Cara Membuat Postingan Terjadwal

Cara membuat postingan terjadwal. Tidak dapat dipungkiri, ngeblog adalah profesi yang saya andalkan saat ini untuk mengisi waktu luang dan mengisi tabungan sedikit demi sedikit. Tapi sayangnya, kuota internet yang terbatas tidak bisa membuat saya bebas seharian ngeblog karena masih mengandalkan kuota internet dari ponsel. Sedangkan ada banyak hal yang harus saya lakukan jika sudah membuka blog seperti menulis, melakukan pengaturan postingan, mencari dan edit gambar, publish postingan, submit di google dan share ke media sosial, dan blogwalking. Blogwalking sendiri bisa memakan waktu seharian bagi saya karena tak cukup hanya dengan satu dua blog yang dikunjungi, bisa sampai puluhan, hehe. Dan kadang pula harus kejar target tulisan sebelum tanggal tertentu karena saya biasa memasang target dalam satu bulan. Misal harus ada berapa tulisan dalam satu bulan, harus saya posting tanggal berapa saja, minggu ini temanya apa, minggu depan tema apa. Dengan sistem tersebut kadang membuat saya bingung sendiri tapi paling tidak dalam satu bulan jumlah postingan saya konsisten minimal 10 tulisan dan jangan kurang.

Karena kuota internet yang terbatas biasanya saya mengambil satu hari besar untuk melakukan penjadwalan postingan yang sebelumnya sudah saya tulis dalam dokumen (word). Waktu luang akan saya gunakan untuk menulis calon postingan dan edit gambar yang selanjutnya diposting secara bersamaan dengan sistem terjadwal. Dalam ngeblog saya menggunakan platform blogspot yang menyediakan fitur menjawalkan tulisan, pasti sudah banyak yang tahu, kan?

Baca Juga : Cara Membuat Sticky Post

Cara menjadwalkan postingan pada blogspot itu sangat mudah, harusnya tidak perlu membuat postingan tips seperti ini, tapi ya siapa tahu bermanfaat bagi pemula terutama untuk teman-teman saya yang baru saja menjajaki dunia blog. Berikut caranya:

Cara membuat postingan terjadwal
Cara membuat postingan terjadwal
  1. Siapkan perangkat, leptop tentunya, hehe dan pastikan tulisan sudah dimasukkan ke dalam draft postingan blog
  2. Perhatikan sisi kanan yaitu Post Settings, ada beberapa pilihan untuk pengaturan satu postingan
  3. Pilih Schedule, kalau blognya menggunakan bahasa Indonesia mungkin menjadi Jadwal
  4. Pada Schedule ada dua pilihan dan klik pada Set date and time
  5. Silakan atur tanggal dan jam tayang postingan sesuai dengan keinginan
  6. Klik Publish dan postingan akan tayang sesuai waktu yang telah diatur
Selesai, deh, mudah, kan?
Cara seperti ini membantu saya dalam ngeblog apalagi disaat kuota internet sedang terbatas. Biasanya satu hari saya gunakan untuk posting dan hari berikutnya untuk submit tulisan di google dan share ke media sosial. Lalu ada yang bertanya, kenapa kok tidak posting lewat ponsel saja agar lebih hemat kuota? Dulu pernah install aplikasi dari android judulnya Blogger untuk Android dan hanya saya gunakan untuk blogwalking saja karena merasa kurang puas menulis dari ponsel, pengaturan pun sangat terbatas, jadi saya putuskan membuat postingan harus menggunakan leptop. Kalau mau bikin draft saja bolehlah dari ponsel atau tablet. Suatu waktu, saya akan ikut suami ke kantor dimana menyediakan internet gratisan, disitulah saya akan blogwalking sepuasnya dan membalas semua komentar yang masuk. Begitulah cara saya untuk ngeblog ditengah keterbatasan kuota internet dengan menjadwalkan postingan, yang penting ngeblog tetap jalan, tabungan pun senang, hehe.

