Suka Duka Ngeblog

Kalo ditanya tentang suka duka ngeblog, rasanya itu nano-nano banget. Mulai dari postingan-postingan awal yang super geje dan cenderung hanya berisi curhatan semata hingga kini bisa membuat postingan yang insyaallah cukup berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca saya. Dulu, saya hanya berpikiran bahwa ngeblog itu hanya sekedar nulis uneg-uneg yang ada di pikiran atau hati saya. Kebanyakan sih postingan berisi kegalauan hati yang saya tumpahkan pada barisan kata demi kata. Tulisan-tulisan tersebut hanya sesuai dengan hati saya dan tidak menghiaruakn pembaca akan berkomentar seperti apa nantinya.

Blog ini adalah yang kesekian yang saya buat setelah saya melupakan blog lainnya yang telah hilang entah kemana. Lebih tepatnya sih karena terlalu lama saya menelantarkannya sehingga saya pun lupa alamat dan password yang pernah saya gunakan, payah sekali kan? Lambat laun saya menikmati aktivitas blogwalking karena berjumpa dengan salah satu artikel yang menggugah hati saya untuk membuat postingan yang lebih bermanfaat, apalagi saat itu saya telah mengetahui bahwa saya bisa menghasilkan uang dari aktivitas ngeblog ini. Akhirnya semakin giat saya membuat postingan yang lebih berkualitas dan memperhatikan pembaca saya. Tidak mudah memang membuat postingan yang berkualitas, harus benar-benar dipikirkan secara matang karena konten tersebut yang akan menentukan 'harga' dari sebuah blog. Tak jarang, karena saking susahnya mendapat ide dan inspirasi, saya mutung untuk beberapa hari bahkan pernah beberapa minggu gak ngeblog karena saking buntunya ide untuk keluar dari otak saya.

Mungkin itu adalah sebuah seni yang memang harus saya rasakan, dengan begitu saya akan mengerti bahwa kualitas dari sebuah postingan itu memang sangat diperlukan. Akhir-akhir ini blog saya telah membawa banyak sekali kebahagiaan dalam hidup saya secara pribadi, karena saya telah mengenal giveaway setelah sekian lama berkutat dalam dunia ini. Giveaway-giveaway tersebut menuntut saya untuk membuat sebuah tulisan yang istilahnya bisa merebut hati para tuan rumah, sehingga mau tidak mau saya kan membuat sebuah postingan yang kece. Dengan demikian, pengalaman mengikuti giveaway secara tidak langsung mengasah kemampuan saya untuk menulis. Terlebih lagi jika saya menang dalam giveaway tersebut, akhirnya menjadi sebuah candu untuk terus ngeblog dan menjadi quiz hunter, hehe. Saya juga ngadain giveaway loh, hayukk gan ikutan heheh..

Blog ini pula lah yang mengantarkan saya untuk meraih mimpi saya yaitu menerbitkan sebuah karya dalam sebuah buku. walaupun buku pertama ini adalah karya anotlogi tapi berjuta rasanya buat pemula seperti saya ini. Benar-benar dream comes true bagi saya.

Dan, hal yang paling tidak pernah saya sangka adalah bahwa blog ini telah membawa saya kepada beberapa komunitas menulis yang sebelumnya belum pernah saya ikuti. Dengan demikian kemampuan menulis saya baik fiksi maupun non fiksi semakin terasah. Apalagi saya mendapat teman-teman baru sesama komunitas yang telah mengajarkan saya banyak sekali pengalaman yang sangat bermanfaat. Walaupun hanya sebatas teman dalam dunia maya, tapi mereka telah berhasil memotivasi saya untuk selalu mengisi rumah saya ini dengan postingan yang luar biasa. Sungguh, mereka adalah teman-teman yang sangat luar biasa.

Kedengarannya semuanya baik-baik saja ya? Tentu tidak. Ada suka pasti ada duka. Duka yang pertama adalah jika saya tidak mendapatkan koneksi internet atau paketan modem habis. Sungguh kelimpungan luar biasa jika saya tidak menyentuh rumah virtual ini, hehe lebay. Salah satu dukanya adalah saat ada seseorang yang mencela tulisan saya. Hmmm.. Tak jarang saya mendapat cibiran dari beberapa orang yang tidak suka dengan tulisan saya atau mungkin lebih tepatnya tidak suka dengan saya namun ditujukan pada tulisan-tulisan saya. Kesal sih, tapi ya mau gimana lagi. Wong kita kan gak bisa ngontrol omongan orang lain kan? Bagi saya, yang harus saya lakukan adalah menunjukkan dengan prestasi biar kecele tuh orang yang suka mencela. Duka yang lainnya adalah saat ide enggan muncul dari otak saya, sungguh bencana bagi saya, serius deh.

