Perempuan, Internet, dan Bisnis

Perempuan dan bisnis, seolah menjadi dua hal yang tak terpisahkan seperti dua sisi mata uang. Emang bisnis apaan? Apa saja. Di kehidupan yang serba modern dengan teknologi yang serba canggih ini sepertinya  juga menuntut kaum perempuan untuk turut berperan serta dalam mengembangkan sayapnya di ranah perbisnisan. Entah itu anak sekolah, kawula muda, maupun yang sudah berkeluarga. Banyak sekali alasan saat ditanya mengapa harus menjalankan sebuah bisnis. Saya sempat bertanya kepada beberapa perempuan yang saya ajukan sebagai responden saya untuk postingan ini. Berikut diantaranya (nama disamarkan).

S, SMA kelas 1
"Saya jualan hijab yang sedang ngetrend sekarang melaui online shop di facebook dan ada yang saya bawa ke sekolah. Alasannya biar dapet uang jajan tambahan dan gak minta orang tua. Itu aja."

V, Kuliah semester 7
"Karena saya gadget freak. Awalnya gak niat jualan, tapi ada beberapa teman yang nitip beli akhirnya jualan deh. Senang aja bisa jualan, disamping menyalurkan hobi saya juga bisa dapet uang lebih."

R, Wirausaha
"Hidup kok tergantung sama orang lain. Yang enak itu kerja sendiri bisa atur jadwal sesuka hati."

F, Ibu rumah tangga
"Itung-itung membantu suami. Saya juga pengennya mandiri biar kalo ada apa-apa gak selalu ngributin suami. Enak mbak kalo kerja di rumah, bisa jaga anak, hobi menjahit saya tersalurkan, dan tetap bisa mengurus suami dengan baik."

Nah, bervariasi bukan jawaban mereka? Sekarang giliran saya yang akan sedikit menceritakan pengalaman dalam berbisnis. Bukan bisnis yang besar sih, anggap saja berdagang :D Waktu masih jaman kuliah saya suka berjualan pulsa yang depositnya saya ambil dari mama saya sendiri. Dari berjualan pulsa dengan mengambil untung 500 sampai seribu rupiah lumayan menghasilkan buat saya. Uang hasil berjualan pulsa saya pisahkan dengan uang pribadi saya karena ini merupakan suatu keharusan, jangan sampai uang dagang tercampur dengan uang pribadi. Hampir setahun mungkin saya berjualan pulsa, setelah itu mandeg karena terlalu banyak yang utang, hehehhe.

Selanjutnya selama saya bekerja, saya mencoba untuk kembali berdagang tapi kali ini saya merambah ke dunia fashion yang sekarang sedang sangat digandrungi oleh para perempuan. Saya mencoba untuk membeli beberapa lusin jilbab di Tanah Abang lalu saya jual kembali di kantor. Alhamdulillah masih berjalan sampai sekarang. Tapi saya memang tidak berdagang setiap saat. Karena jarak rumah dan Tanah Abang yang cukup jauh maka saya akan kulak'an (belanja kembali) pada waktu tertentu. Saya juga berdagang dengan menjadi reseller salah satu agen baju yang ada di kota Bogor, semua koleksinya bisa dilihat di toko online saya yaitu Gendhiss Boutique. Dan, baru-baru ini saya berhasil menjalin kerjasama dengan sebuah depot yang sangat terkenal di Surabaya yaitu Depot Bu Rudy yang terkenal dengan sambalnya yang sungguh nikmat. Memang, untuk sekarang ini konsumen saya adalah teman-teman satu kantor, tapi Alhamdulillah pesanan sambal masih lancar. Saya juga dalam masa percobaan untuk menjalin kerja sama dengan Keripik Yen Yen asal Lampung yang cukup populer itu. Karena posisi supplier yang cukup jauh yaitu di Lampung, maka untuk saat ini masih dalam tahap percobaan. Jika teman-teman ingin memesan sambal Bu Rudy dan Keripik Yen Yen bisa pesan melalui toko online saya yang kedua yaitu Nyonya Gendhiss. Sekalian promosi yak ini :D

Alasan saya untuk berdagang saat ini adalah untuk melatih kemampuan saya dalam berbisnis, karena harapan saya di masa yang akan datang adalah menjadi mami kece dengan bekerja di rumah, hehehehh. Dan alasan saya memilih internet sebagai tempat berdagang karena internet merupakan marketing yang sangat jitu. Mayoritas umat manusia selalu mengakses internet setiap harinya dengan begitu pemasaran melalui media sosial sangat berperan penting. Sedangkan secara offline saya gunakan marketing dari mulut ke mulut dan dengan memberikan tester kepada teman-teman sekitar.