35 comments:

  1. sampe saat ini aku blum sanggup bikin terjadwa apalagi yang tematik, huahuahua

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kalo tematik juga belum konsisten sih mbaa yg penting gak berantakan aja temanya

      Delete
  2. saya biasanya juga bgitu tapi kalo lagi ditinggal keluar kota sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mah gak pernah keluar kota, paling kao liburan laptop juga diboyong haha

      Delete
  3. Dengan menjadwal ngeposting jadi lebih efektif lho mba ketimbang nggak di jadwal.

    ReplyDelete
  4. kadang kalo kepencet publish, suka muncul ke follower tapi pas dklik eh laman tidak tersedia, hehe

    ReplyDelete
  5. Kadang saya juga sering bikin artikel terjadwal kalo dalam sehari bikin artikel lebih dari satu

    ReplyDelete
  6. saya sering praktekkin cara ini... biar tenang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaa bikin tenang banget kalo ada bbrp tulisan

      Delete
  7. yaelahhhh, aku orangnya malesan sehari aja gakkk tau berapa kata yang bisa diketik wkwkwkkwkw *dikeplak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkkwkwkw,, kebanyakan jalan2 siihh kamuuuu

      Delete
  8. Sangat bermanfaat, seringkali saya membutuhkannya kalau waktunya memang sibuk sehingga masih bisa update, sesuai jadwal yang sudah ditentukan makasih.

    ReplyDelete
  9. baru tau nih bisa di jadwalin, makasih ya informasinya :))

    ReplyDelete
  10. Halo Mbak Ayu, salam kenal. . Wah kalau saya masih sulit buat ngatur jadwal ngeblog, termasuk meng-konsistensikan diri itu agak sulit, Masih ngandalin mood. Jadi kayaknya harus pake metode begi ya, penjadwalan, pas mood bagus, tulis postingan beberapa dan tinggal di schedule saja untuk di posting.. Thanks for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mass, sangat membantu kalo pasti lagi writers block, jadi masih punya stok tulisan

      Delete
  11. Thanks for share, mbak XD
    Pengin nyoba juga, tapi apa bisa yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba duluu,, gampang kok, tinggal atur jadwal aja hehe

      Delete
  12. Sudah tahu bis dijadwal, tapi belum pernah mencobanya, Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayukk dicoba, rin, biar makin eksis hahaha

      Delete
  13. iiiihh... aku baru tau loh mbak cara ini. kudet banget aku ckckkck..

    selama ini aku seringnya buat draft aja di blog buat menyiasati keterbatasan quota. jadi saat quota tinggal dikit, tinggal publish aja. ternyata ada yang lebih keren lagi caranya. makasih mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya seringnya juga simpan di draft, kalau kuota sudah tiris biasanya pakai hape jadul untuk publish nya :)

      Delete
  14. Saya juga suka bikin postingan terjadwal. Menyiasati mood ngeblog yang kalau lagi rajin bisa kerajinan banget, kalau males bisa males banget hehe.

    ReplyDelete
  15. wah asyik nih info baru. manfaat bingiiittsss. yup pull deh

    ReplyDelete
  16. wah aku sering banget pakai ini kalo lagi jadwal turr padet pasti deh pake mesin ini hehe....

    ReplyDelete
  17. saya malah nggak ngerti kalau ada fitur beginian.
    maklum baru belajar ngeblog.

    ReplyDelete
  18. saya baru nyobain nih mbak cara ini setelah baca disini :D

    ReplyDelete
  19. Susah-susah gampang juga untuk bikin posting terjadwal.
    yang intinya nyari tema juga kadang udah terkubur dari awal karena kesibukan kerja di dunia nyata dan mengurus keluarga.
    mungkin untuk yg postingan terjadwal harus punya ilmu 'tema' dan ilmu 'hidayah nulis artikel kali ya'.hehhe..

    jadi sementara sekarang saya hanya menulis mengikuti mood menulis saya.
    mungkin bisa dikasih tips-nya Mbak gendhis :)

    Salam kenal :)
    www.lanalouie.com

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^