[BlogReview] Story From Mama Arkananta

Story From Me, Mama Arkananta. Pasti sudah pada tahu pemilik nama blog tersebut yang tidak lain adalah salah satu dari Mbak Mimim BeraniCeritadotCom alias Miss Rochma. Ya, kali ini saya akan mereview blog Miss Rochma dalam rangka mengikuti Kontes Unggulan Blog Review: Saling berhadapan yang diadakan oleh Pakdhe Cholik. Setelah pencarian pasangan yang saya pasang di Facebook Warung Blogger akhirnya Miss Rochma menjawab pinangan saya. Dan berikut review saya terhadap blog yang beralamat di http://mamaarkananta.blogspot.com/ dengan mengangkat 3 hal yaitu design, konten, dan trafik blog.

DESIGN BLOG
1. Background dan Body
Kesan pertama saat berkunjung ke blog Miss Rochma adalah rame. Hal ini mungkin karena pandangan mata langsung tertuju pada background dengan gambar yang cukup rame. Kalau soal design itu memang soal selera sih jadinya ya kesan rame itu opini pribadi saya. Tapi, menurut saya jika ingin tetap menggunakan gambar yang rame sebaiknya opacity dari gambar tersebut dikurangi agar gambar tidak terlalu mencolok dan tampilan blog bisa menjadi lebih manis.

background dan body
Sebenarnya background tersebut tidak terlalu mengganggu karena didukung dengan warna body blog yang putih terang. Untuk komposisi warna pun terlihat manis, tidak ada ketimpangan warna, jadi saya suka. Sehingga pengunjung blog pun tetap bisa menikmati tulisan Miss Rochma tanpa ada kesulitan membaca. Hanya saja ini soal keindahan blog itu sendiri, jadi kita bisa menciptakan kenyaman pengunjung agar betah berlama-lama untuk membaca isi dari blog kita.

2. Header
Saya suka dengan header yang klasik seperti header blognya Miss Rochma. Tak banyak ornamen dan bersih, sehingga saya bisa membaca dengan jelas judul blog tersebut. Hanya saja ukuran font untuk deskripsi blog terlalu kecil, secara kasat mata saya tidak mampu membacanya. jadi saya harus kopi-paste tulisan tersebut ke media tulis lain baru saya bisa membacanya.

header
Dari skrinsut yang saya ambil terlihat jelas kan seberapa kecil ukuran font untuk deskripsi blog. Hal ini menjadi tidak seimbang sehingga kurang sedap dipandang.

3. Font dan Aligment
Entah jenis font apa yang digunakan dalam blog ini, tapi saya suka. Alasannya adalah font tersebut mudah untuk dibaca. Mulai dari font pada judul blog, gadget, dan page blog semuanya bisa terbaca dengan jelas. Karena menurut saya pemilihan jenis font itu sangat penting dalam penulisan blog, hal ini sangat berperan penting agar pengunjung bisa membaca dengan jelas tulisan kita tanpa ada kesulitan pada jenis font.

aligment pada tulisan Tentang Boneka Salju
Nah, yang terlihat tidak indah adalah aligment pada postingan, karena Miss Rochma menggunakan rata kiri sehingga terlihat tidak seimbang. Menurut saya, lebih baik dan akan lebih indah dipandang jika postingan menggunakan rata kiri kanan atau justify.

4. Komposisi Gadget
Saya suka dengan komposisi blog dengan 2 kolom dan sidebar berada di selebah kanan, namun tetap harus ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain:
  • Posisi gadget atau banner. Beberapa dari banner dan gadget yang dipasang dalam blog ini ada yang posisi center ada pula yang rata kiri. Nah, hal ini sebaiknya diseragamkan agar lebih indah. 

     

  • Label. Display yang digunakan dalam blog ini adalah bentuk list sehingga memanjang kebawah. Untuk menghemat tempat sebaiknya menggunakan pengaturan display yang clouds sehingga lebih rapi.
  • About Me atau Profil. Tata letak dalam blog ini berada di layout bawah, yang seharusnya berada di atas sidebar. Karena profil kita-lah yang menajdi tanda pengenal siapa diri kita, sehingga lebih baik berada diatas daripada dibawah.
  • Atribution. Saya sedikit terganggu dengan letak atribution yang berada tepat dibawah postingan, sedangkan masih ada gadget lain dibawahnya yaitu traffic blog dan label. Menueurt saya lebih baik atribution diletakkan di bagian blog paling bawah. Atau lebih baik lagi dihilangkan saja, karena pada bagina footer bloh ini sudah ada 2 atribution blog bawaan template.
atribution
Nah, demikian ulasan saya mengenai design yang digunakan dalam blog Mama Arkananta. Selain yang telah saya sebutkan diatas, saya suka dengan tampilan blog yang bersih seperti ini dan komposisinya pas menurut saya.