Nah, itu adalah suka duka saya saat ngeblog. Sekarang giliran saya mengomentari blognya gan Azwar. Sebelumnya salam kenal ya gan, ini kali pertama saya kenall angsung ikutan giveawaynya, hehe

Mulai dari blognya yaa :)
Saya suka tampilan yang cerah dan bersih seperti itu, jadi pembaca bisa betah untuk lama-lama mengobrak abrik blognya sampean. Tapi saya agak sedikit kurang sreg dengan header blognya. Ehhmm.. berasa kurang matching aja dengan keseluruhan tampilan blog. Ini opini saya loh gan, karena saya yakin kita punya selera yang berbeda, hehe. Oiya itu deskripsi blognya jangan warna putih ya gan, terkesan termakan oleh gambar headernya, jadi susah untuk dibaca. Dan saya juga ada sedikit saran untuk header blognya. Pada saat upload gambar sebagai header alangkah lebih baik memilih option "instead of title and description" jadi saat gambarnya diklik akan menuju ke blog kita. IMO

Postingan favorit.
Agan Azwar ini sudah ngeblog 8 tahun, hadeuh mumet saya kalo harus ngubek satu-satu postingannya, Secara saya kan baru kenal. Jadi saya memutuskan untuk memilih postingan terkini agan sebagai postingan favorit saya. Yaitu postingan yang berjudul "Watch: Video Inspirasi Tentang Perbuatan Baik di Rusia" dan kebetulan postingan terbaru tersebut sangat bermanfaat sekali. Lantas saya membayangkan lalu lintas di Indonesia terutama di Cikarang tempat saya tinggal sekarang. Wuiihh, amburadul. Saling serobot gak karuan apalagi tukang ojek. Mereka berasa dewa jalanan. Andaikan semua orang memiliki tepa slira sedemikan rupa pasti lalu lintas di Indonesia akan semakin nyaman. Tapi kapan ya? Tapi paling tidak setiap orang yang berkunjung ke blog agan bisa melihat video tersebut dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupannya. Semoga!

Terakhir, selamat ulang tahuuuuunn rumah tercintahnya agan. Semoga selalu bisa menelurkan postingan-postingan yang bermanfaat bagi sesama. aamiin :)

Tulisan ini Diikutsertakan dalam Giveaway Ulang Tahun Azwar weBlog yang diselenggarakan oleh Azwar Amril

14 comments:

  1. tulisan yang menarik mba, memang banyak sekali suka maupun duka dalam ngeblog dan semuanya bervariasi bagi masing-masing orang...
    semoga menang ya dalam acara giveaway nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti.. tinggal bagaimana kita merawat blognya hehe.
      terimak asih sudah berkunjung :)

      Delete
  2. wow... like it. Tulisan yang membuat saya tersenyum-senyum :). terima kasih udah bergabung di GA saya dan terima kasih juga atas saran dan masukannya. Keep blogging!

    ReplyDelete
  3. sukanya itu kalau dapet uang dari blog. dukanya kalau gak ada yang ngunjungin :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahhh betul tu.. suka banget kalo dapet duit. kalo gak ada yang ngunjungi promosi besar2an.. heheh

      Delete
  4. apa iya ya kita bisa kehabisan Ide?, saya kadang bisa merasakan itu, tapi setelah saya sadari, ternyata Ide itu tidak pernah habis. pernah sempat mau nulis seperti ini, dan sudah dijawab Mba Ayu. terima kasih ya. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide itu mungkin sudah ada ya gan tapi susah diubah menjadi barisan kata-kata indah nan mempesona. #halah

      Delete
  5. wahh.. sudah lama ngeblog ya.. ^^ saya juga pernah nulis antologi, tapi rame-rame, rame banget malah, hahaha... ngeblog itu hobi, bagaimanapun dukanya tentu tetap suka :D

    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuu.. rasanya kalo uda buka blog itu uda berasa dirumah dan bisa lupa watu,, setuju?

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Selamat ya... mbak.. dah jadi pemenang azwar weblog giveaway.. :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^