Pencegahan Cacar Air Pada Anak yang Disebabkan Oleh Virus

Pencegahan cacar air pada anak
sumber: www.lifebuoy.co.id
Masyarakat pada umumnya bila mendengar jenis penyakit yang disebabkan oleh virus jenis cacar air kontan akan merasa ngeri. Cacar air kerap juga menyerang pada anak kecil yang masih di bawah umur atau pun mereka yang sudah duduk di bangku sekolah dasar. Menurut para pakar kesehatan biasanya jika anak atau seseorang telah terkena penyakit ini maka tidak akan pernah terulang lagi karena sistem kekebalan pada tubuh kita akan kuat terhadap serangan yang kedua kalinya dan sebagai imunisasi alamiah. Cacar air disebut juga disebut varicella simplex yang mampu menular pada siapa pun dan disebabkan oleh infeksi yang terjadi oleh virus varicella zoster atau VZV.

Adapun gejala penyakit yang disebabkan oleh virus ini diantaranya seperti cepat merasa lelah, pilek, lesu, lemah demam dan pilek. Akan tetapi pada kasus yang lebih berat dapat juga disertai dengan gejala lainnya seperti sakit kepala, pusing dan nyeri sendi. Sedangkan pada anak gejala yang umum terjadi lebih ringan jika dibandingkan dengan orang dewasa. Selain gejala yang telah saya sebutkan tadi biasanya timbul juga bintik-bintik merah datar yang dimulai dari badan lalu kemudian akan menyebar ke wajah. Bintik tersebut akan menonjol dan gatal serta memiliki cairan.

Sebenarnya Varicella ini dapat sembuh dengan sendirinya. Tetapi kemungkinan adanya serangan yang berulang bisa saja terjadi. Dengan demikian, melalui penanganan dan pencegahan yang tepat merupakan langkah yang terbaik. Karena cacar merupakan jenis penyakit yang timbul dari virus maka si anak hanya akan ditangani melalui pengobatan yang dikhususkan untuk meringankan gejalanya karena sistem kekebalan tubuhnya akan kembali membaik karena penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya.

Selain itu, anda pun dapat membawanya ke PUSKESMAS atau Rumah Sakit terdekat guna mendapatkan penanganan yang benar-benar tepat. Pasien biasanya akan dianjurkan untuk melaikukan istirahat secukupnya agar dapat menurunkan gejala demam yang dideritanya. Kemudian pada tahapan masa penyembuhan pasien akan diberikan obat untuk perawatan luka bekas dari bintik-bintik yang terdapat pada kulit dari mulai tubuh sampai wajah.

3 comments:

  1. Memang benar bahwa cacar air bisa sembuh dengan sendirinya karena saya perna ngalamin. Tapi saya baru tahu lho kalau ternyata cacar air disebabkan oleh virus:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sebenarnya juga baru tau, dulu mikirnya karena kuman dan bakteri

      Delete
  2. aku dulu cacar waktu SMP... katanya makin besar kena cacar makin rentan susah ilang ya kalau berbekas? eng

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^