(Bukan) Liburan ke Lampung

Awal Mei ini saya ambil cuti dari kantor untuk liburan. Hmm, mungkin karena saya cuti dan pergi ke luar kota (ke luar pulau lebih tepatnya), orang akan beranggapan saya sedang liburan. Tapi sebenarnya tidak, sih. Karena kepergian saya ke Lampung membawa misi khusus. Jika kalian pernah membaca postingan saya tentang hubungan saya dengan Babeh, maka inilah misi khusus yang saya bawa ke Lampung. Memperbaiki atau sekedar ingin bertemu dengan babeh saya yang sudah lebih dari 4 tahun tak pernah berkabar.

Cerita ini saya mulai dari menentukan jalur transportasi yang akan saya gunakan menuju Lampung. Awalnya saya gethol sekali untuk menggunakan jalur darat dan laut dengan menumpang bis damri yang berangkat dari terminal Gambir, Jakarta dengan alasan karena pengen merasakan naik kapal dan menyebrangi lautan, hehe. Pun sudah telepon petugas loket yang ada di Gambir, sayangnya mereka tidak melayani pembelian tiket melaui telepon. Sedang waktu untuk ke Gambir dari Cikarang pun rada susah. Sudah pula mencari travel mobil tapi akan lebih lama karena Cikarang adalah titik penjemputan pertama. Dan terpikirlah untuk ngeteng, hahah. Selain menekan biaya dengan drastis yang pasti akan lebih seru. Eh tapi, menurut saran dari beberapa teman, karena ini kali pertama saya ke Lampung, lebih aman untuk naik pesawat. Akhirnya deal untuk membeli tiket pesawat dengan beberapa pertimbangan sebagai berikut:
  • Lebih cepat, lebih aman, dan lebih nyaman. Pastilah lebih cepat, karena hanya mengudara selama 35-40 menit saja termasuk take off dan landing, dan jarak dari kos ke bandara cuma 1,5 jam. Yup, ini adalah penerbangan yang paling singkat yang pernah saya rasakan. Begitu masuk pesawat dan siap berangkat, FA sudah memperagakan tata cara keselamatan. Setelah lepas landas selesai (percayalah bahwa proses take off cuma sebentar saja), FA langsung membagikan snack, selang 5 menit langsung mengambil sampahnya (belum sempet tak makan). Belum juga saya merasakan ngantuk, pilot sudah mengudarakan untuk landing. Nah, berbeda kalo menggunakan jalur darat dan laut, minimal 12 jam perjalanan, menyebrang dengan Ferry saja minimal 8 jam (kalo Ferry udah langsung berangkat tanpa delay lagi). Soal keamanan dan kenyamanan mungkin tergantung pribadi masing-masing, karena saya memang tak kuat jika harus duduk berlama-lama di dalam kendaran. Dijamin maboknya luar biasa.

    sumber
  • Jarak rumah Babeh dan Bandara Raden Inten cuma 10 menit, jeh. Ini yang jadi pertimbangan super selanjutnya, karena kalo naik bis turun pelabuhan harus nyambung angkot atau mobil travel ke Natar minimal 2 jam. Atau jika beruntung dan tergantung tujuan damri, bisa minta turun di daerah yang dekat dengan tujuan kita. Kebetulan terminal yang paling dekat dengan rumah Babeh adalah Rajabasa (paling dekat tapi tetep jauh), dan yang pasti harus naik anglot lagi. Saya tipe orang yang paling males untuk naik angkot di kota asing, apalagi (katanya) kriminalitas di Lampung sama kerennya dengan di Ibukota. Dari bandara, sebenarnya saya berani naik angkot seharga 3ribu saja, tapi berhubung saya sampenya maghrib jadi naik ojek saja 30ribu.
  • Harga tiket gak beda jauh. Setelah cek harga tiket damri Royal Class Jakarta - Lampung sekitar 200ribu, harga travel mobil berkisar 250ribu (tergantung jenis mobil dan titik penjemputan, jadilah kalo dijemput di Cikarang nambah lagi). Belum lagi nanti kalo jadi naik damri pasti beli macem-macem di kapal (baca: cemilan yang harganya berkali-kali lipat). Dengan tiket pesawat PP 780ribu, saya tidak merasa rugi dengan model perjalan singkat ini.
Karena perjalanan ini memang bukan untuk liburan maka saya lebih memilih utnuk menyamankan diri saya selama perjalanan. Dan saya puas dengan model perjalanan yang saya lakukan ini, tiket murah, cepat, dan selamat sampai tujuan. Sebenarnya saya ingin sekali ngeteng ke Lampung hingga ke Teluk Kiluan, ingin sekali melihat lumba-lumba, dan tempat wisata lainnya. Karena pada dasarnya saya menyimpan naluri nekat, haha. Maybe, next trip :)

18 comments:

  1. hi beautiful, long time no see...
    Bandara Raden Inten, bandara yang gatenya cuma satu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaiii Om cakeeppp..
      ho'oh bener2 gatenya cuma satu kayak di palangka juga

      Delete
  2. Wah,,,,
    Hum templatenya aku suka, pengen buat header kayak gitu biar keceh

    ReplyDelete
  3. jd pgn ke lampung..pnasaran mbk..cpt bgttt..blm tdr dah landing aja hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sampe nahan pipis, soalnya cepet banget. pas masuk terminal langsung kabur ke kamar mandi haha

      Delete
  4. Walau satu tanah sama Jambi tapi belum pernah kesini...hehee....langsung ke Jambi, mbak Ayu....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insha Allah, kalo ad akesempatan libur lagi (kalo bole cuti :p)

      Delete
  5. Di tunggu jepretannya di apabila liburan ke Lampung :)

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah, walaupun bukan liburan tapi lumayan ya Ayu bikin refresh hihiii.
    Sukses ya msi khususnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Misinya gak begitu sukses mbak, tapi Alhamdulillah tetap terlaksana :D

      Delete
  7. Aku pernah ke lampung mbk. Naik darat, busyet dah lama banget sampek bokongku sakit. 5 hari perjalanan, bayangin aja sampek di dalam bus sudah seperti keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah lohh,, pasti dari jatim yo? aku mah ogaahh.. bisa lemes di jalan aku kalo kayak gitu

      Delete
  8. Wah jadi ke inget lampung nih, 2 tahun pernah di sana,, haha,, di tunggu travelling yang lebih cetar lagii.. :D

    ReplyDelete
  9. Iyalah Yu, meskipun ngebolang itu emang seru kalo seru2an, tapi nyaman dan aman jg penting, jadi ga cape juga habis liburan hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneerr mbaakk. gak kebayang kalo aku harus pake jalur darat :(

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^