Pencegahan Diare dan Pengenalan Gejalanya

Pencegahan Diare dan Pengenalan Gejalanya
sumber: http://rsudsoediran.com/diare-pada-anak/
Pencegahan Diare dan Pengenalan GejalanyaSetiap orang pasti pernah mengalami masalah kesehatan yang bernama diare, penyakit yang ditandai dengan fesses cair dan intensitas buang air besar yang cukup tinggi ini memang pernah dialami oleh setiap orang, bahkan bayi yang paling sering, tak bisa dikatakan penyakit sederhana mengingat banyak juga yang harus meregang nyawa hanya karena masalah yang satu ini. Untuk itulah perlu mendapatkan penanganan yang tepat. Dari pada penanganan, alangkah baiknya terapkan pencegahan diare agar tak ada yang terjangkit.

Pencegahan penyakit diare dapat dimulai dari budaya bersih dan menghindari penyebabnya. Namun memang tak memungkiri bahwa sebaik apapun kamu melakukan pencegahan masih ada potensi untuk terkena penyakit yang satu ini. Jika sudah demikian, pengobatan adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Sebelumnya Anda juga harus mengenali gejala awal diare agar bisa melakukan tindak pengobatan yang tepat, diantara gejalanya adalah:
  1. Mengalami sakit perut yang hebat, berbeda dengan sakit perut pada saat kamu hendak buang air besar, rasa yang ditimbulkan oleh diare jauh lebih sakit.
  2. Disertai dengan mual dan muntah, sebenarnya melihat dari penyebab diare itu sendiri, diare yang disebabkan oleh makanan yang pedas umumnya hanya membuat penderita sering buang air besar, namun tidak dengan infeksi beberapa jenis kuman. Penderita akan merasakan mual bahkan muntah secara terus menerus, agar tidak kekurangan cairan juga sangat dianjurkan konsumsi lebih banyak air.
  3. Demam tinggi, bagi bayi yang mengalami diare kenaikan suhu tubuh ini bisa menjadi saat-saat kritisnya sehingga harus segera dibawa ke dokter untuk dapatkan penanganan yang lebih serius.
  4. Tinja yang keluar biasanya juga disertai dengan darah, gejala yang satu ini sudah menunjukkan masalah yang serius, infeksi kuman sudah mulai merusak usus Anda.

Agar tak semakin parah alangkah baiknya membawa ke dokter untuk dilakukan penanganan yang lebih serius, tak bisa dikatakan sepele karena kebanyakan bayi juga meninggal karena penyakit ini, justru itu selalu berdayakan pencegahan diare, salah satu cara paling mudahnya adalah mencuci tangan menggunakan sabun Lifebuoy yang telah terbukti ampuh membunuh kuman-kuman yang menempel di tangan.

1 comment:

  1. ini nih, kemarin ane kena ini, sembuhnya dikasih antibiotik sama dokter

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^