[BeraniBercerita #4] Tobat

credit
"Kenapa gak boleh? Apa karena aku mantan pecandu narkoba?"

"Ehmm.. Bukan begitu Bang.."

"Terus apa? Hanya itu kan satu-satunya alasan menurutmu, sehingga kamu melarangku membuka warung bakso ini?"

"Bagaimana tanggapan orang-orang nanti Bang? Masyarakat pasti takut membeli bakso dagangan Abang. Pasti banyak yang mengira bakso Abang dicampur narkoba."

"Lantas aku harus diam saja dengan keterpurukanku ini? Kau bilang kau akan selalu mendukungku untuk bangkit dan kembali hidup normal. Kenapa sekarang kau melarangku?"

"Anu Bang, aku hanya kasian dengan Abang. Banyak orang yang membicarakan masa lalu Abang yang nyandu narkoba dan dibui itu."

"Aku memang mantan budak barang kotor itu, aku mantan narapidana. Semua orang tahu aku dulu memang bandar kriminalitas. Istriku minggat saat aku dibui, dan sekarang mentereng dengan suami barunya juragan beras itu. Lalu apakah sekarang aku harus diam saja dengan pandangan semua orang? Apakah aku hanya diam dan terus murutuk nasib jelekku ini? Aku hanya ingin memulai hidup baruku kembali. Hidup bersih tanpa narkoba dan kriminalitas lagi. Hidup normal seperti semua orang, seperti kau."

"Maafkan aku Bang, aku hanya tak suka dengan orang-orang yang selalu mencaci masa lalu Abang."

"Biar saja apa kata orang, aku terima semua itu. Masa laluku memang seperti itu. Aku akan terima semua cacian orang. Tapi aku akan buktikan bahwa aku akan bangkit dari masa laluku. Aku akan membangun masa depanku dengan baik. Aku berhak mempunyai hidup yang lebih baik dan mereka tidak berhak menghalangi langkahku, termasuk kau."

“Tapi masyarakat disini sudah terlanjur membenci Abang dan mencap Abang sebagai begundal.”

“Tidak masalah bagiku. Aku akan memulai hidup baruku ditempat yang bisa menerimaku. Aku akan pergi dari kampung ini dan akan kubuktikan kepada mereka yang telah mencaciku. Aku tidak takut dengan kegagalan apapun. Aku akan terus berusaha membuat hidupku menjadi lebih baik dari masa laluku. Kau akan menjadi orang pertama melihat kesuksesanku.”

 ***

Tiket masuk seminar di kampus negeri ternama itu telah terjual habis. Seminar dengan seorang narasumber tunggal dan bertema tentang kisah sukses mantan pecandu narkoba. Narasumber yang kini tengah menjadi pembicaraan setiap orang karena keuletan dan keberaniaannya mengubah nasib.


Note: 336 kata

14 comments:

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^