Manfaat Olahraga Bagi Otak dan Jiwa

Manfaat Olahraga
nigth run, dokumen pribadi
Manfaat Olahraga Bagi Otak dan JiwaOlahraga adalah suatu kegiatan yang secara universal telah diakui kegunaannya. Banyak orang yang melakukannya secara rutin merasakan adanya peningkatan kualitas diri yang cukup drastis, mulai dari badan yang jelas menjadi bertambah sehat, hingga rasa percaya diri yang bertambah. Memang olahraga sangat bermanfaat untuk segala sisi kehidupan pelakunya karena manfaat olahraga ini ternyata bukan hanya terlihat di bagian fisik saja, tetapi juga mental.


Olahraga juga bersangkutan dengan kesehatan otak yang menjadi lebih baik ketika Anda melakukan kegiatan fisik secara rutin. Beberapa manfaat olahraga yang bisa didapatkan oleh otak adalah:
  • Otak semakin kuat. Darah kaya oksigen semakin banyak di pompa ke dalam otak membuatnya semakin sehat, makin kreatif, dan lebih mudah konsentrasi.
  • Produksi hormon endogenous opioids bertambah. Berada di bagian hippotalamus dan sistem limbik di otak, fungsi sistem ini adalah sebagai morfin atau pereda rasa sakit. Membuat tubuh lebih kuat menghadapi kanker, mengurangi nyeri, dan cegah depresi.
  • Gelombang alfa otak naik. Gelombang alfa ini muncul pada keadaan rileks dan santai, dan setelah jogging. Gelombang ini membuat orang lebih tenang dan cegah depresi.

Melihat manfaat dari olahraga bagi otak Anda tersebut, maka Anda pun akan memetik manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari secara psikis atau mental, yaitu:
  1. Anda lebih bahagia. Sebab mood Anda sangat dipengaruhi hormon di otak, jadi ketika mood sedang jelek, berolahraga sekitar 20-30 menit bisa memperbaiki suasana hati.
  2. Percaya diri. Penampilan yang lebih baik akan membuat Anda semakin percaya diri berhadapan dengan orang lain.
  3. Tidur nyenyak. Seringkali orang yang sibuk dan stress tidak bisa mendapat tidur berkualitas, yang menyebabkan mereka semakin stress. Olahraga akan membantu Anda dapat istirahat berkualitas. 
  4. Mudah berprestasi. Hal ini disebabkan lantaran Anda semakin mudah belajar dan menyelesaikan masalah kompleks, sebab otak bekerja lebih baik.

Jadi, manfaat olahraga tidak hanya terlihat secara fisik saja. Anda juga mendapatkan berbagai macam kegunaan yang membuat kualitas dari hidup Anda meningkat dan membuat Anda secara keseluruhan lebih bahagia. Olahragalah secara teratur, makan makanan sehat, dan minum susu berprotein tinggi seperti L-Men dan Anda akan merasakan manfaatnya bagi badan dan jiwa Anda. Olahraga juga masih bisa dilakukan oleh ibu hamil seperti saya, hanya saja porsi dan gerakan dikurangi. Jalan kaki di pagi atau sore hari bisa menjadi pilihan yang baik untuk ibu hamil agar tetap bisa berolahraga. Bisa juga melakukan gerakan yoga yang sederhana bukan yang ekstrim. Sehingga ibu hamil pun tetap sehat dan bahagia.


5 comments:

  1. Aku udah lama nggak olahraga, mba. Tapi tiap hari hanya jalan kaki dan kejar-kejar kereta aja. Hihii. Dulu sempat aktif pitnes ama emak-emak tapi nih lagi nggak aktip

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahah kayaknya itu uda lebih dari olahraga deh mba, kalo fitnes aku belum pernah coba :D

      Delete
  2. untuk urusan tidur nyenyak, benar banget... Saya pernah mengalami masa gak kerja dan malas olahraga... hasilnya malam jadi meleeeeek terus. tapi siang maunya tidur...

    ReplyDelete
  3. Nah, ini yg perlu dapat perhatian khusus dari saya; olahraga. Soalnya, dg alasan sok sibuk dan sebagainya, saya jd lupa berolahraga. Dulu pernah ikut fitnes sepulang dr kantor, tp cuma bertahan beberapa bulan. :(

    ReplyDelete
  4. iya sih manfaatnya banyak bgt.. tapi kadang suka males bawaannya euy, apalagi kalo udah mantengin leptop... :D btw punya solusi ga mba?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^