Menulis Artikel SEO Friendly

Menulis Artikel SEO Friendly
Menulis Artikel SEO Friendly
Menulis Artikel SEO Friendly – Yang dimaksud dengan artikel SEO friendly adalah artikel yang tampil atau muncul pada halaman pertama dalam pencarian google. Yang berarti artikel tersebut harus berkualitas dari segi konten maupun optimasi. Untuk membuat pembaca betah berlama lama di blog kita bisa dengan cara membuat tampilan blog yang menarik, yang sederhana bukan yang rame dan terlalu banyak widget, menurut saya. Selain itu faktor penting lainnya yaitu postingan yang berkualitas, memuat informasi yang dibutuhkan oleh pembaca bukan sekedar curhat semata, hehe. Untuk membuat postingan yang berkualitas memang butuh beberapa trik yang harus dilakukan sebelum posting artikel tersebut. Memang, sih, algoritma google selalu update dan kita sebagai blogger atau pengguna internet susah untuk mengikutinya. Tapi setidaknya ada beberapa trik yang selama ini saya terapkan dalam membuat sebuah artikel sebelum diterbitkan.

Baca Juga: Memasukkan Kode HTML ke Dalam Postingan Blog

Beberapa master SEO akan memberikan tips untuk mencari keyword yang sedang populer pada mesin pencari. Tapi saya belum pernah sekalipun mencari keyword dalam membuat postingan, karena saya menulis berdasar apa yang ingin saya bagikan kepada pembaca yang pasti sesuai dengan tema blog selama ini dan siapa pembaca saya. Jadi anggap saja keyword tersebut sudah ditemukan dan tinggal membuat artikel. Tapi jika ingin membuat postingan populer siap-siap mempunyai banyak saingan dalam SERP, hehe.
  • Buatlah artikel yang berbobot dan relevan dengan blog. Jangan menulis artikel yang asal-asalan dan melenceng dari niche blog yang sudah ditentukan di awal agar tidak terkesan gado-gado, dan pastikan artikel tersebut asli bukan hasil kopas. Tipsnya, sebaiknya menentukan beberapa kategori dalam satu blog supaya setiap postingan agar tidak keluar dari jalur. Sedangkan artikel yang berbobot adalah artikel yang banyak dicari oleh pembaca sepanjang waktu tak peduli sedang musim apa. Beberapa artikel yang banyak dicari diantaranya yang mengulas tentang tutorial/tips/trik, berita atau informasi terkini, dan review sebuah produk atau jasa.
  • Buatlah artikel yang panjang. Ada beberapa macam ukuran panjang kata yang bisa dibilang SEO friendly, tapi yang saya terapkan adalah minimal 500 kata dan maksimal 1500 kata. Sebisa mungkin saya selalu membuat postingan dengan panjang 700 kata, karena artikel yang panjang lebih disukai oleh mesin pencari google. Hanya saja, menulis artikel yang panjang biasanya akan membuat pembaca bosan, oleh itu kita harus menyiasati dengan beberapa hal seperti memberikan gambar yang sesuai dan jangan membuat paragraf terlalu panjang. Perhatikan juga penggunaan tata bahasa dan tanda baca.
  • Judul artikel yang menarik dan mengandung keywords. Jatuh cinta pada pandangan pertama biasanya terletak pada judul dan buatlah judul yang ringkas yang mengandung keyword yang ingin dituju. Misal, keyword yang dituju adalah “artikel seo friendly”, maka dalam judul setidaknya mengandung kata tersebut.
  • Meletakkan keywords pada postingan. Setidaknya ada 3 keyword yang diletakkan pada setiap postingan yaitu di awal, tengah, dan akhir postingan. Biasanya hal ini dilengkapi dengan memberikan bold, italic, dan underline pada setiap kata kunci tersebut. Yang harus diperhatikan adalah jangan meletakkan keyword terlalu banyak agar tidak dianggap spam oleh mesin pencari.
isi meta tag description
isi meta tag description
  • Isi meta tag description dengan kata kunci yang relevan. Hal ini sangat membantu agar artikel menjadi SEO friendly sehingga mudah dikenali oleh mesin pencari. Sebaiknya aktifkan juga meta tag description blog pada pengaturan blog agar mudah diindex.
  • Berikan internal dan eksternal link. Internal link bisa berasal dari postingan dalam blog itu sendiri yang revelan atau sesuai dengan postingan yang akan diterbitkan. Untuk ekternal link bisa berasal dari wikipedia atau google. Jika eksternal link berasal dari situs lain sebaiknya pasang tag nofollow.
  • Berikan gambar yang sesuai dengan isi postingan. Ganti nama file dari gambar tersebut dengan kata kunci dan isi caption serta properti gambar aga bisa terbaca oleh google.

Baca Juga: Menampilkan Komentarr 200+ pada Blogger

Itulah beberapa tips membuat artikel SEO friendly secara sederhana yang selama ini saya terapkan. Memang banyak sekali tips lainnya yang mungkin lebih kompleks tapi sebisa mungkin jangan terlalu memikirkan perihal SEO ini agar tetap bisa ngeblog dengan enjoy. Jika diperlukan bisa menggunakan jasa SEO Jakarta yang sudah banyak digunakan oleh beberapa orang khususnya para pebisnis online untuk meningkatkan nilai situsnya. Membuat konten yang berkualitas dan memuat informasi bermanfaat adalah kunci penting daripada terlalu larut dengan trik SEO, hehe.

22 comments:

  1. Wah kakak mainannya kaya ginian sekarang :3

    ReplyDelete
  2. bener banget mba Ayu, Judul termasuk salah satu yang dapat menarik pembaca.
    Tidak jarang penggunakan kata dalam Judul menjadi "daya tarik" kuat.

    terimakasih "artikel seo friendly", saya coba terapkan.

    ReplyDelete
  3. Udah tahu teorinya, tapi praktisnya suka lupa hehe

    ReplyDelete
  4. makasih banyak mbak, harus segera diterapkan nih tipsnya :)

    ReplyDelete
  5. Aku sering kelupaan mengganti nama file gambar di postingan, mba. Terima kasih ya telah mengingatkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jugaaa mbaakk,, kadang langsung upload aja

      Delete
  6. eh ane baru tahu bu fungsi dari search description itu buat nyisipin meta tag di post

    ReplyDelete
    Replies
    1. yukk segera eksekusi di postingan selanjutnya :)

      Delete
  7. Saya sudah coba mbak menerapkannya diblog saya dan alhamdulillah dampaknya nyata mbak, walaupun baru sebagian sih blog saya yang sudah nangkring dipage satu pencarian google tapi ada satu yang kuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp alhamdulillah, saya jug amau konsisten :)

      Delete
  8. Kenapa baru belakangan ini aku sadar dan peduli dg SEO frienly, ya... Dulu asal blogging (nulis, posting, simpen, lalu publikasikan). Gak kepikiran yg macem2. Baru sekarang2 ini tahu pentingnya "macem2" itu, termasuk SEO. *Nyesel akut. :)
    Makasih buanyak tutorialnya, ya, Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mas, semoga bermanfaat ya tips sederhananya

      Delete
  9. Kadang akupun ngedit url kalo judulnya kepanjangan. Hihihi
    Aku pikir kalo 500words itu cukup sih, ga kepanjngan ga kependekan. Kalo sampe 1000 waduhhh aku ga bisa cuap2 sepanjang itu. Hihihi

    ReplyDelete
  10. Belajar seo ini bikin mumet banget hehehe
    aku akhir nya nulis apa ada nya tanpa seo

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah dirimu mah tanpa seo jug auda keren tulisannya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^