Sendiri Bukan Berarti Mandiri

Ini adalah tahun kedua saya menjalankan Ramadhan di Cikarang, kota perantauan saya setelah lulus kuliah. Sama seperti tahun pertama, sepi. Sebelumnya, setiap bulan puasa pasti ramai dengan hiruk pikuk keluarga besar di rumah mbah, Lamongan. Dan sangat berbeda sekali dengan kesendirian yang melanda di kota rantau.

Rasanya, menu buka puasa tidak seistimewa dengan masakan di rumah. Saya tidak bisa ongkang-ongkang kaki menjelang maghrib, karena semua makanan nikmat sudah tersaji dari tangan ajaib nenek saya. Sekarang pilihannya cuma ada dua, masak sendiri atau buka puasa di kantor. Kalo sedang ingin makanan yang 4 sehat ya buka puasa di kantor, bisa dapet ta'jil yang lumayan. Tapi ya itu, pulangnya harus ngebut biar bisa ngejar waktu tarawih. Tapi, kalo sedang malas ya buka puasa di rumah (baca: kosan) dengan menu sederhana masakan saya. Sejauh ini, masakan paling heboh yang pernah saya buat menjelang buka puasa adalah cumi paprika asam manis. Tapi ya itu, sepi. Makan sendiri di dalam kamar atau di depan tivi. Gak ada yang namanya lehesan rame-rame di ruang tamu kayak pas di rumah.

Setiap sahur, sekarang saya harus bisa bangun sendiri dengan memasang dua alarm pada ponsel dan harus diulang berkali-kali. Beda kalo dirumah, pasti ada tangan kasar yang mencubit lengan saya dengan halus untuk membangunkan makan sahur. Sekarang tidak ada. Makanannya pun harus masak sendiri. Paling kalo pas buka masaknya agak banyak ya dipanasi lagi buat makan sahur. Senjata andalan saya buat makan sahur cuma satu, abon. Meni karunya pisan, euy. Makan sahurnya pun sambil setengah merem, sendirian juga. Hidup di kota orang ya begini, kadang satu sama lain pun tidak saling memperdulikan walaupun satu atap.

Bukan saya mengeluh dengan aktivitas masak untuk sahur dan buka puasa, saya seneng malah. Paling tidak, bisa menambah ketajaman lidah saya untuk beberapa resep percobaan saya. Paling tidak lagi, saya juga bisa mandiri dengan kehidupan seperti ini. Tapi, rasanya itu kok gak enak menjalankan ramadhan di rantau dengan pola seperti ini. Bukan saya kangen dengan ongkang-ongkang kaki menjelang maghrib atau nunggu dicubit pas makan sahur. Tapi saya rindu sebuah kebersamaan itu. Rindu duduk bersila dengan keluarga besar di rumah simbah. Ada mbah dan nenek, ibuk dan ayah, paklek, bulek, dan semua krucil-krucil yang ada di rumah. Saya rindu dengan obrolan-obrolan ringan tentang persiapan memasak menjelang malam takbiran. Saya rindu dengan curhatan-curhatan ringan sepanjang makan sahur. Atau gerutu ibukku kalo nenek membangunkan makan sahur jam 2 pagi. Dan lagi, krucil-krucil yang dengan semangat menyantap sahur, meski hanya puasa bedhug (puasa sampai dzuhur). Rindu, saya benar-benar rindu ramadhan yang seperti itu. Namun, meskipun saya melaluinya serba sendiri di kota ini, insyaallah tidak akan mengurangkan niat ibadah dan meraih berkah di bulan yang suci ini, dan tetap istiqomah meraih ridha-Nya, aamiin. Saya mau menjadi mandiri tapi saya tak mau menjalani ramadhan sendiri.


Tulisan ini diikutsertakan untuk GA dalam rangka Ramadhan Giveaway dipersembahkan oleh Zaira Al ameera, Thamrin City blok E7 No. 23 Jakarta Pusat

17 comments:

  1. gak ada temen kos yang menemani po mbak ayu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu, kadang serumah aja bisa saling gak peduli..

      Delete
  2. dinikamatin aja yah ka, semua adaa waktunya :D
    aku belum prnah s ngerasaain bulan puasa jauh dari Ibu,hhe

    tetep semangaaat yah ka :))

    ReplyDelete
  3. ramadan sendirian memang gak enak. yakin saja bahwa Allah bersama kita.

    ReplyDelete
  4. Sahur dan berbuka sdi rumah itu memang ngangeni ya Mbk.

    Dimanapun kita pasti teringat dengan rumah.

    Sama seperti saya, yang gak pernah betah ketika di rantau.

    ReplyDelete
  5. Memang ya yang paling seru itu tinggal dekat dengan keluarga. Ramadhan di perantauan suka kangen acara buka puasa bareng sama keluarga, saudara, dan teman-teman di kampung halaman.

    ReplyDelete
  6. Mungkin suatu saat nanti akan ada kebersamaan lagi. Kayaknya bener tuh kata mbak Rani, dinikmatin aja ka. hehehe. Kan juga bisa nambah pengalaman lidah buat masakan sndiri mbak. hehehe

    ReplyDelete
  7. cumi paprika asam manis, pengen dunk nyobain yang ini dari kata2 sepertinya enak mba, hahahhahahahahha

    ReplyDelete
  8. bulan puasa memang yang selalu diingat keakraban bersama keluarga ya. tapi nggak apa-apa walaupun jauh diperantauan, kerjaan Mbak, insyaallah akan menjadi ibadah untuk kehidupan Mbak. terimna kasih atas partisipasinya ya

    ReplyDelete
  9. Semangat Ayu, justru mesti bersyukur tuh diberi kesempatan untuk mandiri. Kalau tak mau menjalani Ramadhan sendiri, hayuk segera hunting teman Ramadhan *kedip2

    ReplyDelete
  10. semoga tetap istiqomah y walau sendiri

    ReplyDelete
  11. Sabar ya, Mbak. Tetap semangat :)

    Jadi inget waktu ngekos pas kuliah dulu. Pas sahur dan berbuka suka bareng2 sama anak2 kost. Saat sahur saling teriak dan gedor pintu buat ngebangunin. Keluar kost rame2 dgn berjaket tebal berburu makanan di warung, lalu makan sama2. Tapi kalo buka puasa jadi sepi, karna banyak yg buka puasa di luar dengan pasangan masing2, haha

    Semoga sukses untuk GA-nya ^_^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^