Hairi Yanti, Menulis Dari Hati

Hairi Yanti, Menulis Dari Hati
Salah satu cerpen yang dimuat di majalah, sumber: https://www.facebook.com/hairi.yanti
Arisan Link Blogger Perempuan telah dimulai dengan pemenang arisan pertama adalah Mba Hairi Yanti atau yang sering disapa Mba Yanti. Jujur saja, saya belum tahu siapa beliau karena kami hanya beberapa kali bertegur sapa melalui grup chatting yang juga baru saja dibentuk. Dan, satu hal yang membuat saya penasaran hingga seharian ini menelurusi blog Mba Yanti karena beliau adalah seorang penulis cerpen anak yang karyanya sudah ada di beberapa media cetak. Eh, setelah ditelurusi ternyata saya dan mba Yanti berdomilisi dalam satu pulau yang sama, Borneo, meskipun dipisahkan ratusan kilometer jarak antara Kalimantan Tengah dan Timur. Semoga suatu saat bisa berjumpa, ya, Mba.

Jika teman-teman suka dengan dunia tulis menulis, terlebih lagi fiksi untuk anak, maka saya sarankan untuk mengunjungi blog pribadi Mba Yanti di www.hairiyanti.com karena dijamin betah berlama-lama membaca blog beliau. Dari segi tampilan blog saja sudah sangat manis seperti saya, hehe, dengan diksi tagline blog yang luar biasa yaitu Sepinggan Kata, Selaksa Rasa, 4 kata yang penuh makna, bukan? Maklum lah penulis, setiap kata pasti punya makna tersendiri yang kadang membuat pembaca harus berpikir keras menerjemahkan makna tersebut. Jika menelisik lebih dalam lagi tentang blog Mba Hairi Yanti, isinya tidak akan pernah jauh dari dunia kepenulisan seperti cerpen, fiksimini, short story, resensi dan review buku dan novel, serta karya-karya lainnya yang telah dimuat di majalah-majalah terkenal seperti Bobo, Gadis, Kompas Anak, Tribun Jakarta, Pikiran Rakyat, dan Tribun Kaltim. Saya pun langsung “Wow!” saat melihat koleksi tulisan yang telah muncul di berbagai media tersebut. Duh, langsung minder dong saya yang jadi penulis fiksi gagal ini, karena jujur saja, menurut saya menulis fiksi itu butuh daya imajinasi yang cukup tinggi belum lagi harus riset ini itu agar tidak menciptakan fiksi ‘bodong’. Apalagi fiksi untuk anak yang merupakan tantangan tersulit bagi saya, jujur nih, saya sendiri lebih mudah membuat fiksi desawa daripada anak-anak, salut deh buat Mba Yanti yang bisa membuat cerpen anak dan menembus majalah besar.

Kalau bisa dibilang memang passion Mba Yanti sudah terpilih pada dunia kepenulisan, buktinya beliau sendiri mengakui bahwa cinta menulis, berikut kutipannya:
“Aku ingin menulis karena aku suka. Karena aku cinta. Sembari terus belajar memberi warna pada tulisanku. Memberi manfaat. Bukan untuk siapa, tapi untuk diriku sendiri. Karena aku suka.”

Karena mengerjakan apa yang kita cintai dan mencintai apa yang kita kerjakan adalah hal yang kadang pada saat ini menjadi alasan nomor sekian yang cenderung dianak-tirikan. Mba Yanti bisa bertahan dari tahun 2012 hingga sekarang dan cenderung lebih berkembang dengan karya-karyanya. Dan yang saya sukai adalah beliau mau menuliskan tips-tips menulis dalam blog pribadinya, bahagia dong, ibaratnya kan pembaca dapat kursus gratis, hehe. Terus postingtips-tips menulis cerpennya, ya, Mba, banyak orang haus ilmu seperti saya ini.

Baca Juga : [BlogReview] Story Form Mama Arkananta

Oh, iya, dalam blog pribadi Mba Hairi Yanti juga mengulas tentang catatan perjalanan, lho, saya suka tulisan tentang Umrah-nya. Sedikit saran untuk Mba Yanti saat membuat tulisan tentang travelling atau perjalanan untuk ditambahkan foto dan jangan ukuran yang kecil-kecil agar terlihat lebih menarik. Apalagi Mba Yanti suka mengulas tentang Kalimantan, mari tunjukkan pada dunia kalau Kalimantan itu indah melalui postingamu, Mba, hehe. Nah, mungkin itu saja, bedah blog Hairi Yanti dari saya, semoga ulasan ini bisa membangkitkan semangat menulis bagi siapapun yang membacanya pun saya juga tertular ilmunya. Untuk Mba Yanti semoga tetap cinta dengan menulis dan melebarkan sayap untuk memiliki buku solo pertamanya. Salam kenal ya, Mba, salam hangat dari Sampit.