KONTEN BLOG
Listening and observing. And then writing here to remember. Dari deskripsi blog tersebut, secara garis besar kita semua pasti sudah bisa menangkap isi dari blog Miss Rochma yaitu tulisan-tulisan yang berisi tentang pengalaman. Saya mengkategorikan blog ini sebagai personal blog setelah melihat secara keseluruhan isi tulisan blog ini. Dan berikut beberapa ulasan yang akan saya berikan terhadap konten blog.

1. Intensitas.
Blog ini mulai diisi pada bulan Mei 2012 dan intensitas menulis masih terlihat kurang. Dapat dilihat pada tahun 2012 setiap bulannya hanya ada beberapa tulisan, bahkan untuk bulan Nopember 2012 tidak ada update postingan. Tapi pada tahun 2013 saya lihat intensitas menulis lebih banyak daripada tahun sebelumnya. Saya dapat memakluminya karena Miss Rochma adalah seorang guru dan ibu yang tentunya tidak setiap hari bisa bercengkrama dengan blog. Semangat nulis ya Miss... :)

2. Label.
Saya telah menyebutkan bahwa saya mengkategorikan blog ini sebagai personal blog, jadi isinya pun tak jauh dari pengalaman pribadi dan hobi. Sebagai personal blog saya rasa sangat lengkap untuk ukuran seorang guru BK dan istri sekaligus ibu. Dapat dilihat dari label terdapat beberapa kategori yang ditulis oleh Miss Rochma yang sebagaian besar adalah tentang hobi menulis, pengalaman menjadi guru sekaligus ibu untuk Baby Arya. Tentunya ada untuk ngontes juga kan ya, hehe. Ah, semua blogger juga suka ngontes :D

  • Fiksi. Siapa sih yang mau meragukan tulisan fiksi dari Miss Rochma, tulisan-tulisan yang cetar badai dan selalu membuat melongo seketika. Tak heran jika rangking pertama tulisan terbanyak berhasil direbut oleh labell fiksi dengan jumlah postingan 26 buah (saat tulisan ini dibuat) mengalahkan label lainnya. Sebagian besar memang dalam bentuk flashfiction dengan twist yang ajiiibbb. Salah satu fiksi yang menarik perhatian saya dan membuat saya melongo seketika adalah fiksi dengan judul G-String  Merah. Hal ini berarti Miss Rochma tidak main-main dalam memberikan konten blog berupa fiksi, dengan tulisan yang diramu secara apik pasti membuat pengunjung akan sering berdatangan untuk memanti fiksi-fiksi selanjutnya. Dan menurut saya fiksi-lah yang menjadi satu kunci daya tarik pengunjung di blog ini. Keren!
  • Super Mom. Sebagai seorang istri dan ibu dapat dipastikan konten blog ini tak akan jauh dari kehidupan rumah tangga, dan itu memang benar. Terdapat beberapa tulisan yang menggambarkan aktifitas Miss Rochma dalam peran tersebut. Konten semacam ini sedang menjadi daya tarik tersendiri bagi ibu-ibu blogger yang membutuhkan semacam motivasi dan bimbingan. Seperti halnya tulisan yang sangat saya suka yaitu Membantu Urusan Administratif Suami? Why Not dan Cobalah Berempati pada rasa Capek Seorang Ibu yang sedikit banyak mengajarkan saya dan memberikan bekal masa depan bagi saya. Ibu-ibu blogger sekarang memang sedang sangat populer, jadi jika dalam blog ini berisi tentang parenting dan tetek bengeknya pasti akan sangat bermanfaat.
  • Tentang Hidup. Sebagai seorang guru Bimbingan Konseling, pasti tidak jauh dengan postingan yang penuh dengan motivasi. Nah, dalam blog ini pun tersaji dengan baik. Dan konten ini pun bermanfaat untuk siapa saja, tidak hanya untuk seorang siswa namun juga untuk ibu-ibu atau bapak-bapak yang mengunjungi blog ini. Postingan terfavorit saya adalah tentang Mari Menyelesaikan Tanggung Jawab Sebelum Kita Meninggal yang benar-benar telah mengingatkan saya untuk tidak menyia-nyiakan hidup. sungguh sangat bermanfaat.
Konten adalah kunci utama untuk kelangsungan blog. Tulisan-tulisan yang terjadi didalamnya yang akan menarik pengunjung dan membuat blog itu sendiri menjadi lebih hidup dan bermanfaat. Nah, ketiga konten tersebutlah yang menurut saya menjadi kunci utama bagi blog Miss Rochma. Saya berharap, Mis Rochma lebih rajin untuk mengupdate postingan. Mungkin pas lagi ngasuh Baby Arya gitu sambil ngeblog, hehehe.

