[Prompt #8] Air Kendi

credit - Lianny Hendrawati
"Satu tetes saja, maka masakanmu akan menjadi makanan paling enak di dunia dan tidak akan ada yang bisa menandinginya." Begitulah kata nenek yang selalu terngiang saat aku menambahkan satu tetes air kendi ke dalam bumbu masakan di dapur restoran. Pegawaiku tidak ada yang tahu karena aku selalu menambahkan air kendi ke dalam bumbu masakan restoranku saat malam hari.

Sudah sepuluh tahun tepatnya aku menggunakan air kendi ini, namun air kendi ini seperti tidak pernah habis. Kini restoranku menjadi restoran nomer satu dan terbesar di kota ini. Ah, semua orang memuja rasa lezat masakan restoranku. Tak akan ada yang bisa menandingi kekuatan air kendi wasiat nenek.

"Sungguh nikmat sekali makanan di sini Bu Mira, dan rasa masakannya tidak pernah berubah sejak saya menjadi pelanggan pertama di restoran Bu Mira."

Tapi tak sedikit pesaing yang ingin mencurangi kecuranganku. Sudah sering aku mendapati seorang tamu restoran yang berbuat nakal pada masakanku. Dan akhirnya, pesaing-pesaing nakal itu lah yang di bui. Tak sedikit pula yang babak belur dihajar skuriti restoranku. Ah, tidak ada yang bisa mengalahkan aku.

Malam itu aku pun melihat seorang koki baruku memasukkan sekitar sepuluh sendok garam dan satu botol besar saus cabe ke dalam nasi goreng pesanan tamu. Dia mungkin lupa dengan kamera pengintai yang aku pasang di atap dapur. Dengan duduk santai sambil mengelus-elus kendi wasiat nenek, aku memperhatikannya dari ruang kerjaku. Aku hanya tersenyum sumbing. Dan beranjak keluar kembali ke restoran.

"Bagaimana rasa masakan kami Bapak dan Ibu Handoko? Ada yang kurang pas dilidah?" Sambil tersenyum ramah aku menemani dua orang penting yang sedang makan malam di restoranku.

"Nikmat sekali Bu Mira, sampai-sampai suami saya tidak mau makan di rumah."

"Ha ha ha....." Saya dan kedua tamu tertawa bersama dan melanjutkan melahap nasi goreng penuh garam itu.

********

"Dasar koki bodoh, tidak akan ada orang yang bisa berbuat curang kepada masakan restoran ini. Kau dipecat!!"

********
307 kata

11 comments:

  1. hahahaahahah, klo ada boleh pinjem tuch?? mau buka nasi goreng ajalah klo laris kaya gitu mah, hahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahha..ngulek bumbunya gan yang harus pinter

      Delete
  2. ih, air kendi jampi2...
    nama kokinya siapa tuh??? :D

    ReplyDelete
  3. Para pesera MFF nya inih, kok pada bikin nasi goreng di beberapa ceritanya y?

    Nasi goreng lg booming kyknya yah.. hehehe

    kreatif ceritanya mbak :D

    ReplyDelete
  4. Wiiih... jalannya mulus ya...
    ya... usaha restorannya, ya ceritanya. Terasa kurang ada konflik n klimaksnya, mbak... :D

    ReplyDelete
  5. klenik beneran ini ya.
    katanya memang ada tempat-tempat tertentu yang memakai cara ini. wallahu a'lam

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^.^