Melesatnya Alexa Rank

Melesatnya Alexa Rank
credit
Selamat pagi menjelang siang peeps.
Berbicara soal Alexa Rank pasti sudah banyak yang tau apa kegunaan dari Alexa. Pada saat memulai untuk ngeblog saya sama sekali tidak terpikirkan untuk mendaftarkan blog saya di Alexa dan saya hanya mengisi blog saya dengan tulisan pribadi yang cenderung menjadi curcol tanpa memikirkan pembaca saya. Namun, taun lalu saat saya blog-walking ke beberapa blog yang keren saya jadi berminat untuk mendaftarkan blog saya di Alexa Traffic. Jadi, Alexa adalah semacam alat untuk mengetahui rangking dari blog kita secara global, dan pada saat itu rangking blog saya masih sangatlah gondrong angka-angkanya, sedih rasanya. Namun, niat awal saya adalah saya tetap bisa menulis di blog dengan berapapun jumlah rangking di Alexa. Satu bulan yang lalu saya berniat untuk memasang widget Alexa di blog saya, tapi pas saya cek ternyata rangkingnya masih 8.1xx.xxx dan itu mengurungkan niat saya untuk memsang widget. Karena saya merasa rangking itu masih terlalu gondrong untuk ditampilkan di blog ini. Dan, pada saat tulisan ini dibuat rangking Alexa blog saya melesat naik menjadi 2.2xx.xxx.


alexa
Melesatnya Alexa Rank
Angka yang tak terbayangkan akan muncul secepat ini. Walaupun masih 2 juta sekian tapi ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa bagi saya hanya dengan waktu kurang dari satu bulan. Mungkin ini adalah buah ketekunan saya dalam mengisi blog saya. Hal ini membuat saya menyesal kenapa tidak dari dulu saya peduli dengan tools semacam ini, but show must go on. Jadi sekarang harus tetap meningkatkan kualitas blog  dan tulisan di dalamnya.
Saya akan memberikan beberapa tips kepada blogger untuk menaikkan rangking Alexa:
  • Rajin-rajinlah untuk mengupdate blog dengan tulisan yang berkualitas, bisa berupa informasi, tutorial, atau bahkan tulisan fiksi yang berpotensi bernilai komersil. Kalau saya, minimal seminggu sekali harus posting satu tulisan di blog sebagai penanda bahwa blog kita masih hidup. Dan jangan lupa share tulisan di media sosial lain yang psti akan mendatangkan pengunjung.
  • Jangan ragu-ragu untuk pasang widget Alexa di blog dan jangan malu kalau angka rangking masih gondrong. Jika terpasang widget Alexa di blog kita dan ada pengunjung yang membuat Alexa melalui link yang ada di blog kita maka bisa meningkatkan traffic blog.
  • Pasang Alexa Extension di toolbar browser sehingga memungkinkan untuk selalu terakses.
Semoga tips sederhana membantu teman-teman blogger yang masih pemula seperti saya, untuk mendaftarkan blog di Alexa bisa langsung meneju : www.alexa.com

Tapi yang perlu diingat, Alexa hanyalah sebuah alat yang tidak bisa dijadikan patokan sebagai penentu kualitas dari blog seseorang. Kadang Alexa yang nilainya tidak gondrong alias kecil bisa sangat membantu jika menginginkan blog kita bisa menghasilkan uang atau urusan bisnis. Karena nilai Alexa yang kecil bisa jadi sebagai syarat untuk aktivitas tertentu. Dan saat ini memang saya juga sangat ingin dan berusaha membuat rangking Alexa saya semakin kecil tanpa mengurangi kualitas dari tulisan. Karena bagi saya blog ini adalah wadah bagi saya untuk meluapkan ekspresi melalui tulisan, dan tentunya bisa bermanfaat untuk para blogger lainnya.

7 comments:

  1. wah, selamat yaa udah sampai di dua jutaan :D

    tapi hebat ya dalam sebulan bisa sampai 2 jutaan, kalo setaun gimana ya? hihi

    salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi semoga setaun angka semakin kecil mas...
      Salam kenal juga agan Bayu,, terima kasih sudah berkunjung ^^

      Delete
  2. wah saya juga satu bulan ini lagi usaha naikin rank blog..
    alhamdulillah alexa rank udah mulai keliatan hasilnya..
    tapi kok google page rank saya ga berubah..
    siapa tau mba bisa ngasih pencerahan hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. PG saya juga masih nol mbak,, masih berusaha untuk mengubah menjadi angka 1, hehe.. nanti kalo sudah ganti saya share deh :0
      terima kasih kunjungannya :)

      Delete
  3. klo di WP cepet dapet PR tiga, di BS alexa ma PRnya juga cepet naik, yang susah tuh klo self hosting kayak saya mbak :D lama naiknya dibarengin ngeden juga tetep aja sesiput jalannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe bener mas, kan wp sama bs makenya rame-rame.
      yang penting tetep semangat nulis dan berbagi informasi :)

      Delete
  4. dan sekrang hanya seratus ribu... hebat....

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^