Offline Google Translate Untuk Android

Translator sudah menjadi salah satu alat yang sangat penting bagi kehidupan umat manusia. Kehadiran translator sudah cukup menggeser kepopuleran kamus. Saya masih ingat dulu pernah membeli kamus bahasa inggris ke Indonesia sangat tebal sekali. Dan akhirnya saya membeli sebuah translator yang juga bisa mengeluarkan audio. Namun ke-eksis-an Google Translate masih belum tergoyahkan oleh perangkat lainnya. Hampir setiap orang menggunakan jasa alat tersebut untuk menunjang aktivitas. Baik itu secara tetap di komputer maupun mobile di smartphone. Apalagi bagi seorang traveller yang suka mengunjungi berbagai negara, pastinya tak luput dari sebuat translator.

Kini, Google mengumumkan satu fitur baru pada perangkat translatornya. Dengan menambahkan satu fitur yang cukup menggiurkan yaitu Offline Languages Packages. Jadi maksudnya adalah, kita bisa mengakses Google Translate secara offline seperti halnya kamus. Hal ini semakin memudahkan aktivitas kita, karena kita bisa mengaksesnya kapanpun kita mau dengan atau tanpa koneksi internet. Dan fitur ini juga telah berada di Play Store pada Android, sehingga saya mencoba untuk mendownloadnya.

gb1. dokumen pribadi

gambar 1 adalah tampilan umum pada Google Translate, sebelumnya saya memang belum pernah install jadi buat saya ini juga masih awam, hehe. Di bagian paling bawah ada 2 macam pilihan entry kata yaitu bisa dengan suara, tulisan manual, dan dari gambar. Saya mencoba membuat menggunakan tulisan manual seperti gambar 2.

gb2. dokumen pribadi

Saya menggambar tulisan tersebut tidak menggunakan alata apapun, hanya menggunakan jari telunjuk saya dan langsung bisa terdeteksi oleh mesin pencari yang berada di kolom atas tersebut. Pintar ya? hehe. Saya juga mencoba input melalui suara dan ternayat terdengar cukup jelas.

Selanjutnya adalah fitur Offline Languages yang baru saja dirilis, dan cukup mencengangkan saat saya lihat bahasa yang tersedia adalah 50 bahasa. Keren!

gb3. dokumen pribadi

Tapi, ternyata saya tidak dapat langsung menikmati fitur tersebut karena ada sebuah pop up message yang muncul dan mengatakan bahwa saya harus mengunduh terlebih dahulu file dalam setiap bahasa. Berhubung saya hanya menggunakan paket data bukan wifi, maka saya urung untuk mendownload file tersebut, hehe.

gb4. dokumen pribadi

Semoga informasi ini berguna buat pecinta Andorid dan traveller, satu tools ang tidak boleh terlewatkan menurut saya. Dengan tools ini pula kita bisa belajar bahasa lain bukan? Saya pun akhirnya tetap membiarkan tools ini bertengger manis di daftar aplikasi andoroid saya dan berharap suatu saat akan berguna jika saya bepergian ke luar negeri, heheh. aamiin..

10 comments:

  1. bagus tuh Mbak bro, bisa bikin pintar. anak2 sekolah juga bisa belajar dari offline google translate tersebut.

    ReplyDelete
  2. komentar panjang nya dah diwakili si Jempot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. senang nih bisa mewakili komentnya @TCC Sampit. Offline google translate untui PC ada nggak Mbak bro

      Delete
  3. Wow :) thanks for sharing!
    Jujur saja, saya sering paket google translate kalau nulis. Hihihi, untuk meyakinkan diri bahwa udah bener tuh maknanya :)

    ReplyDelete
  4. Thnks infonya mbak,
    mau coba download dulu :D

    ReplyDelete
  5. Meluncur ke Play Store :)
    Lumayan nih untuk menghemat paket data.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^