, waktunya hanya beberapa menit saja..., artikelnya ada di sini http://hariyantowijoyo.blogspot.com/2013/07/maaf-blog-telah-dihapus.html
    tapi semua bisa diatasi dengan baik..alhamdulillah,

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, saya juga uda baca pengalamannya :)

      Delete
  12. persiiiisss bgt deh sama blog-ku Yu. Waktu itu baru aja bikin resensi buku karya temenku. Biasanya memang aku seringnya posting di kantor pas jam istirahat. Nah saat itu aku postingnya malam pake laptop di rumah. Apa mungkin dicurigai ama mpok gugel ya hehehee...
    Pagi hari sebelum jam 6 masih ada 1 orang yg komen. Eh siangnya begitu kushare link-nya, pada bilang klo blogku gak ada, kehapus. Waduuuhh panik deh. Ya itu tadi, ternyata kena verifikasi, disinyalir melakukan aktivitas di luar kewajaran. Hadeeehh...bikin deg2an aja. Alhamdulillah enggak kenapa2 ternyata :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naahh,, itu mbak, sempek bingung saya dibilang melakukan tindakan diluar kewajaran.. padahal gak ngapa2in.. sensi bgt ini si mbak gugel :p

      Delete
  13. makanya jangan suka ngebantah sama simbah. Kalau simbah google sudah ngamuk, baru tahu rasa.

    ReplyDelete
  14. itu semacam standart keamanan rutin dari Google kok mbak... saya pernah menulis soal ini.. Intine jangan panik, selama blog kita masih di aljur kanan, insya Allah akan aman..

    salam kenal mbak

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah. ..aku juga pernah ngalamin itu... mirip..tapi sampe 2 hari..jadi sempat nangis

    ReplyDelete
  16. Kayaknya akhir2 ini saya sering melihat kasus yg sama terjadi di beberapa blog sahabat blogger nih..
    Tpi mudah-mudahan aja lah blog saya gak ikut kenapa2.. Hehehe.. :-D
    Soalnya masih kurang ngerti dengan kejadian ini..

    Salam kenal iyaa mbak dan selamat blog nya bisa kembali..

    ReplyDelete
  17. Wah, kenapa yah kok bisa-bisa ilang gitu? Tp untuk bisa kembali ya mbak

    ReplyDelete
  18. sy juga suka cuekiin klo dmnta verifikasi no hp >.<

    penting juga yah ternyataa --"

    ReplyDelete
  19. Aku sempat mampir ke sini pas tulisannya terhapus hehehe.
    Syukurlah gak kenapa2. Dulu punyaku juga kayak gitu, bisa masuk dasbor tapi blognya ilang
    Tujuh jam kemudian balik lagi :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^