Sebuah Alasan

Sak ombo-ombone alas, isih luweh ombo alasane manungso. Ya, kalimat itulah yang sering saya dengar dalam sebuah 'perdebatan' semasa kuliah dulu. Ngomong sama manusia gak akan ada habisnya, ada aja alasan yang muncul untuk sebuah pembelaan. Atau sekedar untuk menjawab sebuah pertanyaan yang agak keblinger. Atau mungkin juga alasan untuk sebuah pilihan.

Asal, alasan itu tak dibuat-buat.

Saya sering dihadapkan dalam sebuah pertanyaan "kenapa?" dalam pilihan yang saya ambil. Kenapa kok gini? Kenapa kok gitu? Kok gak gini saja? Kok gak gitu saja? Nah, ini yang buat pilihan kan saya, kenapa jadi orang lain yang ikut ambil pusing. Dalam sebuah diskusi yang kadang nyentil urusan pribadi, seringnya saya meilipir lebih dulu untuk menghindari perdebatan yang seharusnya tak perlu terjadi. Ya, saya memilih diam.

Untuk sebuah pilihan yang saya ambil, jika ada orang lain yang turut andil berkomentar saya akan dengan tenang mendengarkan omongan mereka. Jika memang keputusan belum saya pilih, maka dengan senang hati saya mendengarkan omongan mereka, kali aja ada benernya dan bermanfaat buat saya. Namun, jika keputusan itu sudah diketok maka saya hanya akan diam menanggapi omongan orang lain. Mungkin cukup memberikan alasan singkat, selebihnya itu urusan saya. Toh, ini pilihan hidup saya yang tidak ada sangkut pautnya dengan orang yang berkomentar tersebut. Apalagi kalo komenya ngece.

Nah, jika ada yang berkomentar dengan agak sedikit nyentil emosi saya, maka yawes gak usah digubris. Orang lain kan bisanya melihat dari luarnya saja, gak bisa menelaah dari dalam. Bahkan, kadang orang terdekat pun belum tentu mengerti. Kalo saya, hanya orang-orang tertentu yang akan tau alasan pasti dalam pilihan saya, dan itu memang orang-orang terpilih. Bukan maksud untuk pilih-pilih teman, tapi pilihan hidup itu gak perlu untuk digembor-gemborkan ke ruang publik. Jadinya gak spesial.

Makanya, jangan suka asal komentar tentang pilihan hidup orang lain. Jatohnya itu gak enak kalo gak tepat komennya. Yang jalani hidup itu saya, kok kamu yang repot.

18 comments:

  1. Terjemahin dong peribahasanya :) banyak yg ngga ngerti iniiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sak ombo-ombone alas, isih luweh ombo alasane manungso = seluas-luasnya alas (hutan), masih lebih luas alasan manusia. :)

      Delete
  2. betul juga sih. gampang kasih saran ini itu ke orang lain karena bukan diri sendiri yg menjalani. sabar2 aja kl denger omongan yg bikin sewot :)

    ReplyDelete
  3. mencari sebab, serta mencari alasan supaya tercapai hasratmu *malah nyanyi.. hehe

    sabar ya, Mbak..^^

    setiap orang pasti punya alasan terhadap apa yang dipilihnya dalam hidup,,tapi tidak semua orang dapat memahami apa yang kita pilih.. ^^ (sok bijak, hehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, makasih banyak :)
      mari lanjut nyanyii....

      Delete
  4. SETUJU banget.. Paling males kalo ada orang yang komen apalagi membandingkan dengan apa yang dia alami.. KEadaan orang kan lain2, pilihan orangpun tentunya lain-lain.. Ya Toooooo...

    ReplyDelete
  5. wahaha aku kurang ngerti *garukinpantat

    ReplyDelete
  6. Setiap alasan pasti dibuat-buat, apalagi yg bersifat pembelaan diri... ;-) seringkali ego manusia lebih besar daripada otaknya! Coba tenang dan dengarkan, nek gak kuat yo nyemplungke ae ning segoro, mergo segoro luwih ombo tinimbang alas. Hehehe

    ReplyDelete
  7. Mending jadi pemerhati saja ya, Mba.
    Diam, memperhatikan dan nanti kadang bisa tau dengan sendirinya. :D

    Alas yang terlebar di dunia apa? Alasane manungso. Wkwkwwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, mbak. tapi kecenderungan manusia itu bersifat kepo hihihi

      Delete
  8. Terkadang diam itu memang perlu kok :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^