Tujuh Tips Membeli Rumah Terjangkau di Jakarta

Tujuh Tips Membeli Rumah Terjangkau di JakartaJakarta, sebagai ibukota Indonesia memiliki janji kehidupan yang baik. Sebagai pusat perdagangan dan perniagaan, banyak peluang menanti penduduk setempat dan orang asing untuk berbondong-bondong ke kota yang indah ini. Dengan hampir sepuluh juta orang tinggal di kota yang progresif ini, mencari sebuah rumah yang terjangkau mungkin bukan suatu usaha yang mudah.

Menurut Financial Times, diperkirakan bahwa membeli rumah baru akan menghabiskan pendapatan rata-rata 12 tahun gaji. Ini bukan hal mudah bagi seorang individu biasa. Agar terhindar dari menghabiskan terlalu banyak uang, semakin banyak orang yang bekerja di Jakarta membeli rumah di luar kota karena jauh lebih murah. Meskipun ini berarti waktu perjalanan pergi ke dan dari tempat kerja menjadi lebih lama, ini jauh lebih baik daripada menghabiskan banyak uang untuk rumah baru. Jika Anda berencana untuk beli rumah di Indonesia, berikut adalah beberapa tips membeli rumah yang terjangkau di negara ini:

1. Ketahui Peraturan
Sebelum Anda menjelajahi dunia jual beli rumah, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh pemerintah. Anda harus menyadari bahwa pajak transfer yang setara dengan lima persen dari nilai properti dikenakan baik pada penjual maupun pembeli. Hal ini menyebabkan harga properti yang sebenarnya tidak dilaporkan secara lengkap. Selain dari pajak transfer, pembeli juga diminta untuk membayar satu persen penjualan dan pembelian akta tanah, biaya hukum 0,5-1,5 persen dan biaya pendaftaran sebesar 0,2 persen. Setelah mengetahui biaya wajib, Anda mungkin perlu mempertimbangkan hal-hal ini pada anggaran Anda.


Tujuh Tips Membeli Rumah Terjangkau di Jakarta
sumber gambar
2. Perluas Pilihan Anda
Terlepas dari jadwal sibuk, Anda perlu menemukan waktu untuk memperluas pilihan Anda. Jangan membatasi pilihan Anda pada lingkungan tertentu. Teruslah melihat-lihat di sekitarnya. Memiliki pilihan yang lebih sedikit akan memberikan penjual kesempatan untuk meningkatkan harga. Dengan memperluas cakrawala, Anda dapat menghemat sejumlah besar uang.

Baca Juga: Teknik Menjual Rumah dengan Cepat

3. Mencari Rumah Sitaan
Rumah sitaan jauh lebih murah dibandingkan dengan real estate dijual lainnya. Karena pemilik rumah ingin menjual properti sebelum bank turun tangan dengan menawarkannya di pelelangan, harga yang ditawarkan jauh lebih murah. Sisi negatifnya, Anda perlu berhati-hati terhadap cacat tersembunyi dan aspek hukum membeli properti yang diambil alih. Pemilik saat ini mungkin memiliki hak untuk merebut kembali properti setelah semua hutang telah lunas. Jadi, sangat penting untuk mencari opini hukum mengenai hal ini.

4. Gunakan Kekuatan Sosial Media
Ini mungkin mengejutkan, tetapi jaringan sosial dapat menjadi platform yang sempurna bagi Anda untuk mencapai kesepakatan yang baik. Menurut How Stuff Works, media sosial adalah spektrum yang sangat baik bagi Anda untuk memberitahu semua orang tentang rencana Anda mencari rumah. Jaringan kontak akan melakukan sihir. Teman Anda mungkin menyampaikan informasi ke tetangga, rekan kerja atau teman yang lain hingga mencapai seseorang yang menjual rumah murah.

5. Jangan Menilai Rumah dari Apa yang Terlihat
Beberapa pemilik rumah tidak memiliki kemewahan waktu merenovasi properti sebelum jual rumah murah di situs seperti RumahDijual. Untuk menjual properti lebih cepat, mereka mematok harga rendah. Walaupun rumah tidak sesempurna mungkin Anda inginkan, ada kesempatan besar bagi Anda untuk merombak rumah menjadi sesuatu yang Anda sukai. Tidak hanya dapat membeli properti dengan biaya lebih rendah, tetapi Anda juga bisa mengubahnya menjadi sesuatu yang Anda cintai.

6. Carilah Teman untuk Tinggal Bersama
Tips ini hanya berlaku untuk individu tunggal. Anda dapat menemukan teman yang bisa dipercaya dengan siapa Anda dapat berbagi rumah atau apartemen. Carilah teman atau rekan kerja yang mencari tempat yang sama seperti Anda. Berbagi rumah dapat menurunkan rasa privasi, tetapi yang lebih penting, ini akan memotong biaya properti sebesar 50 persen. Pastikan Anda menyatakan syarat-syarat dengan teman rumah baru Anda mengenai kepemilikan dan pembagian pembayaran bulanan.


7. Gunakan Keterampilan Tawar-Menawar Anda
Aktifkan poker face Anda. Jadilah ahli dalam proses negosiasi. Jika Anda berbicara dengan pemilik, cobalah untuk menahan emosi dan tidak pernah menunjukkan tanda-tanda bahwa Anda menyukai properti meskipun Anda menyukainya. Bernegosiasi dalam posisi yang kuat dan sikap ofensif. Ketika menawar, Anda harus yakin kapan saat menggertak atau kapan harus menyerah. Tawar-menawar adalah keterampilan yang dapat menghemat banyak uang.

Itulah tujuh tips membeli rumah dengan harga terjangkau di Indonesia khususnya di Jakarta yang semakin hari semakin padat manusia dan propertinya. Hal penting yang harus diingat bahwa rumah adalah investasi jangka panjang sehingga harus dipikirkan dengan matang sebelum memilih salah satu dari pilihan yang tersedia. Apapun alasan Anda untuk membeli rumah atau properti baru, pastikan bahwa Anda mendapatkan nilai terbaik untuk uang Anda. Kualitas properti tidak sebanding dengan harga yang tinggi sepanjang waktu. Terserah Anda untuk mencari itu jika Anda tidak ingin mengeluarkan dana ekstra.

5 comments:

  1. Jakarta rumahnya pada mahal2 mbak. Terima kasih ya mbak tipsnya semoga bermanfaat dan berguna ...

    ReplyDelete
  2. Aduh, aku nggak berani kalau beli rumah sitaan, mba. Haris hati2 banget. Kalau aku dapat info rumah selain dari website juga dari koran, mba Ayu. Makasih tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga sih, mba, tp temen2ku pada berani ambil barang sitaan kayak mobil, motor, hape gitu

      Delete
  3. Kalau butuh jasa tukang instalasi listrik dan instalasi pipa air bersih untuk rumah baru anda, pakai aja aplikasi Klik Tukang buat cari jasa tukang langsung dari smartphone. Cek http://kliktukang.com untuk info lebih lanjutnya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^