40 comments:

  1. Terima kasih, Mbak Ayu...
    Iyaa... Kita satu daratan ya tapi terpisah ratusan kilometer. Saya baru pernah ke Palangkaraya, belum pernah ke Sampit. Dulu ada sepupu yg tinggal di Sampit. Sekarang sudah pindah :-)

    Sarannya diterima ya, Mbak ;-) terima kasiiih :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mba Yanti, salam kenal ya, semoga nanti bisa berjumpa :)

      Delete
  2. mba Hairi Yanti...udah punya branding..nah blogku masih gado-gado banget.... ga ada spesifik bidang apa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tosss mba Nova, blogku juga masih gado-gado heheh

      Delete
    2. Sama. Saya juga suka gado-gado. Hihiii...

      Delete
  3. Wah jadi pingin tau kalimantan dg lebih lengkap lagi setelah tau mb yanti ini suka ngulas jalan2

    ReplyDelete
  4. Wow! sangat luar biasa, menginspirasi serta manambah wawasan dan semangat untuk menggali potensi diri khususnya untuk blogger pemula seperti saya ini... hehe. makasih banyak ulasanannya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba, yukk kita semangat ngeblognya

      Delete
  5. meluncur ke tkp mba... trims reviewnya

    ReplyDelete
  6. Sebagai pembaca masukannya aku catat. Pelajaran buat pemula seperti saya. Wajib nih di terapkan, harus selalu menulis dari hati.

    ReplyDelete
  7. eh sama2 tinggal di Kalimantan kah? Mudah2an suatu saat bisa saling ketemu ya ^_^

    ReplyDelete
  8. TUlisan2 Hairi Yanti suka. Beliau sangat produktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mba Lusi, ngiri deh jadinya hehe

      Delete
  9. Aaaah keren sekali mbak Hairi ini, jadi termotivasi buat belajar banyak bikin cerita yang seru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya aja jadi pengen nulis fiksi lagi mbaa,, keren kan bisa masuk majalah besar

      Delete
  10. Kereenn. Pengen bisa nulis cerita anak juga, tapi belum bisa-bisa. Pasti macet di tengah jalan. :')))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Mamii Ubii,, kan mom ubi uda bikin bukuuuu :)

      Delete
  11. Saya dan mba Yanti pernah sama2 di grup Penulis Tangguh, beliau benar2 jadi penulis tangguh setelah itu berbeda dengan saya yg tetap berjalan ditempat. Anggkat jempol buat mba Hairi Yanti yg terus melesat sebagai penulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren ya mbah semangatnya, patut ditiru, saya juga mandeg ditempat

      Delete
  12. Saya kenal Mbak Yanti sejak jaan dari Blogger MP, alhamdulillah akhirnya saya berjodoh sama org Kalimantan. Pas mudik ke kampung halaman sempet kopdaran sama Mbak Yanti. Meski tulisannya udah banyak diterbitkan di media, tapi tetep rendah hati. Moga sukses terus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senengnya bisa kopdaran mbak, semoga saya juga bisa ketemu mba Yanti

      Delete
  13. Mbak Hairi Yanti luar biasa banget. Karyanya banyak di media. :D

    ReplyDelete
  14. Saya juga barusan dari sana mbak, ...eh saya juga ikutan arisan link, masuk kel V ...

    ReplyDelete
  15. baca ini memotivasi ngeblog.
    mudah2an bisa konsisten nulis seperti kalian..
    :D

    ReplyDelete
  16. kalau saya suka nulis di blog otomotif mbahkkkk
    jadi ndak pake hati tapi pake tangan kwkwkkw
    #pisss

    ReplyDelete
  17. Wih keren banget, sudah sampe ke media cetak segala. Nulis cerpen anak ternyata ngga segampang yg dibayangkan loh, :)

    ReplyDelete
  18. Terus kalo kocokan selanjutnya yang keluar namaku... Apa yang mau diulaaaaasss.. Blog ra pati nggenah ngono. T.T


    Yang keluar pertama kali aja wes bikin minder 😐

    ReplyDelete
  19. Mbak Hairi Yanti itu bener-bener termasuk yang andal untuk menulis cerita anak, ya

    ReplyDelete
  20. Kalimantan emang keren.... jadi pengen kesana. tapi belum kesampekan. masih kumpul2in uang bat kesana.hehehe
    Makasih atas ulasannya...siiippppp....

    ReplyDelete
  21. Mbak Hairi Yanti jadi sosok yang konsisten sama passionnya ya, salut buat Mbak Hairi. Semoga saya juga bisa seperti beliau.

    ReplyDelete
  22. salam kenal mbak ayu...

    deg-degan juga pas mulai kocokkan ya... aku malah berdo'a semoga aku dapet di akhir-akhir... hihi. berharap bisa memperbaiki blog dulu... hohohoho. blog ku masih sepi euy... *mringis

    aku juga baru kenal mbk hairi setahunan ini... hehe

    ReplyDelete
  23. Keren ya... Saya kayany tau beliau sejak bareng di mff atau baw ya, lupa hihihi...

    ReplyDelete
  24. Huwaaa cerpen anak ya ^^ duh kepengen banget bisa nulis buku anak-anak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^