"Young, Woman, and Netizen adalah pelopor Indonesia baru yang bisa meningkatkan pilar ekonomi bangsa ini." Itu adalah kata seorang pakar bisnis yaitu bapak Hermawan Kartajaya pada seminarnya di Seminar Sehari Road to ABFI 2013 yang saya ikuti. Beliau menjelsakan bahwa penggunaan internet di Indonesia ini tidak terbatas dibanding negara ASEAN lainnya, sehingga bangsa Indonsia harusnya merasa beruntung dan dapat memanfaatkan internet secara sehat. Dengan didukung banyaknya komunitas-komunitas online yang bisa meningkatkan skill bisnis, para kawula muda dan perempuan harusnya bisa memanfaatkannya dengan baik. Dengan banyaknya sikap positif terhadap pemakaian internet maka ekonomi bangsa Indonesia bisa menjadi lebih baik.

Lalu dari mana mulai bisnis? Mau bisnis apa? Modalnya gimana?
Mulai dari sekarang dong. Jalankan bisnis apa saja tapi saran saya sih jalankan bisnis yang sesuai dengan passion kita agar ada rasa senang saat menjalankannya. Modal? Saya jualan gak pake modal lho, semua berawal dari nol dan saya berawal dengan menjadi reseller. Menurut Uni Fahira Idris ada beberapa aspek yang cocok digunakan sebagai ladang bisnis yaitu fashion, kuliner, dan furnitur karena ketiga aspek tersebut tidak akan pernah mati dalam masyarakat.

Yak, demikian opini dan pengalaman saya tentang peranan perempuan dalam dunia bisnis yang sangat erat dengan penggunaan internet. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini disertakan pada Give Away : Perempuan dan Bisnis

13 comments:

  1. di FB saya gabung di grup emak2 online seller, iya mereka jualannya mulai dari yang paling mereka senengin, gak tau nih saya kok masih tetep lum ada greget buat ngikutin jejak para mamak itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan ikut mamak dong, ikutan bapak2 aja :p

      Delete
  2. Perempun dan bisnis... sebenernya itu pekerjaan yang pas buat perempuan. Bisa ngatur waktu kapan aja, anak keurus dapet duit tambahan pula :)

    ReplyDelete
  3. Luar biasa.. Seneng banget bacanya. Seperti sedang ikut seminar motivasi... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Bunda Dzaky, saya itu juga ikut seminar motivasiny apajk Hermawan :)

      Delete
  4. emang perempuan lebih baik berbisnis dibandingkan kerja kantoran, karena sambil berbisnis juga ga kelimpungan mengurus rumah tangga, baik yg sudah maupun yg akan...
    apalagi dengan teknologi seperti sekarang berbisnis pun bisa dengan cara online, hehehe...
    btw, kunjungan siang mba ayu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mumpung saya masih single kerja kantoran dulu..
      terima kasih kunjungan rutinnya :)

      Delete
  5. Kerennn banget artikel mb. Btw asli Semarang juga ya,mbak..kemarin mau nanya di postingan tapi sungkan karena ramai. Tambah merana deh, tau tiba2 mbk juga gak folbek lagi.Hikks. Salam kenal deh mbk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih..saya asli Sidoarjo..
      Blognya mbak gak ada follow button, jadi saya gak bisa follow. Kalo twiiter kan uda lama saya follownya :)

      Delete
  6. terima kasih sudah turut serta di Give Away : Perempuan dan Bisnis ya mb Ayu, good luck ;)

    ReplyDelete
  7. wah mantep yu bisnismu. kembangkan double gendhiss nya yaaakkk !! ^______^
    cewek juga bisa sukses berbisnis, bukan cowok aja yang bisa :) palagi kerjasamanya bisnis yg ayu rancang udah makin banyak.
    wah depot bu rudy di sby ya? aku domisili di sby lho. dimana tuh yu lokasinya?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^