Pola Hidup Sehat Bagi Ibu Hamil

Pola Hidup Sehat Bagi Ibu Hamil
sumber: www.tropicanaslim.com
Pola Hidup Sehat Bagi Ibu Hamil – Menjaga kesehatan selama kehamilan adalah salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh setiap calon ibu, karena dengan menjaga kesehatan ibu hamil juga berarti menjaga kesehatan sang janin. Selama hamil itu pula asupan nutrisi baik secara makanan atau emosi calon bayi berseumber dari ibunya, oleh itu ibu hamil harus mendapat perhatian khusus terutama oleh calon ayah. Menjaga kesehatan selama hamil yang diperlukan adalah konsistensi dan komitmen, karena pada prakteknya saya sering melanggar bahkan secara sengaja, mungkin karena pengaruh hormon yang mudah berubah. Ya, dilanggar sesekali tidak apalah yang penting tetap menjaga keseimbangan pola hidup sehat yang telah disepakati, kecuali untuk hal-hal yang memang memiliki dampak buruk bagi ibu dan sang janin.

Baca Juga: Lulus Trimester Dua

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menerapkan pola hidup sehat bagi ibu hamil, bukan hanya perkara asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, tapi juga aspek lain yang kadang tidak begitu diperhatikan. Kalau tips dari saya adalah seperti ini:
  • Menjaga asupan makanan dan minuman. Sudah saya katakan bahwa asupan makanan sang janin berasal dari makanan ibunya, maka dari itu makanan si ibu harus benar-benar dijaga jika ingin melahirkan bayi yang sehat. Selama hamil usahakan mengonsumsi makanan yang bergizi seperti sayur hijau, buah, kacang-kacangan, ikan, dan susu. Saya sendiri termasuk orang yang susah makan sayur selama hamil dan lebih doyan ikan atau daging, ini saya siasati dengan selalu makan buah seperti apel, melon, pepaya, dan pisang. Dalam satu minggu juga selalu memberi ruang untuk seafood seperti kepiting, udang, dan cumi. Soal makanan memang saya tidak begitu rewel kecuali dengan sayur. Untuk minuman, usahakan minum air mineral 3 liter setiap hari, sediakan susu hamil sebagai penunjang nutrisi, dan hindari kafein serta alkohol. Makanan yang sesekali boleh dilanggar yaitu es krim, hehe, terutama untuk ibu hamil yang dianjurkan diet.
  • Olahraga ringan dan hindari melakukan aktivitas berat. Olahraga ringan yang saya lakukan setiap hari adalah jalan-jalan pagi dan sore dengan telanjang kaki alias ‘nyeker’ selama 30 menit. Sudah menjadi kebutuhan bagi saya untuk jalan pagi, jika tidak ingin bosan maka saya akan memaksa suami untuk pergi ke pasar atau supermarket agar saya bisa jalan berkeliling meskipun sedikit menguras dompet, hehe. Aktivitas ruamh tangga juga masih saya lakukan seperti mencuci, ngepel atau masak. Hindari melakukan aktivitas berat seperti mengangkat sesuatu yang berat atau melakukan perjalanan jauh dengan banyak beban.
  • Istirahat secara teratur. Hal ini termasuk dalam menjaga pola hidup sehat, karena istirahat merupakan hal penting bagi ibu hamil. Jangan sampai ibu hamil kurang istirahat karena bisa menyebabkan stress baik bagi ibu dan janin. Setidaknya jangan tidur terlalu malam, maksimal jam 10 agar bisa bangun pagi dan berolahraga. Tapi jangan juga istirahat secara berlebihan seperti tidur pagi atau menjelang maghrib. Buatlah pola yang seimbang antara aktivitas dan istirahat.

Baca Juga: Ngidam, Fakta atau Mitos?

Itulah tips pola hidup sehat bagi ibu hamil yang selama ini saya terapkan. Memang, sih, tidak selalu disiplin karena saya masih bermain curang seperti tidur setelah sarapan, makan es krim berlebihan, atau melakukan perjalanan jauh. Tapi setelah bermain curang saya akan menebusnya dengan menerapkan disiplin lagi. Hal lain yang perlu dilakukan oleh ibu hamil adalah melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin satu bulan sekali. Tidak harus usg, bisa ke bidan untuk mengetahui tumbuh kembang sang janin dan kesehatan ibunya. Alhamdulillah soal periksa kehamilan saya selalu rutin bahkan bisa dibilang lebih dari rutin, hehe. Semoga tips singkat ini membantu, ya, salam sehat dan semangat untuk semua ibu hamil yang membaca tulisan ini.

20 comments:

  1. Tambahin ah, selain makanan jangan suka mikir yang macem2 biasanya kalau hamil suka baper

    ReplyDelete
    Replies
    1. benerrrr.. kebanyakan mikir bisa jadi baper trus stress deh

      Delete
  2. Kalau hamil tuh paling berasa kalau pegel di punggung, mba. Tapi kalau udah dipijat suami, insyAllah agak enakan. HIhihi
    Moga ibu hamil selalu sehat bersama janin di perut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, punggung rasanya pengen copot aja diservis hehe
      aamiin. makasih ya mba :D

      Delete
  3. Singkat, padat, dan jelas mewakili

    ReplyDelete
  4. Penting banget ini
    Aku juga lg lstian pola makan sehat
    Pingin diet gula garam tapi susah yu

    ReplyDelete
    Replies
    1. widiihhh diet gula garam itu menyiksa sekalii mbakk..
      aku pernah coba 3 hari langsung teler, pingsan, langsung makan nasi padang haha

      Delete
  5. Setiap aku hamil, aku ga pernah konsumsi susu ibu hamil. Lgsg mual tiap minum. Kata dokter, kandungan zat besinya yg tinggi, ngga cocok buatku. Lancar-lancar hamil dan lahirannya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh aku malah doyan banget mba sama susu hamil hehe..
      aamiin,, makasih mba Ria :)

      Delete
  6. semangat mba, moga bayinya gak gede ya...pas buat lahiran

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. iya nih susah banget mau diet, laper terus haha

      Delete
  7. Ibu hamil memang harus selalu menjaga diri, soalnya salah makan dikit bisa berakibat bagi si bayi.

    ReplyDelete
  8. Saya dulu jaman hamil termasuk yang susah makan dan minum. Makan cuman bisa nasi bungkus sama aqua gelas aja, kalo botol atau pake gelas biasa nggak bisa

    jadinya dibantu sama madu. Minum suplemen juga rasanya mual...hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh sampe begitu ya mba, emang bumil beda-beda ya rasanya. aku juga tiap pagi minum madu kurma mba :)

      Delete
  9. sangat membantu itu tips tipsnya khususnya buat para ibu hamil. :-)

    ReplyDelete
  10. Besok kalau udah punya istri dan dia hamil, bisa aku kasih tau pola-pola ini nih mbak :D

    Tapi yang susah... cari istrinya :(

    ReplyDelete
  11. Ibu hamil asupan gizi nya mesti terjaga yaaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^