3 Software Dasar untuk Mendukung Conversion Rate Optimization

Conversion Rate Optimization sangatlah penting untuk dilakukan jika Anda memang ingin meningkatkan konversi pada website dan memaksimalkan profit. Namun semua itu tentunya tidak bisa dilakukan hanya dengan menebak-nebak saja. Perlu data-data nyata dan bukti apa saja yang membuat pengunjung betah di website atau justru langsung kabur. Untuk itulah, Anda memerlukan tes dan survei sehingga tahu apa yang dilakukan pengunjung di website.

Ada beberapa cara dalam mengumpulkan data untuk CRO, inilah beberapa di antaranya:
  1. Analytic
    • Software ini adalah yang paling dasar dan paling penting. Menggunakan software analisa semacam Google Analytic misalnya, akan membuat Anda bisa tahu unique visitors, bounce rate, conversion tracking, dll. yang terjadi di website Anda sehari-hari.
  2. Survei
    • Alat analisa tersebut tidak akan lengkap tanpa adanya umpan balik dari pengunjung Anda sendiri. Karena itu, sediakan form atau kotak saran agar pengunjung bisa menuliskan kesan mereka.
  3. User testing
    • Kadang, ada beberapa pengunjung yang merasa kesulitan dalam mengekspresikan keluhan mereka. Untuk itu, Anda bisa menggunakan user testing, alat yang membantu Anda mengamati perilaku pengunjung ketika masuk website, seperti eye-tracking, analisa scrollmaps, dll.
Setelah mempunyai data dari ketiga software dasar di atas, Anda bisa mulai membuat ulang website dan melakukan tes dengan:
  • Concept Testing Tools, di mana ketika Anda sudah mempunyai hipotesis tentang apa yang sebaiknya diperbaiki dari website, Anda bisa membuat wireframe dari website untuk mengetesnya dan menerima umpan balik.
  • A/B Split Testing dan Multivariate Testing Tools, yang mempermudah Anda untuk mengetes bermacam-macam versi dari re-design halaman website.
  • User Testing Tools, ketika mengimplementasikan fitur baru, desain ulang, dan lain sebagainya, alat ini akan mempermudah user untuk menuliskan umpan balik.
Alat-alat ini wajib untuk Anda punya, terutama alat seperti Analytic dan survei. Data akurat sangatlah penting sebagai langkah awal dalam melakukan Conversion Rate Optimization, karena bagaimana Anda bisa tahu apa yang harus diperbaiki jika Anda sendiri tidak tahu persis bagaimana pengunjung menilai website Anda? Tidak perlu bingung dengan banyaknya software yang ada, pilihlah dulu yang paling populer dan sering digunakan.

5 comments:

  1. Hihiiii sepertinya rumit ya? Tapi memang perlu kalau mau profesional.

    ReplyDelete
  2. mubeng aku mba... hehe... dasar emang gaptek sih :)

    ReplyDelete
  3. bingung saya mbak... hehe, gaptek :((

    ReplyDelete
  4. Saya masih agak bingung make analytic , maklum lah baru2 belajar blogging hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^