TRAFFIC BLOG
Walaupun blog ini baru berusia satu tahun, tapi jumlah pengunjung sudah cukup banyak. Follower yang banyak juga menunjukkan bahwa blog Miss Rochma disukai oleh para blogger lainnya. Dan berikut beberapa analisa tentang blognya Miss Rochma dari segi trafiknya.

1. Google Pagerank
Saya iri karena blog Miss Rochma sudah diberikan PR 1 oleh mbak google walaupun baru berusia satu tahun, sedangkan blog saya belum :( Hal ini menunjukkan bahwa blog ini sudah cukup diakui oleh search engine terbesar di jagad perbloggeran.

google pagerank
2. Google Search Engine
Dan, saat saya menuliskan judul blog Miss Rochma di halaman mbak google ternyata blognya bertengger nomer satu serta banyak sekali artikel yang menujukkan blog ini dalam pencarian oleh mesin google. Mungkin karena nama yang unik dan kualitas SEO yang cukup bagus. Saya sih tidak menegrti masalah SEO, tapi menurut saya kualitas dari blog ini sudah cukup bagus.

pencarian oleh google
Dapat dilihat pula jumlah pengunjung pada widget yang telah dipasang dalam blog ini, untuk ukuran blog yang baru berumur muda jumlah pengunjung sudah lumayan banyak. Itu berarti blog ini disukai banyak orang seperti dapat dilihat pula pada jumlah komentar pada setiap postingan yang telah dibuat Miss Rochma.

3. Alexa Traffic Rank
alexa traffic rank
Alexa traffic rank yang sudah menembus angka satu juta yang menandakan bahwa blog ini selalu ramai oleh pengunjung. Ah, saya iri dengan blog muda ini yang sudah begitu banyak sekali pengunjung. Namun, saya masih belum bisa mendapatkan data loading time untuk blog ini, tapi menurut saya sih sudah cukup cepat untuk ukuran blog yang lumayan ramai. Kepada teman-teman dengan senang hati saya mempersilahkan untuk tidak ragu berkunjung ke blognya Miss Rochma yang cantik ini, tinggal klik alamat blog beliau yaitu: http://mamaarkananta.blogspot.com/

Nah, itulah tiga aspek yang saya ulas untuk blog yang bertajuk Story From Me, Mama Arkananta. Secara keseluruhan saya suka dengan blog Miss Rochma. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk empunya blog dan pembaca blog saya. Semoga suatu saat nanti saya bisa bertemu dengan tandem kontes yang baik hati ini, saya mau privat nulis fiksi dan cara mengoptimasi blog, hehe. Buat Miss Rochma, tetep semangat ngeblog ya, saya suka dengan gaya tulisannya yang mengalir tapi mengena dengan baik. Tulisan-tulisan parenting dan motivasinya sangat bermanfaat buat saya. Kecup hangat :D

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan.

16 comments:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan

    Segera didaftar sebegai peserta

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Pakdhe..
      salam manis dari Cikarang :)

      Delete
  2. Sukses buat ngontesnya ya, Mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Novia, hayukk ikutan juga biar rame :)

      Delete
  3. waaaaah review blognya keren, sainganku tulisane hebat-hebat :))

    Sukses untuk kontesnya mari berjuang #loh :D

    ReplyDelete
  4. waa lengkap, mantep reviewnya..
    sukses yah ngontesnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Lia.. ayoo ikutan juga, Mbak :D

      Delete
  5. Sangat lengkap, dan sangat menarik.

    Semoga menang ya mbk.

    Sukses sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. makasih ya Jaswan..
      Ayo keluarkan tulisanmu :)

      Delete
  6. Keren banget reviewnya...
    semoga berjaya di kontesnya Pakdhe

    ReplyDelete
  7. ayu, makasih ya dah di review.
    mungkin perlu beberapa konfirmasi aja.

    1. background. memang benar, background adalah masalah selera, dan saya suka gambar background itu yang merupakan tawaran dari blogger. hihihi, saya kaget lho kalau kamu bilang keramean. ternyata, backgound itu kalau dibuka di lepi besar atau PC, tampak memenuhi layar karena ukuran lebarnya body blog nggak bisa aku atur secara manual. maklum, template gratisan. hihii...
    ntar ya, aku coba gugling buat cari cara biar bisa atur lebarnya :)

    2. deskripsi blog. lagi-lagi karena template gratisan. sayanya sampai sekarang belum nemu caranya besarkan tulisan itu. sudah coba beberapa trik di gugel, tapi tetap saja nggak berhasil :p
    harus berusaha lebih giat lagi neh :)

    tentang yang lain yang menjadi kritik, terima kasih. itu membantu saya buat mengkoreksi apa yang kurang dari blog saya. dan, terima kasih juga untuk pujiannya. semoga ke depan saya harus lebih rajin nulis lagi, nggak cuma sibuk ngurusin baby arya ajah. hihihi,
    *peluk dan kiskis*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya. makasih kembali mbak..
      Peluuuuukkk :*

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^