Random in Cikarang

Sudah lebih dari satu tahun saya tinggal di kota kecil ini, Cikarang. Tapi saya belum pernah menceritakan kondisi sekitar, hehe. Dan sekarang waktunya saya berbagi sedikit kisah tentang kota ini. Kota Cikarang adalah kota industri seperti halnya SIER atau PIER. Hampir perusahaan - perusahaan besar ada di sini tumplek blek jadi gak heran kalo tiap pagi dan sore pasti macet dan penuh dengan polusi. Saya sendiri bekerja di salah satu perusahaan milik bangsa Korea, perusahaan yang sekarang punya dominasi pasar yag sangat besar. Perusahaan ini terletak di kawasan industri dan harus melewati jalan utama yaitu Jababeka. Dan di susul dengan jajaran perusahaan besar lainnya yang ada di sini.

Ngomong-ngomong soal polusi, uhh saya sangat membeci polusi dan berbagai macam polutan lainnya tanpa terkecuali asap rokok yang tidak pernah diundang. Karena polutan itulah yang mengakibatkan saya harus nyandu antibiotik selama 6 bulan dan masuk ruang isolasi selama 3 hari. Menyebalkan. Jadi jangan pernah berharap udara bersih di sekitar kawasan industri dan di segala penjuru jalan raya apalagi pangkalan ojek yang selalu memberikan asap rokok dengan gratisan. Dengan suasana yang ramai seperti ini dan didukung dengan sepinya tempat hiburan membuat saya lebih nyaman menikmati liburan di kosan saja. Dan transportasi di dominasi oleh tukang ojek dan menurut saya pangkalan yang paling besar adalah ojek Mitra Polisi yang memang menjadi anak emas dari polisi. Ada juga angkot, yang saya tau dari cikarang baru ke depan perempatan Jababeka 2 ada angkot 99 yang berwarna putih. Jika mau ke daerah Lippo atau Cikarang Lama bisa memakai angkot 33 dan 17. Ada satu terminal yang terletak di Cikarang Lama. Terminalnya kecil tapi lengkap kok kalo mau kemana aja ada busnya. Satu lagi yang sedikit menyenangkan yaitu ada pangkalan bis Damri yang membawa kita ke Bandara Soetta dengan tarif 35rb. Sangat memudahkan bagi saya.

Untuk menunjang kesehatan, jangan kuatir teman. Ada beberapa rumah sakit besar seperti Siloam yang ada di kawasan Lippo, ada juga Mitra Keluarga, Harapan Keluarga, dan Medirosa, dan lainnya. Jadi Insyallah akan mudah jika suatu saat kita membutuhkan tindakan medis. Tapiiiii, di sini hanya ada satu mall yang menurut saya layak digunakan untuk refreshing yaitu mall Lippo Cikarang. Walaupun tidak terlalu besar paling tidak masih ada Matahari, Hypermart dan toko2 kecil lainnya. Kalau mau belanja murah yang di Sentra Grosir Cikarang, tapi ya harus siap dengan kondisi yang cukup panas dan ramai. Hari Minggu pagi biasanya ada pasar kaget di parkiran Plaza JB depan bundaran patung kuda. Itu pusatnya belanja tradisional yang murah asal mau panas-panasan aja.Pernah saya dapat handuk kecil seharga 8ribu saja, haha. tapi untuk sekedar kebutuhan sehari-hari bisa langsung mendarat ke Giant, cukup lengkap menurut saya. Kalau mau wisata kuliner bisa ke Citiwalk Lippo Cikarang, lumayan banyak restoran cepat saji yang ada di sana. Kalo saya lagi pengen makan enak dan gak males ke sana ya biasanya ke sana, paling mentok makan gokana. Tapi kalo lagi males yang di sepanjang jalan Cikarang Baru juga banyak makanan nikmat. Untuk wisata kuliner selanjutnya, seperti yang saya bilang tadi, di Cikarang lumayan banyak tempat makan yang enak jadi gak bakal kelaperan deh. Di sepanjang jalan Cikarang Baru Dari ujung ruko Roxy hingga ruko di jalan anggrek tersedia berbagai makana lezat. hmm,, jadi laper. Oya kemaren saya baru saya mencicipi soto kudus yang ada di jalan anggrek cukup dengan 11ribu, nikmat dan murah.

Selanjutnya tempat wisata. Saya tidak begitu tahu tempat wisata apa saja yang ada di sini atau memang tidak ada, hehe. Yang pernah saya kunjungi cuma Waterboom Lippo Cikarang, dan di sinilah saya bisa mendapatkan udara segar dan sejuk bebas polusi. Suasannya adem dengan alunan musik Bali yang bikin hati tentram. Walaupun permainannya sedikit tapi cukuplah untuk melepas penat di kantor, hahaha.

Next, untuk kondisi kos-kosan di sepanjang Cikarang baru banyak sekali rumah kos. Yang paling terkenal ada 3 komplek yaitu Pavilion, Kasuari, dan Kedasih. Saya sendiri kos di daerah Kasuari gang 11 paling ujung namun paling ramai dengan warga. Bagi saya itu plus minus sih. Kalo ada warga saya pribadi merasa aman karena setiap malam pasti ada yang ronda, tapi minusnya kadang itu kalo males suka gak bisa tidur karena berisik suara dari luar. Satu tips bagi yang ngekos berdekatan dengan rumah warga yaitu jangan pernah menutup diri. Sedikit bergaullah dengan warga karena itu akan jadi nilai positif buat kita para pendatang. Paling tidak sukalah menegur dan menyapa. Dan Alhamdulillah lingkungan di sekitar tepat saya ngekos itu orangnya ramah dan baik. Jika ada suatu masalah pasti cepat terselesaikan.

Itu aja kali ya perkenalan saya tentang lingkungan di Cikarang. Sejauh ini saya mengambil nilai positif dengan semua hal yang ada di sini. Dengan sedikitnya jumlah pusat perbelanjaan membuat saya lebih bisa berhemat dan menabung. Hanya sesekali saya ke Jakarta ke tempat kos Winny dan tak ubahnya hanya numpang tidur, hehe. Well done kan? 

See you next post. Have a nice day :D

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^